Kota Sibolga (via rri.co.id)
Share artikel ini:


Sibolga adalah kota dengan luas wilayah terkecil di Indonesia yang berada di Pantai Barat Sumatera Utara di Kawasan Teluk Tapian Nauli. Kota Sibolga memiliki wilayah seluas 10,77 kilometer persegi saja.

Walaupun luas wilayah kota ini terkecil di Indonesia, ternyata Sibolga punya banyak keistimewaan dan mudah membuat pengunjung jatuh cinta dalam satu kali kunjungan saja loh! Tidak percaya? Yuk kita simak keistimewaannya satu persatu!

1. Negeri Berbilang Kaum

Pasar Ikan Sibolga via medanbisnisdaily.com

Berbagai suku yang ada di Sibolga antara lain : Batak Toba, Mandailing, Tionghoa, Jawa, Nias, Minang, Pesisir, Melayu, India, Simalungun, Karo, Aceh, Angkola, Padang Lawas dan juga Bugis. Jadi, jangan kaget jika berbagai kuliner dengan cita rasa akulturasi antarbudaya banyak ditemukan di Sibolga.

2. Panggang Geleng

Ikan Panggang Geleng (via naulipesisir.wordpress.com)

Salah satu kuliner khas Sibolga yang bikin ketagihan adalah Panggang Geleng. Unik seperti namanya, makanan khas satu ini merupakan olahan ikan kembung kuring yang dikeluarkan daging pada bagian perutnya, kemudian dibumbui dengan rempah khas Sibolga bersama tumbukan kentang dan kembali dimasukkan ke dalam badan ikan yang masih utuh untuk digoreng bersama lapisan telur.

Rasanya jangan ditanya, nikmat! Apalagi kalau dimakan bersama sambal khas Sibolga, Sobat Halal wajib coba ya!

3. Wisata Bahari

Air Terjun Pulau Mursala (via pariwisatasumut.net)

Kota terkecil di Indonesia ini memiliki spot wisata bahari yang menarik loh! Salah satunya yang sempat viral adalah yang dikenal sebagai Pulau Mursala, pulau yang sempat digunakan untuk shooting film berjudul King Kong.

Keistimewaannya terletak pada tebing dengan curahan air terjun yang langsung jatuh ke lautan. Selain itu, terdapat Pulau Kalimantung yang masih indah secara alami dan dihuni para kucing liar serta biawak. Dan masih banyak lagi spot bahari lain seperti Pulau Putri, Pulau Ketek, Sunset Point, Pantai Pandan, Pulau Poncan Gadang dan lain sebagainya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Sibolga
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar