Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki belasan ribu pulau. Saking banyaknya pulau yang tersebar membuat pulau-pulau tersebut tidak dihuni manusia. Namun demikian, bukan berarti pulau tersebut tidak bisa disinggahi. Justru pulau-pulau tak berpenghuni tersebut kini banyak dicari karena keindahan dan keunikannya yang luar biasa menakjubkan.

Ini 5 pulau tak berpenghuni yang sering dijadikan tujuan wisata para pecinta wisata bahari. Yuk kita jalan-jalan virtual dulu!

1. Pulau Padar, Labuan Bajo – NTT

Konon dahulu pulau yang masih masuk di Kawasan Taman Nasional Komodo ini dihuni oleh komodo, namun lambat laun komodo mulai pergi dari pulau tersebut. Selain itu tak ada satu pun manusia yang tinggal di Pulau Padar.

Baik musim kemarau atau penghujan, Pulau Padar selalu terlihat menawan. Bentuk pulaunya yang menawan menambah istimewa pemandangan di pulau tersebut.

2. Pulau Mandalika, Jepara – Jawa Tengah

Jangan salah ya! Ini bukan Mandalika di Lombok tempat Sirkuit Pertamina Mandalika berada ya. Meski namanya sama, ini adalah pulau yang berada di Jepara, Jawa Tengah.

Pulau ini dapat ditempuh dengan perahu motor sekira 30 menit dari Kota Jepara. Pulau yang terlihat sepertj gundukan bukit kecil di tengah laut ini hanya memiliki 1 orang penghuni yang tinggal di mercusuar tempat tersebut.

Pulau dengan pasir putih dan air yang jernih tersebut cocok sekali untuk dijadikan tempat bersantai.

3. Pulau Langkadea, Pangkep – Sulawesi Selatan

Pulau yang indah ini masuk ke dalam deretan Kepulauan Spermonde. Tidak hanya berstatus pulau tak berpenghuni, pulau ini juga sangat digemari karena pasir panjangnya yang sangat putih dan bersih.

Tempat ini cocok digunakan untuk camping atau berenang. Jangan lewatkan keindahan sunset atau sunrise di tempat ini ya!

4. Pulau Ular, Bima – NTB

Jika berkunjung ke Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat lalu melanjutkan perjalanan ke ujung timur pulau itu menuju Kabupaten Bima, Sobat Halal bisa mengunjungi salah satu pulau paling unik yaitu Pulau Ular di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima.

Untuk menuju pulau ini, kita bisa menggunakan perahu selama 15 menit dari bibir pantai Pantai Oi Caba. Pulau ini sebenarnya merupakan batu karang dengan luas kurang lebih 800 meter persegi. Uniknya penghuni tetap pulau ini adalah ular laut dari spesies Laticauda Colubrina.

Ular-ular di pulau ini terkenal jinak dan bisa dipegang pengunjung. Tapi hati-hati, menurut banyak orang ular-ular tersebut harus dipegang dulu oleh warga lokal sebelum bisa dipegang pengunjung.

Ada legenda beredar di masyarakat bahwa Pulau Ular berasal dari sebuah kapal Portugis yang terbalik dan ular-ular laut itu merupakan jelmaan awak kapal yang terperangkap di kapal yang terbalik. Walau kata sebagian penduduk ular laut yang ada di sana sedang istirahat di daratan sebelum kembali menyelam di laut untuk mencari makan. Oya, ular-ular itu dilarang keras dibawa keluar dari pulau itu ya!

5. Pulau Pombo, Maluku Tengah – Maluku

Pulau ini merupakan habitat hewan endemik Maluku, yaitu burung pombo. Pasir putih dan air pantai yang jernih bisa Sobat Halal temukan di tempat ini.

Selain itu, terumbu laut di tempat ini sangat indah karena berbagai jenis terumbu karang hidup sehat di tempat ini. Hati-hati saat diving atau snorkeling ya, jangan sampai merusak terumbu karangnya!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Pulau-Pulau Tak Berpenghuni
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar