Spice Bazaar Istanbul (foto koleksi HLID)

Rempah-rempah dianggap ‘tanaman emas’ lantaran merupakan hasil alam yang mendominasi perdagangan dunia bahkan sejak sebelum abad masehi. Rempah Indonesia sejak zaman dulu yang sudah diperdagangkan hingga ke Jalur Sutera dan Jalur Dupa Romawi, bahkan sampai mengalami beberapa kali pergantian iklim politik kala itu.

Berkat perdagangan rempah tersebut, rempah menjadi mendunia dan banyak dicari hingga saat ini. Tahukah Sobat Halal, bahwa di beberapa negara terdapat pasar rempah terkenal di dunia yang kerap dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan? Window shopping dulu yuk!

1. Grand Bazaar – Teheran, Iran

Tehran Grand Bazaar (foto via irantourism.travel)

Grand Bazaar merupakan pasar tua yang berada di Teheran, Iran. Grand Bazaar tidak pernah sepi, traffic di pasar ini selalu ajeg atau sangat padat. Kebanyakan turis yang mendatangi tempat ini akan mendatangi toko-toko karpet yang ada di sepanjang jalan terlebih dahulu sebelum akhirnya membelah lautan manusia yang memenuhi kios-kios rempah Grand Bazaar yang memikat.

Selain rempah, Grand Bazaar juga menjual buah dan biji-bijian kering. Kualitas rempah dan yang lainnya tidak perlu diragukan, Grand Bazaar juga merupakan pasar rempah dengan harga paling murah di antara negara-negara barat lainnya.

Sobat Halal juga bisa mengunjungi berbagai restoran halal yang menyajikan olahan khas daging ayam dan saffron.

2. Spice Bazaar – Istanbul, Turki

Spice Bazaar Istanbul (foto koleksi HLID)

Spice Bazaar atau disebut juga Bazaar Mesir (Egyptian Bazaar) beroperasi sejak tahun 1660 dan didirikan tepat di sebelah Masjid Baru, Istanbul, Turki. Bazaar Mesir adalah pasar rempah terbesar di Turki, bahkan disebut sebagai pusat perdagangan rempah terbesar di Timur Tengah kala itu.

Tidak hanya rempah, Sobat Halal dapat membeli berbagai herbal dan spice kering atau bubuk. Uniknya, membawa banyak ziplock bag sudah menjadi budaya pagi pengunjung tetap pasar ini. Jadi kalau Sobat Halal pergi ke Bazaar Mesir jangan lupa bawa banyak ziplock bag ya!

3. Spice Souk – Dubai

Dubai Spice Souk (foto via visitdubai.com)

Spice Souk Dubai merupakan pasar rempah yang ada di Dubai dan beroperasi setiap hari, non-stop. Di tempat ini berbagai macam rempah, herbal dan spice ditata ke dalam keranjang atau ditumpuk begitu saja di dalam karung, sehingga jangan heran jika Sobat Halal seperti melihat lautan rempah.

Selain itu, kedatangan Sobat Halal akan disambut oleh berbagai aroma rempah yang segar, kuat, khas dan memikat. Uniknya, pasar ini merupakan satu-satunya spot tradisional di tengah city scape Dubai yang futuristik dan megah.

4. Mercado Benito Juarez – Oaxaca, Meksiko

Oaxaca Market (kredit foto oleh Anagoria via wiki)

Pasar Benito Juarez terletak di Oaxaca, Meksiko. Di tempat ini Sobat Halal dapat menemukan banyak rempah dan spices, bahkan ada juga bubuk cabe kering dari yang pedasnya moderat hingga sangat pedas.

Tidak hanya berfungsi sebagai pasar rempah, pasar ini juga merupakan pusat budaya dan wisata. Dari tahun ke tahun banyak wisatawan datang untuk mencari aksesoris atau kerajinan tangan lain dengan gaya khas Meksiko, kalung, gelang, cincin, kerajinan anyam hingga rajut, bahkan ada juga tas lukis. Mantap kan?!

5. Rahba Kedima Spice Square – Marrakesh, Maroko

Rahba Kedima (kredit foto Sarah f Smith via tripadvisor)

Rahba Kedima dikenal sebagai Spice Square, pasar ini berada di Marrakesh, Maroko. Pasar ini merupakan pasar yang digandrungi oleh para koki untuk membuat olahan ikan atau daging.

Uniknya, pasar ini bisa memberikan potongan harga bagi pembeli yang bersedia memetik sendiri rempah segar miliknya. Selain itu, Sobat Halal juga dapat menemukan pasar karpet, kerajinan anyam dan juga rajut di Rahba Kedima.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Spice Market
[Total: 5 Rata-rata: 4.8]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar