Kota adalah hasil sejarah panjang peradaban manusia. Kota-kota di awal sejarah seringkali berupa pemukiman besar di mana penduduknya tidak lagi hanya petani yang bercocok tanam di daerah sekitarnya, tetapi beraneka ragam pekerjaan lainnya mulai dilakukan, seperti perdagangan, penyimpanan makanan, pendidikan, dan kekuasaan politik dipusatkan.

Berbeda dengan pemukiman awal manusia di era pertanian yang umumnya selalu bertempat di daerah yang subur dan di dekat sumber air, kota dipilih biasanya karena lokasinya yang strategis sebagai titik temu. Kota dalam perjalanan sejarahnya kemudian memiliki fungsi utama sebagai pusat perdagangan, pusat pendidikan dan pusat pemerintahan. Gedung-gedung dibangun untuk memfasilitasi tiga fungsi utama itu.

Hari ini, kota-kota besar di dunia bahkan menjelma menjadi kota modern megapolitan, dengan populasi yang mencapai jutaan jiwa, gedung-gedung pencakar langit dan kendaraan yang menciptakan kemacetan dan polusi. Tapi di balik gemerlap kota-kota modern, kota-kota kuno di awal peradaban yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu ternyata masih ada sampai sekarang dan menjadi daya tarik wisata.

Berikut adalah kota-kota tertua di dunia yang asyik untuk Sobat Halal jelajahi!

  1. Aleppo, Suriah

Meskipun sempat luluh lantak pada tahun 2016 lalu, kota tua bernama Aleppo yang berada di Suriah ini tidak kehilangan pesonanya. Kota yang mendapat gelar sebagai situs warisan dunia pada tahun 1986 oleh UNESCO ini diperkirakan terus-menerus didiami dan menjadi kota tertua yang paling sibuk sejak abad ke-3 SM berdasarkan tulisan kuno yang digali di Ebla dan Mesopotamia. Bahkan Allepo juga menjadi pusat perdagangan dan keahlian militer.

Pemandangan Kota Aleppo dilihat dari Benteng (Kredit: againstthecompass.com)

Aleppo terkenal akan keindahan arsitektur abad pertengahan dan warisan tradisionalnya. Selain itu, pada tahun 2006 Allepo memenangkan gelar “Ibu Kota Budaya Islam” berkat restorasi tempat-tempat bersejarah di sekitarnya.

Sobat Halal dapat menikmati keindahan Old City, Aleppo Citadel, Saint Simon Citadel, Dead City of Serjilla, Town Center dan Great Mosque saat berkunjung ke Aleppo.

  1. Byblos, Lebanon

Kota ini dulunya dikenal bernama Gubla dan dibangun oleh Cronus sebagai kota pertama di Fenisia. Kota ini sudah dihuni sejak tahun 8800 dan 7000 SM, penghuninya yang pertama kali adalah nelayan zaman Neolitikum.

Kredit: Nate Hovee via pexels

Tidak heran jika pada tahun 1984 UNECO memberikan gelar situs warisan dunia, bahkan Byblos jiga merupakam pelabuhan tertua di dunia. Meskipun masuk ke dalam salah satu kota tertua di dunia, di Byblos Sobat Halal dapat menemukan resort-resort di tepi pantai yang bergaya modern dan restoran yang cozy dan kekinian loh!

Selain itu, ada Old Souk, Aram Bezikiam Museum, Saint Joh- Marc Cathedral, Monastery of St. Maron Anaya, Byblos Castle dan banyak lagi lainnya yang wajib dikunjungi ya, Sobat Halal.

  1. Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv merupakan kota tertua di Eropa yang dihuni sejak zaman Neolitikum, yaitu sekitar tahun 6000 hingga 4000 SM. Dilansir dari HuffPost, kota ini awalnya dihuni oleh Bangsa Trake sebelum ditaklukkan oleh Raja Phillip.

Kredit: Irenè Lazarova via pexels

Kota ini sangat layak dikunjungi karena kota yang berada di atas bukit ini dikelilingi oleh bangunan dengan perpaduan budaya dan arsitek abad pertengahan yang serba antik, toko-toko tua, dan museum di setiap sudut kota.

Jangan lewatkan Plovdiv Roman Theater, Ancient Stadium, Park Tsar Simeon, Alyosha, Assenova Krepost dan yang lainnya. Berjalan kaki adalah hal yang direkomendasikan saat Sobat Halal mengunjungi Plovdiv.

  1. Athena, Yunani

Athena merupakan kota tertua yang berada di Eropa Selatan dan menjadi kota terunggul di Yunani Kuno pada milenium pertama sebelum masehi. Kota telah dihuni sejak 7000 tahun yang lalu. Selain menjadi fondasi sebagai peradaban barat, Athena juga dijuluki ‘Kota Para Dewa’ dan merupakan kota kelahiran sistem pemerintahan demokratis.

Kredit: Josiah Lewis via pexels

Selain sarat mitologi yang unik, Athena dipenuhi bangunan dengan arsitektur kuno berupa landmark di Parthenon, Akropolis, Kuil Zeus di Olympia, Vougliagmeni Lake, Pannathenaic Stadium, Herod Atticus Odeon, Erectheion dan Temple of Athena Nike.

  1. Jericho, Tepi Barat – Palestina

Dilaporkan oleh Nasa Earth Observatory, Jericho merupakan kota terpenting dan tertua di dunia karena merupakan pusat peradaban, politik, sejarah dan budaya di barat laut Laut Mati yang hingga saat ini masih dipelajari oleh para arkeolog.

Kredit: danflyingsolo.com

Jericho diperkirakan telah dihuni sejak tahun 9000 SM dan masih eksis hingga saat ini. Kota yang penuh sejarah ini memiliki tanah yang subur dan dikelilingi oleh perbukitan yang indah.

Situs kuno Tell-es-Sultan, Wadi Qelt, The Mamluk, Ottoman Shrine, Tawahin-es-Sukkar, Na’aran dan peninggalan bersejarah lainnya yang tersebar di Jericho seakan mampu membawa Sobat Halal menjelajah kembali ke masa lalu.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar