Bukit Holbung (via youtube Enjoy Channel)

Keindahan alam Indonesia  bisa dinikmati juga dengan wisata tematik yang satu ini, yaitu wisata ke kawasan perbukitan. Menikmati lanskap perbukitan, pemandangan lepas sampai ke kaki langit sambil menikmati segarnya udara, dan aslinya suasana alam memang memberikan kepuasan tersendiri dibandingkan dengan wisata ke tempat yang ramai dikunjungi orang.

Masih kurangnya fasilitas wisata ke perbukitan tidak mengurangi minat wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan sebagian wisatawan menganggap, dengan masih belum banyaknya fasilitas wisata di tempat itu, justru mereka bisa lebih menikmati suasana yang masih sangat alami.

Tak terhitung tempat wisata bukit ini di Indonesia, namun kali ini HalalLifeID memilih 6 bukit yang cukup populer di kalangan wisatawan. Yuk kita intip satu per satu apa saja itu.

1. Bukit Wairinding, Sumba Timur, NTT

Bukin Wairingding adalah bukit dengan lanskap rangkaian perbukitan yang indah, membentang sampai batas cakrawala sejauh mata memandang. Bukin Wairingding terletak 25 Km dari Kota Waingapu, Sumba Timur.

Bukit yang memiliki lanskap unik ini memiliki nuansa warna yang bisa berubah bergantung pada musim, berwarna hijau saat musim penghujan dan berwarna keemasan saat musim kemarau.

Penduduk lokal di sana kadang-kadang menikmati keindahan Bukit Wairingding sambil menunggangi kuda Sumba yang terkenal di dunia.

2. Bukit Kasih, Minahasa, Sulawesi Utara

Bukit Kasih terletak sekitar 55 km dari Manado Sulawesi Utara ini terkenal sejuk dan memiliki pemandangan yang indah. Di dinding bukit ada dua buah ukiran wajah (yang katanya) bernama Toar dan Lumimut yang dipercaya oleh penduduk setempat sebagai nenek moyang orang Minahasa.

Selain itu, Bukit Kasih juga dikenal sebagai bukit yang mencerminkan toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Di lokasi itu bangunan Masjid, Gereja, Vihara, Pura berdiri berdampingan.

Tapi untuk menuju ke tempat ibadah yang ada di atas bukit, siapkan dulu kondisi fisik Sobat Halal, karena harus melewati 2.435 anak tangga. Jika kita kuat mendaki dan kaki kita pegal, jangan khawatir saat kembali ke bawah Sobat Halal bisa merendam kaki di sumber mata air hangat alami.

3. Bukit Campuhan, Ubud, Bali

Bukit Campuhan di Ubud, Bali ini dijuluki juga sebagai Campuhan Ridge Walk karena kerap digunakan sebagai rute jogging. Di sini selain udaranya yang masih segar dan jauh dari polusi kita masih bisa dengar juga suara serangga yang akan menemani aktifitas jogging atau sekedar trekking. Jalurnya sendiri sudah dilapisi batu sehingga nyaman untuk dilewati

Bukit Campuhan memberikan nuansa alam yang indah di pagi atau pun sore hari karena di tempat ini memberikan pemandangan sunset dan sunrise yang sungguh tak terlupakan.

4. Bukit Ollon, Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Bukit Ollon terletak di daerah Buakayu, Bonggakaradeng, Tana Toraja. Bukit ini merupakan surga tersembunyi yang keindahannya menyerupai bukit yang berada di Negara Swiss.

Di tengah bukit ini mengalir sebuah sungai kecil dengan air yang jernih, sehingga wisatawan bisa bermain air di tengah keindahan alam yang membentang luas di sekitarnya.

5. Bukit Cinta, Labuan Bajo, NTT

Bukit Cinta terletak terletak di Labuan Bajo, dikenal dengan nama Bukit Cinta lantaran banyak pasangan yang kerap berkunjung ke bukit tersebut untuk berfoto atau sekedar menghabiskan waktu sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Selain terkenal indah karena sunset dan sunrise-nya, bukit ini juga memiliki latar belakang pemandangan laut yang luar biasa indah seolah tak bertepi.

6. Bukit Holbung, Samosir, Sumatera Utara

Ini bukan di Swiss atau di New Zealand, tapi ini Bukit Holbung yang terletak di Dolok Raja, Harian, Samosir, Sumatera Utara. Pemandangan yang spektakuler memang seolah membawa kita ke belahan benua lain, padahal ini masih di Indonesia.

Panorama utama Bukit Holbung adalah perbukitan, padang sabana yang terhampar luas, dengan latar belakang birunya Danau Toba sampai ke batas cakrawala. Jika mau melihat kombinasi hijaunya padang rumput dan birunya Danau Toba datanglah antara Bulan September sampai Maret. Diluar bulan itu warna hijau padang rumput akan berganti menjadi kuning keemasan, tak kalah indah karena punya sensasinya masing-masing.

Bagi Sobat Halal yang suka berkemah, di sini juga populer sebagai camping spot. Tapi ingat ya selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sama sekali dan jangan buat api unggun sembarangan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar