Palau (foto: Kurt Cotoaga) [via unsplash]

Sebagai negara kepulauan, dari Sabang hingga ke Merauke, Indonesia memiliki banyak gugusan pulau. Menurut data resmi pemerintah Republik Indonesia jumlah pulau yang masuk dalam wilayah kedaulatan NKRI pada tahun 2021 adalah sebanyak 17.000 pulau. Jumlah ini bertambah dari sebelumnya 16.671 pulau pada tahun 2019 dan 16.771 pulau pada tahun 2020.

Jumlah 17.000 ini akan resmi didaftarkan pada pertemuan rutin tahunan United Nation Group of Expert on Geographical Names (UNGEGN) pada tahun 2022 nanti. Dari jumlah 17.000 ini, Papua Barat mencatatkan sebagai provinsi dengan jumlah terbanyak yaitu 4.514 pulau.

Dan ternyata selain belasan ribu pulau yang masuk wilayah NKRI, Indonesia sendiri dikepung oleh negara-negara kecil yang berbentuk kepulauan. Mungkin belum banyak yang tahu keberadaan pulau-pulau tersebut karena letaknya yang terpencil jauh dari daratan benua. Namun, siapa yang menyangka kalau tempat-tempat ini memiliki keindahan alam nan rupawan sehingga cocok jadi destinasi wisata.

Yuk kita kunjungi secara virtual dulu yuk!

1. Kepulauan Palau

Palau yang satu ini tidak sama dengan Palau yang berada di Itali ya, lokasinya ada di Samudera Pasifik. Tepatnya berada sekitar 200km utara Provinsi Papua Barat dan 255km di timur Maluku Utara. Palau sendiri memiliki 250 pulau, tetapi hanya 8 diantaranya saja yang berpenghuni. Oleh karena itu, Palau merupakan surganya para pecinta pantai.

Di Palau terdapat Rock Island yang dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2012. Salah satu yang menyenangkan adalah berenang di danau di Pulau Eil Malk, sebab di sana ada jutaan ubur-ubur yang siap menemani. Selain itu, wisata air terjun yang menakjubkan juga mudah ditemukan di Palau.

2. Pulau Natal

Pulau Natal secara geografis merupakan pulau yang sangat dekat dengan Pulau Jawa, namun uniknya, pulau ini justru masuk ke dalam administrasi wilayah Australia dan hanya bisa dicapai melalui penerbangan dari Australia.

Pulau ini juga dikenal sebagai “Galapagos-nya Samudera Hindia” dan memiliki wisata alam yang sangat luar biasa. Selain Pantai Lily, Pantai Dolly, Pantai West White, Pantai Ethel, dan Pantai Greta, Pulau Natal juga memiliki Taman Nasional dengan bermacam-macam jenis burung  dan juga bukit beserta fasilitas pendakian.

Jika datang ke pulau ini sekitar bulan Oktober -Januari, Sobat Halal bisa menemukan fenomena langka migrasi Kepiting Merah dalam jumlah yang besar. Jangan kaget kalau saat itu daratan tertutup oleh warna merah dari jutaan kepiting yang sedang bermigrasi!

3. Kepulauan Cocos

Merupakan pulau yang juga dekat dengan Pulau Jawa, namun masuk ke dalam wilayah Australia. Pulau yang juga dijuluki sebagai Pulau Keeling dihuni oleh Suku Melayu dan mayoritas penduduknya adalah muslim. Sehingga tak heran jika Sobat Halal pergi ke sana serasa berada di Indonesia dan mudah untuk menemukan masjid.

Meskipun terkadang pulau ini mendapat kiriman sampah plastik yang terbawa arus dari pulau-pulau lainnya, keindahan pantainya tidak bisa diremehkan. Selain berpasir putih, pantainya pun masih sangat perawan.

4. Pulau Norfolk

Pulau Norfolk adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudera Pasifik di antara Australia, Selandia Baru, dan Kaledonia Baru. Di pulau ini Sobat Halal bisa menikmati keindahan Pantai Emily Bay dan Anson Bay.

Jika bicara soal keindahan alam, Pulau Norfolk mungkin salah satu juaranya. Karena tak hanya pantai-pantai yang indah, banyak hamparan rumput yang menghijau yang sangat memanjakan mata. Selain itu, ada juga wisata sejarah di Kingston and Arthur Vale’ Historic Area, Museum di tepi pantai, bahkan wisata hutan berupa Taman Nasional.

5. Guam

Meski masuk dalam teritori wilayah Amerika Serikat di Pasifik Barat, negara Guam secara geografis justru lebih berdekatan dengan Asia Timur dan Asia Tenggara. Negara ini memiliki pesona iklim tropis yang dicari banyak wisatawan mancanegara.

Di Guam terdapat spot diving yang dijuluki Blue Hole. Selain itu, terdapat Gun Beach yang merupakan pantai terindah di Guam. Sedangkan untuk spot snorkeling Guam menawarkan Gab Gab Beach, Ypao Beach.

Guam juga memiliki sajian kuliner yang super yummy loh, yaitu makanan khas penghuni asli Guam yakni Chamorros adalah Chicken Kelaguen.

6. Kepulauan Solomon

Merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan terletak di Samudera Pasifik bagian selatan. Pantai dan langitnya berwarna biru serta berpasir putih sehingga terkenal sangat indah.

Selain itu, para pecinta diving bisa menikmati wisata air bersejarah di bawah laut karena banyak bangkai kapal dan pesawat dari sisa Perang Dunia Ke – II. Uniknya, 90% pulau ini diselimuti oleh hutan hujan loh!

7. Federasi Mikronesia

Lagi-lagi, negara yang terdiri dari gugus kepulauan ini letaknya tak jauh dari Indonesia, tepatnya di utara Papua. Di tempat ini keindahan alamnya juga tak kalah menarik, yakni terdapat jalur lintas alam Tamilyog Traill, rentuhan kuno bernama Nan Madol, Lelu Island, dan Stone Money, kemudian Pantai dengan nama Kuop Atoll dan Ant Atoll yang sangat indah.

Uniknya, Federasi Mikronesia pernah dipimpin oleh presiden yang memiliki darah Maluku, Indonesia yaitu Peter M. Christian yang menjabat dari tahun 2015 sampai dengan 2019. Pada tahun 2018 Peter M. Christian mengunjungi kampung halaman kakeknya sekaligus melakukan ziarah di Desa Haria, Kabupaten Maluku Tengah

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar