Waikuri Lagoon [via raunraun.com]

Indonesia memiliki kekayaan wisata alam melimpah dan alam yang luar biasa indah. Meski sekarang mudah untuk mencari tempat wisata di Indonesia, tapi mungkin masih banyak destinasi wisata yang terlewat dari itinerary liburan Sobat Halal.

Maklum Sobat Halal mungkin masih terpaku pada tempat-tempat wisata mainstream seperti Bali, Yogyakarta, dll. Padahal masih banyak destinasi pariwisata di Indonesia yang belum seterkenal tujuan wisata mainstream, tapi tak kalah indahnya. Ibarat permata yang masih tersembunyi, berlibur ke tempat-tempat wisata ini dijamin bakal bikin pikiran sumpek kembali fresh!

HalalLifeID kali ini menyajikan beberapa tujuan wisata indah yang mungkin terlewatkan dari itinerary liburan Sobat Halal. Jadi, jangan sampai melewatkan pilihan-pilihan wisata berikut ini ya!

1. Waikuri Lagoon – Sumba Barat Daya, NTT

Danau Waikuri atau Weekuri merupakan laguna tersembunyi yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Danau ini terbentuk dari cekungan besar yang menyerupai dinding batu karang berukuran besar.

Cekungan tersebut merupakan tempat mengalirnya air laut lepas saat pasang dan ketika surut, air pasang yang terjebak sebelumnya menjadi sebuah danau berpasir putih dengan warna hijau kebiru-biruan yang cantik.

2. Air Terjun Madakaripura – Probolinggo, Jatim

Air terjun ini menjulang tinggi di antara tebing-tebing berlumut yang membentuk tirai di sekitar air terjun, lokasinya berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Konon air terjun dengan tinggi 200 meter ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah mati, selain itu air terjun ini adalah yang tertinggi di Pulau Jawa.

3. Pantai Ora – Pulau Seram, Maluku

Tidak perlu melancong sampai Samudera Pasifik untuk singgah ke Bora-Bora Island atau mungkin Maldives, karena di Maluku Tengah ada pantai yang tak kalah menakjubkan bernama Pantai Ora. Jangan lewatkan keindahan dunia bawah laut yang jernih dengan beragam penghuninya, Sobat Halal bisa bermain sepuasnya dengan ikan-ikan di perairan tersebut.

4. Danau Kaco – Kerinci, Jambi

Danau ini terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Dinamakan Danau Kaca karena airnya sangat jernih seperti kaca berwarna kebiruan hingga mampu memantulkan bayangan. Pada malam hari danau ini akan memantulkan cahaya ke atas langit ketika langit sedang terang bulan.

Destinasi tersembunyi ini bisa menjadi destinasi yang asik bagi Sobat Halal yang ingin menjernihkan pikiran. Danau ini terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. UNESCO telah menetapkan kawasan ini sebagai Situs Warisan Dunia

5. Meru Betiri, Banyuwangi, Jatim

Merupakan Kawasan Hutan Lindung yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sobat Halal bisa menikmati sensasi berpetualangan yang sejati karena di tempat ini kalian bisa menemukan banyak spesies tumbuhan dan hewan yang langka.

Selain itu, Sobat Halal juga bisa sekaligus menikmati keindahan Pantai Sukamade, Teluk Hijau dan Rajegwesi yang masih berada dalam satu rute.

6. Danau Kakaban – Berau, Kaltim

Berlokasi tak jauh dari Pulau Derawan, tepatnya di Pulau Kakaban yang tak berpenghuni ini. Danau Kakaban dikelilingi oleh hutan mangrove dan berair payau. Terkenal sebagai danau purba dengan populasi ubur-ubur tanpa sengat terlangka sekaligus terbanyak di dunia. Sobat Halal bisa berenang di danau ini tanpa harus takut kena sengat ubur-ubur.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar