index2-c9a12c92

Kulon Progo memiliki destinasi wisata yang belum banyak terekspos. Salah satunya Taman Sungai Mudal, sebuah objek wisata alam terbuka yang menawarkan pesona kolam permandian bersumber dari mata air alami.

Pada tahun 2011 berawal dari kegiatan gotong royong warga setempat yang awal niatnya membersihkan saluran mata air yang bersumber dari sebuah goa, warga menyadari betapa besarnya potensi serta peson alam yang ada didaerah tersebut. Maka dimulailah penataan kawasan tersebut menjadi sebuah objek wisata.

Wargapun berinisiatif membuat kolam yang bersumber dari mata air tersebut, serta menambahkan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Hasilnya, terciptalah kolam yang sangat eksotis dan menjadi taman air yang sangat indah. Jika Sobat Halal beruntung, kamu akan menjumpai kolam dengan air berwarna hijau toska sedikit kebiruan, sungguh pemandangan yang sangat indah.

Mudal diambil dari istilah merujuk pada kondisi air yang selalu melimpah, jernih dan tidak pernah surut, sehingga akan selalu memberi manfaat untuk kehidaupan masyarakat sekitar di Banyunganti. Lokasi Taman Sungai Mudal tepatnya di Dusun Banyunganti, Desa Jati Ulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari pusat kota Yogyakarta berjarak 33 kilometer (KM) dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Harga tiket masuk Taman Sungai Mudal Rp. 10.000 per orang, dan Sobat Halal juga bisa menyewa ban pelampung, rompi pelampung, dan kacamata berenang. Fasilitas ditempat ini juga cukup lengkap dan nyaman untuk para wisatawan seperti kantin, toilet dan area parkir yang cukup luas.

Yuk Sobat Halal, kapan anda mau mengunjungi Taman Sungai Mudal untuk merasakan sensasi layaknya air terjun pribadi?

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar