Di Indonesia, kurma adalah buah yang identik dengan Bulan Ramadhan atau oleh-oleh haji. Biasanya kurma dijadikan menu takjil atau bahkan suguhan di meja tamu. Buah kurma yang biasanya dijual adalah buah kurma yang sudah dikeringkan secara alami. Sehingga tak heran gula alaminya keluar dan memberi rasa manis khas kurma. Ada juga yang dijual dalam bentuk buah segar.

Tahukah Sobat Halal? Pohon kurma yang berasal dan katanya hanya bisa hidup di iklim Timur Tengah ternyata juga bisa tumbuh di Indonesia loh!

Perbedaan iklim, musim dan kondisi tanah tentu merupakan faktor utama yang mempengaruhi kualitas rasa buah kurma. Namun, tidak perlu khawatir, rasa buah kurma dari Indonesia tidak kalah nikmat dari buah kurma yang berasal dari Timur Tengah.

Penasaran kan? Piknik dulu ke kebun kurma yang ada di Indonesia yuk!

1. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Foto via mediaanalisindonesia.co.id

Berawal dari kerjasama Yayasan Ukhuwah Datu dan pemerintah daerah, ribuan bibit kurma telah disebar pada tahun 2016 demi kesejahteraan masyarakat dengan sistem bagi hasil. Pohon-pohon kurma tersebut berhasil di panen pada Oktober 2021.

Buah kurma yang dipanen cita rasanya menyerupai kurma yang berasal dari Jordania, loh, Sobat Halal. Kurma hasil panen diperkebunan tersebut pada umumnya berwarna hijau (khalal) dan ruthab (setengah matang). Per kilonya dihargai sebesar Rp200-250 ribuan.

2. Pasuruan, Jawa Timur

Foto via dakatour.com

Di Pasuruan terdapat kebun kurma seluas 3,7 hektar yang dikelilingi pagar beton setinggi 3 meter. Kebun ini mulai dikenal sejak tahun 2017 lalu. Tak hanya kebun kurma, food court, arena bermain, replika Kabah, waterpark dan fasilitas lainnya juga ada di tempat ini loh.

Istimewanya, kebun kurma di Pasuruan terdiri dari beberapa varian, yaitu Ajwah, Madjoel, Barhee, Lulu, Sultana, Sayer, Khilaf, dan kurma liar asli Indonesia pun juga ada. Rasa buah kurma dari kebun Pasuruan ini terkenal manis, sehingga diminati banyak kalangan.

Dari tahun ke tahun jumlah pohon selalu bertambah, hal ini disebabkan oleh kebiasaan membuang biji kurma ke tanah setelah daging buah kurma habis dimakan.

3. Lembah Barbate, Aceh

Foto: Iqbal via disbudpar.acehprov.go.id

Kebun kurma di Aceh berada di Lembah Barbate dengan luas sekitar 320 hektar. Pada awalnya, lembah tersebut merupakan tanah gersang yang terongok. Namun berkat kerja keras salah seorang warga yang berasal dari Aceh, tanah tandus tersebut berhasil diolah dan digarap sebagai agrowisata.

Varian kurma di kebun tersebut terdiri dari berbagai varian, namun jenis barhee adalah varian yang mendominasi kebun tersebut. Rasa kurma yang berasal dari kebun ini tak kalah manis loh dibandingkan buah kurma dari perkebunan lainnya.

4. Cilegon, Banten

Foto via facebook.com/WarasFarm

Di Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, kurma dapat tumbuh subur dan bisa dipetik secara langsung oleh para pengunjung. Kebun kurma itu ada di Waras Farm, Kota Cilegon. Varian kurma yang ada di kebun tersebut meliputi Ajwah, Barhee, Deglet Noor, Kholas, Thailand dan beberapa lainnya.

Pengunjung yang datang boleh saja memetik secara langsung, namun tetap dianjurkan memetik buah kurma yang sudah menguning. Jika buah masih berada di fase khalal (hijau/mentah), maka tandanya buah belum matang dan biasanya memberikan after taste yang sepat. Jika dipanen tepat pada waktunya, buah kurma dari kebun ini memiliki rasa yang manis.

5. Kota Bengkulu, Bengkulu

Gubernur Bengkulu Rohidin meninjau kebun kurma di Kota Bengkulu (fot via klikwarta.com)

Provinsi yang bergelar ‘Bumi Raflesia’ ini juga merupakan salah satu lokasi yang memiliki kebun kurma seluas 5 hektar dengan pemandangan layaknya di jazirah Arab.

Terletak di Kelurahan Betungan, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu, kebun kurma itu diprakarsai oleh seorang warga bernama M Nur Miftahudin sejak pertengahan 2017. Kini kebun kurma itu menjadi objek wisata baru dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Di area seluas 5 hektar tersebut berhasil tumbuh sebanyak 480 pohon kurma dengan beberapa varietas antara lain 8 varietas; Barhe Saudi, Medjol, Ajwal, Zahdi, Barhe Thailand, H1 Thailand, K1 Thailand dan Deglet Noor (DN)

Kurma yang berasal dari kebun ini dikenal memiliki rasa yang manis dan legit, loh! Tidak heran jika sekali panen bisa tembus 200 hingga 300 juta.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Kebun Kurma di Indonesia
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar