Bicara tentang potensi wisata di Indonesia memang seakan tidak akan ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, dari Mias sampai Pulau Rote tak akan habis tempat wisata untuk Sobat Halal jelajahi.

Salah satu destinasi wisata di Pulau Sulawesi ini mungkin belum seterkenal Bunaken atau Wakatobi, tapi tetap menyimpan keunikannya sendiri yang sangat layak untuk masuk dalam daftar tujuan wisata Sobat Halal. Destinasi itu adalah Tojo Una-Una yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah.

Tojo Una-Una memiliki cagar biosfer yang terletak di pusat segitiga terumbu karang dunia yang memiliki keanekaragaman jenis karang tertinggi di dunia. Cagar biosfer ini dihuni oleh sekitar 149.214 jiwa yang sebagian besar merupakan masyarakat lokal (nelayan) di kawasan peralihan di pemukiman utama kota Ampana. Cagar biosfer Tojo Una-Una adalah cagar biosfer yang diakui  oleh Unesco.

Ini beberapa destinasi wisata di sana yang layak Sobat Halal kunjungi.

1. Pulau Una-Una

Foto: roughguides.com

Merupakan pulau paling utara dan paling terpencil dari gugus 56 pulau Togean.Pulau Una-una adalah satu-satunya pulau vulkanik di wilayah ini, memiliki cerita menarik di baliknya. Pulau ini terbentuk dari letusan gunung berapi Colo pada tahun 1983 silam, letaknya tak jauh dari Taman Nasional Togean yang tak jauh dari Pulau Kadidiri. Berbeda dengan pantai di pulau sekitarnya, pantai di pulau ini memiliki pasir hitam legam yang mencolok.

Namun demikian, wisata bawah air Una-Una Island sayang untuk dilewatkan. Dunia bawah airnya memiliki pesona misterius dan terkenal di dunia. Selain itu, ada banyak jenis ikan yang mendiami perairan tersebut, salah satunya adalah Parot Fish dengan ukuran yang besar. Wow!

2. Pulau Kadidiri

Foto oleh Arian Zwegers via Wikipedia

Pulau ini memiliki pantai indah yang bernama Pantai Barakuda. Lokasi pantai ini sangat tersembunyi karena berada di balik hutan tropis, perlu waktu 1,5 jam untuk mencapai pantai ini dengan berjalan kaki. Keren!

3. Pulau Papan

Foto: Pemprov Sulteng

Pulau ini memiliki air yang jernih dengan warna biru terang, tidak heran jika banyak wisatawan kerap menyelam untuk menikmati kehindahan terumbu karangnya. Uniknya, pulau ini memiliki papan sepanjang 1800m yang menghubungkan dengan pulau lainnya.

4. Pantai Karina

Foto via FB Travel Guide to Tojo Una-Una Regency – Central Sulawesi Province

Pasir putih, air jernih. Pantai ini berada di Pulau Bolilanga dan berada tepat di seberang Pulau Kadidiri. Dikarenakan lokasinta yang cukup terpencil, Sobat Halal akan merasa berada di pulau milik pribadi saat berkunjung ke Pantai Karina.

5. Danau Mariona

Foto via FB Travel Guide to Tojo Una-Una Regency – Central Sulawesi Province

Ingin merasakan sensasi berenang bersama ribuan ubur-ubur? Ini tempatnya! Ubur-ubur di danau ini ramah terhadap manusia dan tidak menyengat. Namun demikian, penyelam selalu diingatkan untuk tidak bergerak secara agresif atau tiba-tiba demi keamanan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar