Museum R. A Kartini Rembang (instagram @museumkartinirembang)

Bicara soal museum bersejarah di Indonesia, ada banyak pilihan yang bisa Sobat Halal kunjungi. Yang terkenal biasanya adalah Museum Fatahillah, Monjali, Sudirman dan masih banyak lagi museum yang terkenal lainnya.

Namun, tahukah Sobat Halal? Indonesia ternyata memiliki museum perjuangan yang tak kalah menarik dan jarang diketahui khalayak loh! Penasaran kan, yuk kita cek satu per satu!

1. Museum Trikora (World War II), Morotai

Kredit: instagram @deddydoyado

Untuk tiba di tempat ini, Sobat Halal harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan mungkin akan merogoh kocek lebih banyak dari biasanya. Namun, semuanya akan terbayar lunas setelah Sobat Halal tiba di museum tepi laut untuk menikmati tampilan dan konten sejarah di museum ini.

Sobat Halal dapat menyaksikan sejarah dan peninggalan PD II yang dipimpin oleh Mc. Arthur, bonus pemandangan Morotai yang menakjubkan.

2. Museum Perjuangan Tridaya Eka Dharma, Bukittinggi

Kredit: sbamueller via wikipedia

Sebelumnya lokasi museum ini merupakan kediaman Gubernur Sumatera Barat. Namun, seiring berjalannya waktu dan gagasan para petinggi TNI, tempat ini diresmikan sebagai museum perjuangan pada tahun 1973 di Bukittinggi. Museum ini berisi rentetan sejarah dan ratusan koleksi senjata jaman perang, loh!

3. Museum PETA, Bogor

Kredit: instagram @museumpeta

Sobat Halal, pecinta sejarah dan kemiliteran wajib banget berkunjung ke tempat ini. Selain memamerkan foto-foto pada jaman perang, museum ini juga memiliki koleksi senjata menakjubkan yang di pajang di ruangan-ruangan dalam museum. Tidak perlu takut bingung, penjaga di museum ini sangat komunikatif dan edukatif sekali loh!

4. Museum R.A. Kartini, Rembang

Kredit: instagram @museumkartinirembang

“Habis gelap, terbitlah terang.” Slogan terkenal dari R.A. Kartini menegaskan bahwa perjuangan tidak selalu menggunakan bambu runcing, parang, pedang, senjata api atau tank. Museum ini menceritakan kisah perjuangan R.A. Kartini yang menginspirasi wanita Indonesia melalui tulisan-tulisannya yang menyentuh hati.

Selain foto dan tulisan, pemandu di museum tersebut juga akan memberikan penjelasan dan cerita seputar R. A. Kartini yang menarik lainnya.

5. Gedung Sejarah Perjuangan Margarana, Bali

Kredit: 17sekians-com

Gedung ini dipersembahkan khusus untuk mengenang kisah perjuangan para pejuang dalam Perang Puputan Margarana di Bali. Artefak-artefak di tempat ini merupakan bukti bahwa masyarakat Bali pernah melawan pasukan penjajah dengan gagah berani.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk 5 Museum Perjuangan Indonesia
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar