Sobat Halal pasti pernah mendengar tentang gurun pasir kan? Gurun pasir merupakan hamparan pasir besar yang gersang dan bersuhu tinggi. Banyak anggapan bahwa di gurun pasir tidak ada kehidupan. Padahal tanaman-tanaman seperti kaktus, palem, zaitun, reptil seperti ular dan kadal, bahkan serangga masih bisa hidup.

Meskipun terlihat lengang dan membuat enggan, beberapa gurun justru menjadi incaran para turis karena keindahan oase yang begitu sensasional.

Secara geografi, oase atau oasis merupakan sebuah daerah atau tanah subur yang letaknya terpencil di tengah gurun. Biasanya oase tersebut merupakan sumber mata air atau justru mengelilingi sumber mata air lainnya. Di mana ada air, di sana ada kehidupan kan Sobat Halal? Semakin besar oase, maka semakin memungkinkan adanya kehidupan di tempat tersebut.

Memang tidak banyak oase yang ditinggali, tapi ternyata keberadaannya bisa menjadi objek wisata yang dicari banyak wisatawan loh. Yuk kita simak beberapa oase destinasi wisata di dunia ini Sobat Halal!

1. Wadi Bani Khalid, Oman

Wadi Bani Khalid (via followmeaway.com)

Oase yang terletak di Oman ini memiliki lembah yang indah. Di oase tersebut terdapat aliran mata air yang jernih dan bersih yang berasal dari atas lembah.

Sobat Halal dapat menikmati aliran air dari atas lembah sembari menatap keindahan tebing-tebing yang terbentuk secara alami di tepiannya. Selain itu juga terdapat vegetasi alami yang indah dan menyegarkan mata.

2. Siwa Salt Lake, Mesir

Siwa Salt Lake (via memphistours.com)

Berada di perbatasan Libya, Mesir, oase yang indah ini dihiasi banyak pohon Zaitun dan pohon Palem. Uniknya, dasar oase ini dilapisi kerak garam yang terlihat cantik seperti kristal dan dikenal sebagai Siwa Salt Lake.

Tak mengherankan jika banyak turis yang datang dan masuk ke dalam oase untuk berenang sambil mengabadikan keindahan luar biasa ditengah gurun tersebut. Selain itu oase ini luas dan berkelok-kelok, bahkan terdapat kolam-kolam kecil alami di sekitar oase utamanya.

3. Lencoes Maranhenses, Brasil

Lencois Maranhenses (via africatravelresource.com)

Oase ini terletak di Maranhao, Brasil. Letaknya berada di luar lembah Amazon dan telah dinobatkan sebagai taman nasional. Berbeda dari oase yang berpasir coklat kekuningan pada umumnya, oase ini justru memiliki warna pasir yang cenderung putih.

Oase ini menampung curah hujan tinggi di setiap awal tahun; kemudian tampungan hujan tersebut akhirnya menjadi laguna yang berkilauan dengan beragam warna.

4. Huacachina, Peru

Huacachina (foto oleh Viajante Dibujero via Pexels)

Oase yang terletak di Peru ini merupakan destinasi wisata yang populer di kalangan turis. Jauh berbeda dengan oase lain, Huacachina merupakan oase yang berpenghuni dan dialihkan sebagai resort sehingga penduduk setempat bisa mendapatkan mata pencaharian di oase tersebut.

Pada malam hari, oase ini terlihat menakjubkan karena juga dihiasi lampu-lampu resort di tempat tersebut Sobat Halal.

5. Chebika, Tunisia

Chebika (via fb Tunisia Art & Architecture)

Oase indah ini terletak di Tunisia; letaknya di kaki Pegunungan Djebel el Negueb dan dikenal sebagai Istana Matahari oleh penduduk setempat. Di sekitar oase ini tumbuh pohon-pohon Palem yang melengkapi keindahan vegetasi dengan latar pegunungan yang tandus.

Selain itu, oase ini pernah menjadi lokasi syuting film Star Wars loh!

***

Wah keren ya Sobat Halal! Siapa yang udah gak sabar ingin berkunjung langsung nih? Yuk mulai menabung untuk mewujudkan impianmu Sobat Halal!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Oase
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar