Mercusuar Amedee (foto: youtu.be/talamasca)

Kaledonia Baru merupakan negara kepulauan yang berada di Selatan-Barat Daya perairan Pasifik dan merupakan jajahan Prancis. Selain dikenal dengan wisata lautnya, Kaledonia Baru juga digandrungi karena perbukitannya yang indah.

Meskipun namanya belum begitu familiar, dan ini bukan merupakan tujuan wisata yang mainstream, Kaledonia Baru memiliki banyak tempat wisata yang terkenal sangat indah.

Untuk bisa sampai ke Kaledonia Baru dari Jakarta, Sobat Halal harus menggunakan penerbangan transit. Biasanya dengan penerbangan melalui Tokyo dan nantinya disambung dengan maskapai Aircalin (Air Calédonie International) menuju ke Bandar Udara Internasional La Tontouta, Nouméa. Visa diperlukan dan bisa didapat di Kedubes Prancis di Jakarta.

Berikut daftar lokasi keren di Kaledonia Baru yang wajib Sobat Halal kunjungi!

1. Yejele

Pantai Yejele bisa dicapai Sekitar 20 menit perjalanan  dengan bus dari Tadine (dermaga pendaratan kapal pesiar) dengan harga sekitar Euro 15 per orang, pulang pergi. Pantai Yejele adalah pantai pasir putih yang memanjang dengan air biru turquise kehijauan dan dikelilingi oleh gugusan karang yang menjaga arus air sangat tenang sehingga ideal untuk anak-anak bermain air di sana.

Pantainya dinaungi oleh pohon-pohon besar dan masih alami: ada beberapa gubuk di mana penduduk setempat menawarkan makanan dan minuman setempat (seperti ikan bakar, kelapa, dll), minuman dan suvenir kecil. Banyak tempat untuk bersantai yang bisa dicapai hanya dengan sedikit berjalan kaki dari halte bus. Pasirnya terasa lembut di kaki tanpa serpihan karang.

Sementara formasi karang di laguna membuat kita dengan mudah menemukan aneka ikan-ikan kecil berwarna-warni. Ada toilet dan penjaga pantai yang bertugas. Penduduk lokal (kebanyakan tinggal di rumah sederhana di seberang jalan) sangat ramah, mereka senang diajak ngobrol. Ada juga beberapa kegiatan air yang bisa dinikmati dengan kayak dan peralatan olahraga air untuk disewa. Tempat yang indah untuk bersantai di pulau yang tenang.

2. Port Bois

Merupakan salah satu pantai dengan air jernih dan pasir putih, air di pantai ini cukup tenang sehingga aman digunakan untuk berenang.

3. Aquarium des Lagons Nouvelle

Aquarium des Lagons Nouvelle merupakan wisata akuarium yang memberikan pengalaman visual yang luar biasa kepada pengunjung. Meskipun tidak sebesar akuarium di tempat lainnya, di tempat ini banyak jenis ikan tropisnya. Tempat ini sangat menyenangkan, apalagi dilengkapi pencahayaan alami, wisata sejarah, dan juga area irredecent untuk tampilan istimewa dengan lampu warna ungu.

4. Piscine Naturelle

Terkenal karena kolam alaminya (dari bahasa Prancis, Piscine Naturelle berarti kolam alami) yang sangat jernih, Piscine Naturelle ini terletak di Isle of Pines atau Pulau Pinus. Pulau Pinus (Kunié dalam bahasa Kanak, Kwênyii), juga dijuluki “pulau yang paling dekat dengan surga” (bersamaan dengan Ouvéa), adalah gugusan pulau kecil Prancis di tenggara Grande Terre di Kaledonia Baru

Tempat ini tergolong cukup jauh dari pusat kota Nouméa. Diakses dengan menggunakan perahu dan pesawat dari Nouméa. namun sangat layak didatangi karena keindahan coral dan terumbu yang berwarna-warni. Selain itu, terdapat pohon-pohon Pinus yang berjajar secara apik dan bagus untuk berfoto.

5. Lifou Island

Lifou Island ini adalah tempat biasanya kapal-kapal pesiar berlabuh. Saat kapal pesiar datang tempat ini cukup ramai namun keindahannya masih sangat layak untuk dinikmati. Seperti pantai yang lain di Kaledonia Baru, Lifou Island terkenal akan pasirnya yang putih dan airnya cukup tenang untuk dijadikan tempat berenang.

Pariwisata adalah industri utama Lifou, juga ekspor karet, kopra (kelapa kering), tebu dan vanili. Pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Grande Terre (daratan Kaledonia Baru. Seperti Pulau Mare, Lifou adalah bekas atol karang yang terangkat. Bagian dalam pulau adalah bekas laguna yang dikelilingi oleh bekas tebing karang yang terangkat. Bebatuan dengan bentuk hexagonal sarang lebah dengan gua-gua , kolam, dan lubang dengan tepian yang tajam.

6. Tjibaou Cultural Center

Pusat Kebudayaan Jean-Marie Tjibaou, sesuai dengan namanya, Sobat Halal bisa belajar mengenai sejarah budaya Tjibaou yang merupakan bagian dari Melanesia di tempat ini. Selain itu, gedungnya sangat indah loh.

Terletak sekitar 8 kilometer (5,0 mil) timur laut dari pusat kota Nouméa, ibu kota Kaledonia Baru. Mulai dibuka pada bulan Juni 1998 dan dirancang oleh arsitek Italia Renzo Piano dan dinamai Jean-Marie Tjibaou, pemimpin gerakan kemerdekaan yang terbunuh pada tahun 1989. Pusat kebudayaan ini memiliki visi untuk mendirikan pusat budaya yang memadukan warisan linguistik dan artistik dari orang Kanak.

7. Amedee

Amedee juga dikenal sebagai Pulau Mercusuar. Selain berpasir putih, perairan di sekitar Amedee dipenuhi olah terumbu karang yang berwarna-warni sehingga cocok digunakan untuk snorkeling.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 0 Rata-rata: 0]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar