Samarkand, Uzbekistan. Foto oleh Abdullah Aydin [via pexels Sumber foto]
Share artikel ini:


Uzbekistan adalah salah satu destinasi wisata di Asia Tengah yang sangat populer di kalangan wisatawan muslim. Tak mengherankan karena sejarah Uzbekistan tidak bisa dilepaskan dari perkembangan sejarah Islam. Terkenal dengan peninggalan banyak bangunan arsitektur Islaminya dari abad ke-17. Uzbekistan juga memiliki beberapa kota yang pernah menjadi bagian dari Jalur Sutra yaitu Samarkand, Bukhara, dan Khiva.

Tak hanya kaya dengan peninggalan arsitekturnya saja, Uzbekistan juga adalah tanah kelahiran bagi banyak tokoh sejarah Islam seperti Ibnu Sina yang dikenal sebagai bapak ilmu kedokteran moderen yang lahir dan besar di kota dekat Bukhara.

Imam Bukhari, salah satu perawi hadist sahih juga dilahirkan di Bukhara dan kemudian dimakamkan di Desa Hartang, sekitar 25 kilometer dari Samarkand. Pada tahun 1956 Presiden RI pertama, Bung Karno adalah sosok yang pertama kali meminta agar komplek makam Imam Bukhari direvitalisasi oleh Pemerintah Uni Soviet. Kini kompleks makam dan masjid Imam Bukhari seluas 10 hektare menjadi salah satu tujuan wisata populer bagi umat Islam di dunia.

Uzbekistan juga adalah rumah bagi empat situs Warisan Dunia UNESCO yang signifikan dan memiliki enam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Dengan segala keunikan sejarah dan budayanya tentunya sangat layak memasukkan Uzbekistan ke dalam daftar wisata halal. Berikut adalah 5 kota tujuan wisata populer di Uzbekistan.

1. Samarkand

Registan Square Sumber foto

Salah satu kota di Jalur Sutra, rute perdagangan kuno yang menghubungkan Cina ke Mediterania. Samarkand kini termasuk ke dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Dikenal sebagai kota Persimpangan Berbagai Budaya, atau Crossroad of Cultures memiliki sejarah cukup panjang.

Samarkand pernah ditaklukan dan dikuasai penguasa-penguasa terkenal zaman dulu. Mulai dari Alexander Agung, Jenghis Khan, dan Tamerlane pendiri Kekaisaran Timurid yang memainkan peran penting dalam pengembangan arsitektur dan seni Islam.

Berikan bintang kamu untuk Uzbekistan
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar