Share artikel ini:


Bicara tentang potensi wisata di Indonesia memang seakan tidak akan ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, dari Mias sampai Pulau Rote tak akan habis tempat wisata untuk Sobat Halal jelajahi.

Salah satu destinasi wisata di Pulau Sulawesi ini mungkin belum seterkenal Bunaken atau Wakatobi, tapi tetap menyimpan keunikannya sendiri yang sangat layak untuk masuk dalam daftar tujuan wisata Sobat Halal. Destinasi itu adalah Tojo Una-Una yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah.

Tojo Una-Una memiliki cagar biosfer yang terletak di pusat segitiga terumbu karang dunia yang memiliki keanekaragaman jenis karang tertinggi di dunia. Cagar biosfer ini dihuni oleh sekitar 149.214 jiwa yang sebagian besar merupakan masyarakat lokal (nelayan) di kawasan peralihan di pemukiman utama kota Ampana. Cagar biosfer Tojo Una-Una adalah cagar biosfer yang diakui  oleh Unesco.

Ini beberapa destinasi wisata di sana yang layak Sobat Halal kunjungi.

1. Pulau Una-Una

Foto: roughguides.com

Merupakan pulau paling utara dan paling terpencil dari gugus 56 pulau Togean.Pulau Una-una adalah satu-satunya pulau vulkanik di wilayah ini, memiliki cerita menarik di baliknya. Pulau ini terbentuk dari letusan gunung berapi Colo pada tahun 1983 silam, letaknya tak jauh dari Taman Nasional Togean yang tak jauh dari Pulau Kadidiri. Berbeda dengan pantai di pulau sekitarnya, pantai di pulau ini memiliki pasir hitam legam yang mencolok.

Namun demikian, wisata bawah air Una-Una Island sayang untuk dilewatkan. Dunia bawah airnya memiliki pesona misterius dan terkenal di dunia. Selain itu, ada banyak jenis ikan yang mendiami perairan tersebut, salah satunya adalah Parot Fish dengan ukuran yang besar. Wow!

2. Pulau Kadidiri

Foto oleh Arian Zwegers via Wikipedia

Pulau ini memiliki pantai indah yang bernama Pantai Barakuda. Lokasi pantai ini sangat tersembunyi karena berada di balik hutan tropis, perlu waktu 1,5 jam untuk mencapai pantai ini dengan berjalan kaki. Keren!

3. Pulau Papan

Foto: Pemprov Sulteng
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar