TWA Gunung Tunak (via youtube Tengakarta)

Kehadiran Sirkuit jalanan Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit telah menjadikan Lombok sebagai pulau pertama di luar Pulau Jawa yang memiliki sirkuit bertaraf internasional. Selain digunakan untuk gelaran Superbike, ke depannya sirkuit ini akan dimanfaatkan untuk gelaran-gelaran otomotif lainnya, bahkan balapan F1 sudah masuk dalam wacana.

Dipilihnya lokasi Sirkuit Mandalika di Pulau Lombok bagian selatan ini memang tidak terlepas dari keindahan Pantai Kuta di Kawasan Wisata Terpadu Mandalika. Jika Sobat Halal cermati di peta, kontur garis pantai di Pulau Lombok bagian selatan memang unik. Garis pantainya tidak lurus tapi cenderung membentuk cekungan-cekungan ke dalam yang membentuk teluk. Kelebihan pantai dengan kontur cekungan teluk ini adalah ombaknya yang tidak terlalu besar karena tidak berhadapan dengan laut lepas, sehingga cocok untuk dinikmati dengan berenang, berperahu, snorkeling, dll.

Jika Sobat Halal berkesempatan berkunjung ke Sirkuit Mandalika, luangkan beberapa hari tambahan untuk menikmati pantai-pantai indah yang tak jauh dari Sirkuit Mandalika. Setidaknya ada 5 pantai yang wajib Sobat Halal kunjungi di sana.

1. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok (via youtube Pratama Tours Lombok)

Pantai Kuta Lombok adalah jantung dari lokasi Sirkuit Mandalika sekaligus lokasi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika. Lokasi Pantai Kuta Lombok terletak di di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Garis Pantai Kuta membentang sepanjang 7,2 Kilometer.

Pasir putih di Pantai Kuta berbentuk butiran-butiran pasir sebesar merica, berbeda dengan ukuran pasir di pantai lain yang seperti tepung. Di sekeliling Pantai Kuta juga ada bukit-bukit, salah satunya Bukit Mandalika yang selain bisa menjadi latar belakang berfoto, juga bisa jadi tempat untuk menikmati panorama pantai dari ketinggian.

Arus pantainya relatif aman untuk melakukan berbagai aktifitas pantai seperti berenang di tepian, atau menikmatinya dengan wahana banana boat, windsurfer dan jetski. Ada beberapa bagian dari pantai juga yang bisa digunakan untuk melakukan berselancar atau surfing bagi pemula karena ombaknya tidak terlalu besar. Menyusuri pantai sekitar 2 km ke arah timur, Sobat Halal bisa sampai di Pantai Seger yang meyajikan pemandangan yang tak kalah indah.

2. Pantai Tanjung Aan

Sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta Lombok, dengan waktu tempuh sekira 15 menit Sobat Halal bisa lanjutkan wisata pantai menuju ke Pantai Tanjung Aan. Sama seperti Pantai Kuta tekstur pasir putih di Pantai Tanjung Aan juga berbentuk butiran merica yang sangat khas.

Deburan ombak di Pantai Tanjung relatif tenang dan tidak terlalu besar, sangat cocok untuk bermain air di tepian pantainya. Pantai Tanjuang Aan juga memiliki bukit hijau yang menawan, salah satu diantaranya adalah Bukit Merese. Bagi yang suka trekking, berjalan menaiki Bukit Merese sangat cocok untuk menikmati panorama pantai. Apalagi menjelang sunset, pemandangan matahari yang tengelam di garis cakrawala latar belakang hijaunya bukit akan memberi kesan tak terlupakan.
tenang.

3. Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak

Terus ke arah timur dari wilayah selatan Pulau Lombok, yang jika ditempuh dari Kawasan Wisata Mandalika akan memakan waktu sekira 25 menit, Sobat Halal bisa temui destinasi wisata indah lainnya yaitu Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak. Lokasinya terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Di kawasan TW Gunung Tunak ada Pantai Bumbang, yang cocok bagi Sobat Halal yang menginginkan suasana pantai yang lebih tenang dan tidak terlalu banyak pengunjung. Namun yang paling khas dari Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak adalah formasi tebing kapur dengan hamparan rumput menghijau di atasnya. Dari atas sini kita juga bisa melihat beberapa gugusan karang di sekitarnya.

Ada beberapa bukit di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak yaitu Bukit Kelor, Bukit Bungkulan, Bukit Bungkulan, Bukit Pejanggik, Bukit Bungkulan, dan Bukit Bungkulan.

4. Pantai Mawun

Pantai Mawun Lombok (via mobillombok.com)

Pantai Mawun berlokasi ke arah barat dari Sirkuit Mandalika, tepatnya di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Garis di Pantai Mawun yang berbentuk tapal kuda diapit Bukit Pengolo dan Bukit Nettem di sisi barat dan timur menjadikan Pantai Mawun menjadi laguna yang terbentuk secara alami. Kontur lanskap alami ini semakin indah dengan gradasi warna air laut yang berwarna hijau di garis tepian pantai dan semakin ke tengah gradasi warnanya menjadi biru.

Jika mau menikmati pantai dengan berenang sebaiknya lakukan di sisi kiri atau kanan yang terlindung oleh bukit. Sementara bagian tengah ombaknya relatif lebih besar karena langsung berhadapan dengan laut lepas Samudra Hindia.

5. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak, Lombok (foto Süleyman Coskun via unsplash)

Semakin ke arah barat dari Pantai Mawun, Sobat Halal sudah bisa bertemu dengan pantai indah lainnya yaitu Pantai Selong Belanak.

Uniknya Pantai Selong Belanak memiliki dua jenis ombak, di bagian barat pantai ombaknya cukup besar sehingga banyak peselancar yang memanfaatkannya. Di bagian lain ombaknya tidak terlalu besar sehingga cocok untuk dinikmati dengan bermain air di tepian pantai.

Dalam kondisi surut, hamparan pasirnya mencapai 15 meter sampai ke bibir pantai, pemandangannya sangat memanjakan mata. Ada banyak warung-warung makan tradisional yang dimiliki warga setempat. Kita bisa memesan aneka hidangan laut segar dengan harga relatif terjangkau. Menikmati hidangan ikan bakar langsung di pantai seindah Pantai Selong Belanak akan memberikan kenikmatan tersendiri.

 


Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar