Sirkuit Mandalika (foto tangkapan layar youtube Setneg)
Share artikel ini:


Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang populer sebagai salah satu destinasi wisata halal favorit, akhir-akhir ini kembali menjadi sorotan dunia setelah ditetapkan sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan putaran ke-13 Superbike World Championship (WorldSBK dan WorldSSP) 2021. Balapan sepeda motor bergengsi ini akan diselenggarakan di Mandalika Street Circuit pada 19-21 November 2021.

Sorotan mata dunia makin tertuju ke Mandalika setelah Presiden Jokowi meresmikan sirkuit ini sekaligus menjajal langsung lintasan atau trek balap dengan sepeda motor lengkap dengan kostum pembalapnya, Jumat (12/11) lalu.

Sirkuit Mandalika yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit ini memiliki panjang 4,31 Km dengan 17 tikungan. Kapasitas tempat duduk yang tersedia bisa menampung lebih dari 50.000 penonton dan area tribun berdiri bisa menampung sampai 138.000 orang!

Ke depannya, juga akan dibangun fasilitas hotel sehingga penonton bisa juga menyaksikan balapan seru ini dari balkon hotel yang akan memiliki view langsung ke lintasan. Direncanakan area hotel akan memiliki kapasitas sampai 7.700 penonton.

Gambar rencana Sirkuit Mandalika Lombok (via Instagram/ITDC)

Ya, Lombok patut berbangga memiliki sirkuit balap motor berskala internasional, tentunya akan menjadi daya tarik baru wisatawan internasional untuk berkunjung ke Lombok.

Walau begitu, jauh sebelum memiliki Sirkuit Mandalika, Pulau Lombok sebenarnya sudah menjadi salah satu primadona daerah tujuan wisata halal dunia.

Pantai Selong Belanak, Lombok (foto Süleyman Coskun via unsplash)

Pulau Lombok pernah menyabet dua penghargaan bergengsi World Halal Travel Awards (WHTA) Abu Dhabi pada tahun 2015, dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. Lalu Global Muslim Travel Index (GMTI) dari Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent Rating menobatkan Lombok sebagai Destinasi Wisata Halal no.1 di Indonesia pada tahun 2019.

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar