"Muslim Traveler in Ueno Park" (foto Dakiny | CC BY-NC-ND 2.0)

Bagi Sobat Halal yang suka traveling, seringkali menyesuaikan diri dengan lingkungan di tempat yang penduduknya bukan mayoritas muslim dapat menjadi tantangan tersendiri. Hal ini terutama terkait dengan kedua hal ini, yakni masjid atau musolla dan makanan atau minuman.

Tentu saja, karena bagi Sobat Halal punya kewajiban shalat lima waktu setiap harinya (meskipun memang bisa dijamak jika dalam perjalanan) dan shalat Jumat bagi pria. Di negara-negara dimana muslim bukan mayorita, mencari tempat shalat memang tidak mudah.

Sementara terkait dengan makanan dan minuman, otomatis akan lebih sulit untuk menemukan tempat makan atau restoran yang menyediakan makanan halal. Terlebih, terdapat sedikit ragam pada kebiasaan atau kepercayaan setiap umat muslim terkait dengan hal tersebut.

Misalnya, ada umat muslim yang tidak masalah jika restoran tersebut tetap menyediakan alkohol dan menu babi, selama terdapat menu lainnya yang halal. Namun ada juga yang lebih memilih jika restoran tersebut sama sekali tidak menyediakan menu babi (dan/atau alkohol), dan lain sebagainya.

Biasanya, jika sulit untuk menemukan sertifikasi halal atau kejelasan yang pasti mengenai halal/tidaknya suatu restoran tersebut, maka mereka akan memilih alternatif untuk membeli makanan di restoran vegetarian atau restoran Timur Tengah, India, dsb.

Namun di beberapa negara yang telah menyadari potensi dari para muslim/halal traveler (atau sering mendapat kunjungan dari mereka), telah disediakan beragam guide atau referensi loh. Beberapa website dan link di bawah ini mungkin bisa membantu Sobat Halal yang ingin bepergian ke negara-negara tersebut.

Yuk cek negara mana saja itu!

Korea

 

Website yang dibuat oleh Organisasi Pariwisata Korea ini mempunyai sub-section khusus bagi perjalanan tematik, termasuk muslim friendly travel. Negara Korea memang salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia, terlebih dengan banyaknya penggemar pop-culture Korea di Indonesia; mulai dari K-pop, makanan, seri drama, dsb.

Pada sub-section ini terdapat informasi yang cukup lengkap loh. Mulai dari daftar restoran yang muslim friendly dan jenis kategorinya, E-book terkait muslim friendly travel, dsb.

Klik link nya di sini: Visit Korea Muslim-friendly Travel

Jepang

Negara Jepang juga termasuk salah satu destinasi wisata favorit bagi traveler dari Indonesia. Selain karena budaya pop-culture-nya yang juga berkembang pesat di Indonesia, secara umum memang banyak orang yang berminat untuk mengunjungi negara ini. Karena itu, terdapat cukup banyak referensi loh bagi para muslim traveler yang ingin mengunjungi negara ini.

Pada website yang berasal dari Japan National Tourism Organization (JNTO) disediakan welcome guide untuk para halal traveler. Didalamnya terdapat beragam rekomendasi wilayah wisata, lengkap dengan segala hal yang berkaitan dengan muslim friendly travel. Mulai dari restoran, akomodasi, masjid/musholla, dan pertokoan.

Terdapat juga map interaktif pada website tersebut, juga bagian blog yang berisi oleh berbagai pengalaman para halal traveler yang pernah mengunjungi Jepang.

Klik link-nya di sini:

Di website ini, terdapat banyak informasi bagi para muslim yang ingin mengunjungi Jepang. Karena didedikasikan khusus untuk segala hal halal di Jepang, Sobat Halal bisa banyak menemukan rekomendasi restoran dengan makanan halal disini selain informasi-informasi lainnya.

Cek juga beberapa link lainnya untuk halal travel di Jepang sbb:

China

Website ini menyediakan jasa tour travel yang khusus ditargetkan kepada para muslim traveler. Namun pada website ini kalian juga bisa melihat rekomendasi destinasi-destinasi wisata di Negara China, khususnya yang berkaitan dengan travel islami; misalnya, Masjid Niujie di Beijing, China.

Klik link-nya di sini: Halal Tours in China

Bagaimana para Sobat Halal, sudah siap untuk jalan-jalan mengunjungi berbagai rekomendasi tempat di atas?


Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar