6-Alasan-Pentingnya-Manajemen-Keuangan-Keluarga-1-bb68cf04

Keuangan pribadi bukanlah mata pelajaran wajib di sebagian besar sekolah menengah atau perguruan tinggi. Kurangnya pendidikan keuangan dasar ini membuat banyak orang dewasa muda tidak mengerti tentang bagaimana mengelola uang mereka, mengajukan kredit, dan mendapatkan atau menghindari hutang. Negara-negara bagian mulai memperbaiki kekurangan ini, mulai tahun 2021 beberapa negara bagaian mewajibkan siswa sekolah menengah untuk mengambil kursus keuangan pribadi mengharuskan mereka mengambil kelas ekonomi.

Itu akan membantu setidaknya generasi berikutnya, tetapi untuk semua orang yang telah lulus SMA, mari kita lihat enam hal penting untuk dipahami tentang uang. Kiat-kiat keuangan ini dirancang untuk membantu Anda menjalani kehidupan keuangan terbaik Anda dan memanfaatkan fakta bahwa semakin muda Anda, semakin banyak waktu tabungan dan investasi Anda harus tumbuh.

1. Pelajari Pengendalian Diri Jika Anda beruntung, orang tua Anda mengajari Anda keterampilan ini ketika Anda masih kecil. Jika tidak, ingatlah bahwa semakin cepat Anda mempelajari seni menunda kepuasan, semakin cepat Anda akan merasa mudah untuk mengatur keuangan pribadi Anda. Meskipun Anda dapat dengan mudah membeli barang secara kredit begitu Anda menginginkannya, lebih baik menunggu sampai Anda benar-benar menabung uang untuk pembelian tersebut. Apakah Anda benar-benar ingin membayar bunga untuk celana jins atau sekotak sereal? Kartu debit sama praktisnya dan mengambil uang dari rekening giro Anda, daripada membebani biaya bunga.

Jika Anda terbiasa menempatkan semua pembelian Anda pada kartu kredit meskipun tidak dapat membayar tagihan Anda secara penuh di akhir bulan, maka Anda mungkin masih akan membayar barang-barang tersebut dalam 10 tahun. Kartu kredit itu nyaman, dan melunasinya tepat waktu membantu Anda membangun peringkat kredit yang baik. Dan beberapa menawarkan hadiah yang menarik. Kecuali dalam keadaan darurat yang jarang terjadi, pastikan untuk selalu membayar saldo Anda secara penuh saat tagihan tiba. Juga, jangan membawa lebih banyak kartu daripada yang bisa Anda lacak. Tips keuangan ini sangat penting untuk menciptakan sejarah kredit yang sehat.

2. Kendalikan Masa Depan Keuangan Anda Jika Anda tidak belajar mengelola uang Anda, maka orang lain akan menemukan cara untuk salah mengaturnya untuk Anda. Alih-alih mengandalkan nasihat orang lain, ambil alih dan bacalah beberapa buku dasar tentang keuangan pribadi. Setelah Anda dipersenjatai dengan pengetahuan, jangan biarkan siapa pun membuat Anda lengah, apakah itu orang penting yang perlahan-lahan menyedot rekening bank Anda atau teman yang ingin Anda keluar dan menghabiskan banyak uang bersama mereka setiap akhir pekan.

3. Tahu Kemana Uang Anda Pergi Setelah Anda membaca catatan keuangan pribadi, Anda akan menyadari betapa pentingnya memastikan bahwa pengeluaran Anda tidak melebihi penghasilan Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan penganggaran. Setelah Anda melihat bagaimana biaya kopi pagi Anda bertambah selama sebulan, Anda akan menyadari bahwa membuat perubahan kecil yang dapat dikelola dalam pengeluaran sehari-hari Anda dapat berdampak besar pada situasi keuangan Anda seperti mendapatkan kenaikan gaji. Selain itu, menjaga pengeluaran bulanan berulang Anda serendah mungkin dapat menghemat banyak uang dari waktu ke waktu. Bahkan jika Anda dapat menahan untuk tidak tergoda apartemen yang penuh kemudahan sekarang, dengan memilih sesuatu yang lebih sederhana dapat membuat Anda mampu memiliki kondominium atau rumah lebih cepat daripada yang seharusnya.

4. Siapkan Dana Darurat Memiliki uang di tabungan untuk digunakan untuk keadaan darurat dapat membuat Anda keluar dari masalah finansial dan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Juga, jika Anda terbiasa menabung dan memperlakukannya sebagai pengeluaran bulanan yang tidak dapat ditawar, maka segera, Anda akan memiliki lebih dari sekadar uang darurat yang ditabung, Anda akan memiliki uang pensiun, uang liburan, atau bahkan uang untuk uang muka rumah.

5. Mulai Menabung untuk Pensiun Anda perlu merencanakan masa pensiun Anda jauh-jauh hari. Orang-orang berusia 40an dan 50an yang menyadari bahwa dirinya telah terlambat jika memulainya sekarang akan mencoba mengambil jalan pintas dan menginvestasikan kepada instrumen investasi yang bersifat agresif untuk menebus waktu-waktu sebelumnya. Tapi seiring bertambahnya usia, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk memperbaiki kekalahan yang mungkin terjadi. Jadi, jika Anda menggunakan strategi agresif, Anda harus mengambil risiko kehilangan tabungan tanpa kesempatan untuk pemulihan.

6. Jaga Kesehatan Anda Selalu sisihkan anggaran untuk bayar premi asuransi kesehatan bulanan, apa yang akan Anda lakukan jika Anda harus pergi ke ruang gawat darurat? di mana satu kunjungan untuk cedera ringan seperti patah tulang dapat menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah. Juga sangat bermanfaat untuk mengambil langkah-langkah sehat sekarang untuk menjaga diri Anda tetap sehat, seperti makan buah dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, tidak merokok, menghindari konsumsi alkohol. Semua perilaku ini dapat menghemat tagihan medis Anda di kemudian hari.

Anda tidak perlu gelar tinggi atau latar belakang khusus untuk menjadi ahli dalam mengelola keuangan Anda. Jika Anda menggunakan enam hal aturan keuangan dan tip keuangan diatas untuk hidup Anda, maka Anda dapat menjadi pribadi yang sejahtera.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 0 Rata-rata: 0]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar