Sirkuit Mandalika (foto tangkapan layar youtube Setneg)

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang populer sebagai salah satu destinasi wisata halal favorit, akhir-akhir ini kembali menjadi sorotan dunia setelah ditetapkan sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan putaran ke-13 Superbike World Championship (WorldSBK dan WorldSSP) 2021. Balapan sepeda motor bergengsi ini akan diselenggarakan di Mandalika Street Circuit pada 19-21 November 2021.

Sorotan mata dunia makin tertuju ke Mandalika setelah Presiden Jokowi meresmikan sirkuit ini sekaligus menjajal langsung lintasan atau trek balap dengan sepeda motor lengkap dengan kostum pembalapnya, Jumat (12/11) lalu.

Sirkuit Mandalika yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit ini memiliki panjang 4,31 Km dengan 17 tikungan. Kapasitas tempat duduk yang tersedia bisa menampung lebih dari 50.000 penonton dan area tribun berdiri bisa menampung sampai 138.000 orang!

Ke depannya, juga akan dibangun fasilitas hotel sehingga penonton bisa juga menyaksikan balapan seru ini dari balkon hotel yang akan memiliki view langsung ke lintasan. Direncanakan area hotel akan memiliki kapasitas sampai 7.700 penonton.

Gambar rencana Sirkuit Mandalika Lombok (via Instagram/ITDC)

Ya, Lombok patut berbangga memiliki sirkuit balap motor berskala internasional, tentunya akan menjadi daya tarik baru wisatawan internasional untuk berkunjung ke Lombok.

Walau begitu, jauh sebelum memiliki Sirkuit Mandalika, Pulau Lombok sebenarnya sudah menjadi salah satu primadona daerah tujuan wisata halal dunia.

Pantai Selong Belanak, Lombok (foto Süleyman Coskun via unsplash)

Pulau Lombok pernah menyabet dua penghargaan bergengsi World Halal Travel Awards (WHTA) Abu Dhabi pada tahun 2015, dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. Lalu Global Muslim Travel Index (GMTI) dari Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent Rating menobatkan Lombok sebagai Destinasi Wisata Halal no.1 di Indonesia pada tahun 2019.

Saat itu dari 10 destinasi wisata halal unggulan di Indonesia, Lombok mendapat nilai tertinggi sebesar 70, disusul oleh destinasi lainnya yaitu Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur (Malang) dan Sulawesi Selatan. Kriteria dalam penilaian dengan memakai standar Global Muslim Travel Index (GMTI) yang mengadopsi 4 kriteria yaitu; Access, Communication, Environment, dan Services (ACES).

Lombok populer sebagai destinasi wisata halal favorit tidak terlepas dari berbagai fasilitas penunjang wisata halal yang ada di Lombok. Di sana sudah ada 60 restoran bersertifikat halal MUI dan 1.076 lainnya self claimed halal (halal menurut pernyataan pemiliknya). Lalu ada 60 hotel bersertifikat halal, 8.456 masjid, 25 situs heritage Islam, 98 atraksi ramah muslim, 7 Islamic event, dan ada lebih dari 11 paket tur halal.

Sembalun Lawang, Lombok (foto Koesnadi via unsplash)

Kapasitas bandara internasional (Lombok International Airport, LIA) di Praya, dan dua pelabuhan laut juga sangat menunjang aksesibilitas Lombok. Untuk transportasi darat akses jalan raya sudah mencapai 9.566,42 km area jalan.

Dan kini juga sudah ada jalan bypass yang menghubungkan Bandara LIA dan Sirkuit Mandalika sepanjang 17,3 kilometer. Dengan adanya jalan bypass ini maka dari bandara kini hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk sampai di Sirkuit Mandalika.

Pulau Lombok memang terkenal akan potensi keindahan alamnya, budaya masyarakat setempat dan tentu saja kulinernya. Gelaran Superbike World Championship November ini semoga akan kembali menggaungkan pesona Lombok sebagai destinasi wisata halal di dunia setelah sempat dihantam badai pandemi.


Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar