Suasana-sekitar-goa-Pindul-di-Jogja-sumber-ig-@dindanatameliaa-fdd5395a

Bagi Sobat Halal yang jenuh dengan atmosfer perkotaan yang serba cepat dan instan, kehidupan desa yang berjalan lambat dan sarat akan nilai moral menjadi menarik untuk dijalani. Jogja selalu menawarkan suasana yang ramah, atmosfer yang asyik dan penuh kesederhanaan.

Pengalaman semacam ini mengesankan banyak wisatawan baik domestik maupun internasional. Nilai budaya khas diperkenalkan pada wisatawan, mengajak mereka untuk ikut bertani, membuat kerajinan, dan kembali ke alam.

Berikut ini 6 desa wisata di Yogyakarta yang akan sangat seru untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman.

1. Desa Wisata Bejiharjo

Termasuk desa yang cukup dikenal di Yogyakarta. Di desa ini terdapat beberapa wisata alam yang dapat kamu eksplorasi seperti: Goa Sriti, Goa Pindul, Goa Gelatik, dan masih banyak lagi. Aktivitas yang bias dilakukan sangat seru mulai dari body rafting atau jeep offroad. Desa ini berlokasi di Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul.

Off road menyusuri sungai (foto via visitingjogja.com)

2. Desa Wisata Tanjung

Di sini ditawarkan suasana tradisional khas masyarakat Jawa, kamu bisa langsung merasakan aktivitas masyarakat lokal mulai dari membatik, membajak sawah, hingga memanen hasil sawah. Lokasi desa ini tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 5 KM dari Monumen Jogja Kembali (Monjali) atau tepatnya berada di Desa Dono Harjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Makan di Desa Wisata Tanjung (foto via visitingjogja.com)

3. Desa Wisata Kasongan

Desa yang cukup familiar bagi masyarakat Yogyakarta, maupun wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Kerajinan gerabah di sini menjadi daya tarik yang sangat kuat karena kerajinan dari tanah liat itu dikembangkan menjadi lebih variatif sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar dan sudah menembus pasar dunia.

Bahkan barang kerajinan di Desa Kasongan bukan hanya barang-barang dari tanah liat/ gerabah, tetapi saat ini warga Kasongan telah memanfaatkan bahan-bahan lainnya yang banyak terdapat di lingkungan sekitar seperti batok kelapa, bambu, rotan, kayu, dan lainnya untuk diolah menjadi barang hiasan yang memiliki nilai lebih tinggi. Kasongan secara administratif berada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau berjarak kurang lebih 7 km ke arah selatan Kota Yogyakarta.

Desa Wisata Kasongan (foto via wikipedia.org)

4. Desa Wisata Tembi

Lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, karena di lokasi ini menyediakan galeri batik, restoran, cottage, dan Museum Rumah Budaya Tembi. Selain itu Sobat Halal juga bisa melakukan aktivitas Outbound baik dengan keluarga atau dengan rekan kerja.

Jarak dari Malioboro ke Desa Wisata Tembi sekitar 10 KM, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Alamat Desa Wisata Tembi berada di Desa Tembi, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa Wisata Tembi (foto via jejakpiknik.com)

5. Desa Wisata Krebet

Tepatnya terletak di Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY. Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Bantul menuju Desa Wisata Krebet adalah sekitar enam kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit.

Salah satu keunikan yang ada di desa ini adalah kerajinan batik kayu, mulai dari gantungan kunci, topeng, patung, hingga wayang. Jika kamu ingin mencoba membatik di kayu, kamupun bisa melakukan selama di sini.

Desa Wisata Krebet (foto visitingjogja.com)

Dalam kondisi normal Desa Wisata Krebet biasa menggelar Merti Dusun yang berlangsung selama 3 hari sebagai ungkapan rasa syukur. Acara ini rutin diselenggarakan setiap tahun dan sudah menjadi sebuah tradisi di Krebet yang sudah ada sejak tahun 1945.

Acara biasa diawali dengan kegiatan pentas seni yang dilaksanakan di Amphitheater  menampilkan: Aneka tarian, musik, dll.

Lalu dilanjutkan pengajian akbar yang diisi oleh ustad.

Puncak acara biasa dilaksanakan pada terakhir, diawali dengan Arak-arakan gunungan dengan bergodo prajurit dan pengombyong lebih dari 350 orang. Gunungan diarak menuju pusat acara Umbul Donga Pujo Basuki Merti Dusun Krebet. Acara ini biasanya dilakukan pada bulan Februari.

Merti Dusun di Desa Wisata Krebet (foto https://pariwisata.bantulkab.go.id/)

6. Desa Wisata Ledok Sambi

Di sini kamu menikmati pemandangan padi yang hijau dan terhampar luas. Pilihan penginapan cukup beragam, mulai dari menginap di homestay, tinggal di rumah warga, atau bisa juga menggelar tenda kemah di tepi sungai. Udara cukup sejuk karena berada di area dataran tinggi Gunung Merapi.

Di sini juga tersedia paket aktivitas outbound, menangkap ikan di sawah dan kita diperbolehkan untuk langsung menyantap ikan hasil tangkapan. Alamat Ledok Sambi berada di Jalan Kaliurang KM. 19,2 Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa Wisata Ledok Sambi (foto visit-jogja.com)

Itulah keenam desa wisata di Yogyakarta yang layak Sobat Halal kunjungi bersama keluarga. Ada yang sudah pernah ke sana?

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar