Secara geografis, Papua adalah sebuah pulau seluas 897 ribu kilometer persegi. Meski diberkahi tanah yang kaya akan sumber daya alam, hutan yang luas, emas, tembaga, dan bahan-bahan mineral lainnya, kehidupan masyarakatnya tak juga beranjak secara ekonomi.

Tetapi pulau paling timur Indonesia ini memiliki segala keindahan alam yang tak habis untuk dijelajahi. Daratan dan alam bawah laut menjadi surge tersendiri bagi para Sobat Halal penggemar wisata alam.

Tak hanya alamnya yang kaya, Papua juga memiliki kearifan budaya yang masih bertahan di zaman modern ini. Menjelajahi papua tentunya akan menjadi pengalaman yang bisa kamu ceritakan ke teman dan keluarga.

Berikut destinasi wisata di Papua yang menarik untuk dikunjungi.

1. Raja Ampat

Pulau Wayag, Raja Ampat (foto Elias Levy / CC2.0)

Secara geografis, letak Raja Ampat  ini berada di sebelah barat kepala burung Pulau Papua. Gugusan pulau ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Raja Ampat bahkan sudah menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bila Anda naik ke salah satu bukit, Anda bisa melihat gugusan pulau besar dan kecil yang berada di tengah laut biru tosca yang sangat mempesona.

Dengan pemandangan yang luar biasa memesona, tak heran jika Raja Ampat menjadi situs warisan dunia yang menawarkan panorama yang begitu indah. Apalagi keindahan alam bawah laut di Raja Ampat ini masih sangat murni sehingga Anda bisa melakukan aktivitas diving atau snorkeling di sini.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih (via beritapapua.id)

Tak hanya Raja Ampat saja, taman nasional perairan laut terluas di Indonesia ini juga menjadi destinasi wisata wajib bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada 196 jenis moluskan dan 209 jenis ikan yang berada di perairan ini. Terumbu karang di Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga masih sangat asri.

Wisatawan yang datang kemari tentu tidak akan melewatkan aktivitas snorkeling untuk melihat biota laut yang sangat beragam di sini. Pulau-pulau yang ada di sekitar taman nasional ini juga patut untuk dikunjungi karena salah satu pulau, yakni Pulau Mioswaar memiliki sumber air panas belerang yang sangat cocok untuk berendam melepas lelah selama liburan.

3. Pulau Biak Numfor

Pulau Biak Numfor (foto via celebes.co)

Pulau ini berada di sekitar Teluk Cendrawasih. Di Pulau Biak ini Anda bisa mendatangi kampung Amoi yang merupakan salah satu destinasi wisata di pulau ini. Selain itu di pulau Biak ini juga terdapat taman anggrek dengan bermacam jenisnya

Ada penangkaran Burung yang memiliki banyak koleksi. Selain itu di pulau kecil ini juga menyimpan aneka flora dan fauna yang langka. Seperti contoh yaitu adanya kantung semar yang mampu menangkap tikus

4. Danau Sentani

Danau Sentani (foto via gcftf.org)

Tempat wisata berupa danau mungkin sudah biasa bagi Anda, tapi tunggu dulu sampai Anda mengunjungi Danau Sentani. Di danau seluas 9.360 hektar ini terdapat pulau-pulau kecil yang ditumbuhi rerumputan hijau sehingga tampak seperti bukit. Udara di sekitar danau terasa sejuk karena danau ini berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Sentani adalah kuliner mencicipi makanan yang dijual oleh warung-warung makan sekitar danau, berenang, atau menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Pemandangan rumah-rumah panggung khas Papua juga bisa Anda lihat di 24 desa yang berada di sekitar danau ini.

5. Tugu MacArthur

TuguMacArthurPapua
Tugu Mac Arthur (foto via indonesiakaya.com)

Tugu MacArthur merupakan penghormatan kepada Jenderal Douglas MacArthur yang merupakan Jenderal besar Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Tugu ini berada di Gunung Ifar Jayapura.

Tempat wisata di Papua ini menjadi saksi kejayaan Jenderal Besar yang membuat strategi beberapa perang besar. Berada di ketinggian 325m air laut. Disini bisa melihat Danau Sentani dan Lapangan Udara Bandara Sentani Jayapura.

Semua tempat wisata di Papua ini menanti untuk dikunjungi. Yuk Sobat Halal segeralah menabung untuk dapat merencanakan liburan ke surga kecil di Indonesia bagian timur.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar