Ilustrasi (foto: Ochimax Studio via unsplash)

Menginap di hotel atau vila wisata untuk melewatkan akhir pekan bersama keluarga pastinya akan membawa suasana baru. Tapi jika ingin mengajak seluruh keluarga refreshing sambil mengenal alam lebih dekat, berkemah di alam adalah sesuatu yang lebih menantang.

Tidak hanya dekat dengan alam, berkemah juga membangun kesadaran gotong royong, sikap mandiri dan pengetahuan awal terhadap beberapa keterampilan baru. Misalnya saja mengasah basic life skill seperti berbenah, mencuci, memasak dan sebagainya.

Berikut adalah referensi lokasi berkemah dengan pemandangan yang ciamik dan aman bagi Sobat Halal sekeluarga!

1. Puncak Lawang, Agam – Sumatera Barat

Kredit: instagram.com/bang_rey78

Untuk mencapai Puncak Lawang, Sobat Halal tidak perlu mendaki gunung. Cukup parkirkan mobil dan mendirikan tenda di spot terbaik atau parkirkan campervan Sobat Halal di area perkemahan.

Pemandangan di Puncak Lawang sangat cantik, Sobat Halal dapat menikmati keindahan Danau Maninjau dari tempat ini dengan suasana tenang dan udara yang bersih.

Selain indah, tempat perkemahan ini tidak terlalu jauh dari pemukiman, sehingga sedikit membantu untuk mendapatkan hal-hal yang dibutuhkan seperti obat, makan atau minuman secara mendadak.

2. Lembanna, Gowa – Sulawesi Selatan

Kredit: instagram.com/reny.sagitaa

Ingin mengenalkan keindahan hutan pinus di area yang sangat luas kepada buah hati? Sobat Halal bisa mengajak mereka untuk berkemah di Lembanna yang ada di Gowa, Sulawesi Selatan.

Kawasan Hutan Pinus di Lembanna ini sebenarnya merupakan jalur hiking menuju Gunung Bawakaraeng, namun untuk berkemah Sobat Halal tidak perlu susah-susah mendaki karena jalur menuju Lembanna dapat diakses dengan kendaraan roda dua atau empat.

Hutan Pinus di Lembanna usianya sudah mencapai puluhan tahun, sehingga tidak hanya lebat tetapi juga tinggi-tinggi. Tidak mengherankan jika Lembanna memiliki keteduhan dan kesejukan yang menyegarkan.

Tidak jauh dari bumi perkemahan, Sobat Halal bisa mengajak buah hati bermain air di air terjun. Namun, pastikan jika anggota keluarga yang masih kecil sudah siap untuk melewati jalur yang sedikit curam dan terjal ya. Jika belum siap, Sobat Halal dapat mengajak si kecil bermain di sekitar hutan, mengumpulkan kayu bakar, mengumpulkan sampah, memasak atau kuliner di sekitar hutan pinus. Selain itu, Lembanna sudah memiliki fasilitas mushala dan toilet.

3. Puncak 2000 Siosar, Karo – Sumatera Utara

Kredit: instagram.com/nurika.sinta.9

Jika Sobat Halal berkunjung ke Karo, tidak ada salahnya sekalian mengajak keluarga untuk menginap di Puncak 2000 Siosar. Selain banyak kuliner dan wisata glamping, di kawasan tersebut juga terdapat lokasi untuk mendirikan kemah dengan hamparan rumput hijau segar dan pemandangan kota dari puncak bukit  yang indah.

Tempat ini oleh masyarakat di Kabupaten Karo dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan. Karena dari Puncak Siosar Sobat Halal bisa menjumpai barisan pegunungan Bukit Barisan dan deretan bukit-bukit kecil lainnya yang menghijau.

Fasilitasnya juga lengkap, dari mushola, toilet, play ground, outdoor challenges, kafe terkenal Zia Coffee, hingga kebun buah yang bisa langsung dipetik pun ada. Perjalanan menuju Puncak 2000 dari Medan sangat mudah, jalannya bagus dan dekat dengan area pemukiman. Mantul deh pokoknya!

4. Tepi Buyan Camfire, Bedugul – Bali

Kredit: instagram.com/tepibuyancampfire

Selain terkenal dengan keindahan pantai, Bali juga memiliki alam yang indah. Salah satunya adalah Tepi Buyan Campfire yang lokasinya berada di pinggiran Danau Buyan, areanya berupa hamparan padang rumput hijau yang luas yang dikelilingi oleh hutan pinus. Tepi Buyan merupakan lokasi konservasi alam, sedangkan Danau Buyan sendiri merupakan habitat berbagai jenis ikan air tawar.

Oleh karena itu, Sobat Halal wajib menaati aturan yang berlaku seperti tidak membuang sampah sembarangan, merusak tumbuhan atau mencorat-coret dan lain sebagainya. Namun demikian, pengunjung diperbolehkan memancing di danau loh.

Selain mudah diakses, Tepi Buyan Campfire dekat dengan pemukiman, memiliki fasilitas mushola, toilet, kuliner dan lain sebagainya. Yang jelas tempat berkemah ini sangat family friendly.

5. Mandalawangi, Cibodas – Jawa Barat

Kredit: instagram.com/mandalawangi_camping_ground

Mudah diakses, fasilitas lengkap dan pemandangan indah dipinggir sungai merupakan keunggulan Mandalawangi Campimg Ground. Sobat Halal dapat mengajak buah hati naik perahu, naik flying fox, bermain spidernet dan berfoto di sekitar rumah-rumah ala Korea yang ada di kawasan tersebut.

Jika beruntung, Sobat Halal dapat mendirikan tenda di spot terbaik di tepi sungai, selain mudah mengambil air suara gemericik aliran sungai dapat membuat hati dan pikiran menjadi tenang.

6. Cikole, Lembang – Jawa Barat

Kredit: Tandya Rachmat via unsplash

Berkemah di tengah hutan pinus memiliki sensasi tersendiri loh Sobat Halal. Bumi perkemahan ini terletak di Cikole, Lembang, Bandung Barat. Luas areanya mencapai 8 hektar dengan ketinggian 1800 mdpl. Tidak perlu khawatir untuk mengajak buah hati bermalam di sini, karena aksesnya mudah dan fasilitasnya pun lengkap.

Selain udaranya sejuk khas pegunungan, area perkemahan cukup terlindung dari terik matahari karena rindang oleh pepohonan. Jika hujan lebat dan Sobat Halal berubah pikiran, di Cikole terdapat pondok penginapan dan glamping yang bisa disewa. Selain itu, fasilitasnya lengkap dari warung kopi, restoran, toilet, mushola hingga berbagai aktivitas outdoor bisa dinikmati di tempat ini.

7. Ledok Sambi, Yogyakarta

Kredit: instagram.com/melritaa

Ledok Sambi adalah sebuah desa wisata terpadu yang berada di Jalan Kaliurang KM. 19,2 Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana Sobat Halal bisa mendirikan tenda di camping ground yang berada di pinggir sungai yang airnya mengalir jernih.

Jika membawa tenda dan perlengkapan kemah sendiri, maka Sobat Halal hanya perlu membayar Rp35.000 per orang sebagai sewa lahan. Tapi jika tidak membawanya ada fasilitas penyewaan tenda dengan harga Rp120.000 per malam untuk tenda dengan kapasitas 4 orang.

Selain berkemah, ada banyak aktifitas luar ruang lain yang bisa dilakukan di sana seperti flying fox, kayak, memanah, menangkap ikan dan masih banyak lagi.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk camping ground ramah keluarga
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar