Aurora Borealis (via pixabay)

Apakah Sobat Halal pernah mendengar tentang Aurora? Aurora Borealis merupakan fenomena langit di belahan bumi bagian utara yang berupa kombinasi cahaya berwarna pink, ungu, kuning, biru, merah dan hijau. Selain bisa disaksikan dengan mata telanjang, konon Aurora Borealis juga bisa disaksikan dari ruang angkasa loh

Cahaya-cahaya yang ditampilkan Aurora Borealis tersebut terbentuk akibat interaksi antara medan magnet bumi dengan partikel yang dipancarkan oleh sinar matahari. Namun sayangnya Aurora Borealis tidak bisa disaksikan dari semua tempat termasuk di Indonesia. Lalu di mana saja Aurora Borealis bisa disaksikan dengan mata telanjang?

Yuk kita lihat beberapa tempat berikut jika ingin menyaksikan Aurora Borealis dengan mata telanjang.

1. Alaska

Kunjungi Sumber air panas alami Chena Alaska pada bulan Maret, karena di waktu tersebut Alaska merupakan lokasi yang tepat untuk menyaksikan aurora. Tempat ini sudah memiliki fasilitas seperti hotel, restoran, bahkan spot wisata lain yang akan mendukung liburan Sobat Halal.

Sobat Halal juga bisa menikmati keindahan Aurora Alaska dengan kemudahan maupun sambil berendam di hot spring.

2. Kanada

Akhir bulan April dan Agustus adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan Aurora Borealis di Kanada. Sobat Halal bisa menemukan keindahan fenomena tersebut di sekitar Danau Superior dan Danau Yukon.

Hmm pasti indah banget kan pemandangan aurora yang terpantul di air danau, Sobat halal.

3. Swedia

Kiruna adalah kota terluas di Swedia dan berbatasan dengan Finlandia dan Norwegia. Dari pegunungan tinggi di barat laut hingga hutan lebat di timur, ada banyak destinasi untuk dijelajahi.

Kiruna juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat Aurora Borealis dari bulan September hingga Maret. Waktu cahaya utara bervariasi tergantung pada seberapa awal kegelapan terjadi; selama musim dingin Sobat Halal dapat melihat Aurora Borealis mulai pukul 16:00 di sore hari.

Cahaya utara selalu ada di langit, bahkan pada siang hari. Tapi jika langit terlalu terang sulit untuk melihat Aurora Borealis. Oleh karena itu, Aurora Borealis hanya bisa terlihat dengan jelas setelah langit cukup gelap dan cuaca cukup cerah. Jika Aurora Borealis sangat lemah, akan sulit untuk membedakannya dari awan.

4. Islandia

Reykjavik adalah sebuah kota kecil di Islandia. Namun walaupun demikian, aurora di tempat ini sangat terkenal karena berbeda dari yang lainnya. Aurora di tempat ini dijuluki sebagai ‘Tarian Lady Aurora‘ karena penampakan aurora di tempat tersebut seolah tampak sedang menari-nari di langit malam.

Akhir bulan September hingga pertengahan Maret merupakan waktu yang tepat untuk menyaksikan keindahan ‘Tarian Lady Aurora‘. Selain itu, kota kecil tersebut juga memiliki spot wisata menarik lainnya untuk dikunjungi loh Sobat Halal.

5. Norwegia

Selain terkenal akan pemandangan alamnya yang indah, Norwegia juga termasuk dalam kategori negara dengan aurora terindah. Di Norwegia terdapat banyak spot untuk menyaksikan aurora, tetapi lokasi yang berada di Tromso merupakan spot terbaik sampai saat ini.

Pada bulan Januari, wisatawan dapat menikmati keindahan aurora dari pukul 6 sore hingga pukul 1 dini hari. Wah pasti keren banget ya Sobat Halal!

***

Itulah beberapa rekomendasi tempat bagi para Sobat halal yang tertarik untuk melihat fenomena alam Aurora Borealis. Insya Allah suatu hari para Sobat Halal bisa berkunjung langsung ya, amin.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Aurora Borealis
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar