Mengunjungi tempat-tempat wisata yang menawarkan keindahan alam kerap membuat kita berdecak kagum. Tak sedikit pun terlintas pikiran buruk apalagi bagaimana awal mula tempat tersebut bisa terbentuk secara alami.

Apakah Sobat Halal tahu, jika bencana alam dapat menghasilkan maha karya yang luar biasa indah dan menjadi destinasi wisata yang menakjubkan? Tentunya kita semua akan tahu setelah menjelajahi tempat-tempat ini!

1. Yucatan Cenote

Yucatan Cenote terletak di wilayah Semenanjung Yucatan, Mexico. Siapa yang menyangka jika ceruk berair biru-tosca jernih dengan pemandangan yang apik ini terbentuk akibat dentuman besar meteor yang mematikan? Yucatan Cenote ibarat surga yang tersembunyi. Selain itu, struktur batu yang berada di tempat itu pun berbeda dari batu pada umumnya karena selain cantik, peneliti mengungkapkan bebatuan tersebut ada yang tidak berasal dari bumi.

Yucatan Cenote pada dasarnya adalah kawah asteroid dan para peneliti juga menemukan kawah serupa di sekitar Yucatan Cenote. Jika diamati dari atas, kawah-kawah tersebut memiliki pola menyerupai busur. Konon, Asteroid Chicxulub yang menyebabkan kepunahan massal pada masa lalu-lah yang menghantam tempat tersebut.

2. Danau Toba

Danau Toba merupakan kawasan wisata yang berada di Sumatera Utara. Selain luas, danau ini juga dikelilingi pemandangan yang sangat indah.

Danau ini terbentuk akibat letusan gunung purba pada 73.000-75.000 tahun silam. Letusannya sempat menutup langit di beberapa tempat dan abu vulkaniknya mampu mencapai Kutub Utara. Uniknya, di tengah danau ini muncul gundukan tanah yang saat ini dikenal sebagai Pulau Samosir dan dianggap sebagai bagian dari kaldera gunung purba tersebut.

3. Undara Lava Tubes

Pernah membayangkan berada di dalam saluran lava dan berjalan menyusurinya? Undara terletak di Negara Bagian Queensland, Australia, lebarnya sekitar 32 KM dan merupakan tabung lava terpanjang di bumi.

Undara terbentuk dari letusan gunung berapi yang sangat besar dan aliran lava mencari jalan keluar ke arah sungai yang kering. Wow!

4. Oregon Crater Lake

Crater Lake atau danau kawah ini terletak di Barat Daya Oregon, Amerika Serikat. Airnya sangat biru dan jernih sekaligus memiliki vegetasi yang subur. Di tepiannya terdapat kastil-kastil apung dan di tengahnya terdapat sebuah pulau yang dijuluki Pulau Penyihir.

Meskipun indah, danau ini terbentuk karena letusan Gunung Mazama sekitar 7.700 silam yang mengakibatkan puncaknya melesak jauh ke dalam. Diperlukan curah hujan selama 250 tahun untuk mengisi kawah tersebut hingga menjadi danau.

Selain itu, danau memiliki kedalaman hingga 592 meter dan terkadang pelancong dapat menyaksikan hemlock (tanaman beracun) yang mengapung di danau sejak 100 tahun lalu.

5. Mediteranian Sea

Perpaduan hamparan laut, langit dan kota-kota di atas tebing yang berada di sekitar Mediteranian Sea memiliki keistimewaan yang sulit terlupakan. Terlebih lagi, walau berada di tepi pantai, udara di tempat itu terasa sejuk.

Namun rupa nya, tempat ini terbentuk akibat banjir bandang Zanclean yang terjadi  pada 5,6 juta tahun silam. Wow!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar