TWA Gunung Tunak (via youtube Tengakarta)
Share artikel ini:


Kehadiran Sirkuit jalanan Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit telah menjadikan Lombok sebagai pulau pertama di luar Pulau Jawa yang memiliki sirkuit bertaraf internasional. Selain digunakan untuk gelaran Superbike, ke depannya sirkuit ini akan dimanfaatkan untuk gelaran-gelaran otomotif lainnya, bahkan balapan F1 sudah masuk dalam wacana.

Dipilihnya lokasi Sirkuit Mandalika di Pulau Lombok bagian selatan ini memang tidak terlepas dari keindahan Pantai Kuta di Kawasan Wisata Terpadu Mandalika. Jika Sobat Halal cermati di peta, kontur garis pantai di Pulau Lombok bagian selatan memang unik. Garis pantainya tidak lurus tapi cenderung membentuk cekungan-cekungan ke dalam yang membentuk teluk. Kelebihan pantai dengan kontur cekungan teluk ini adalah ombaknya yang tidak terlalu besar karena tidak berhadapan dengan laut lepas, sehingga cocok untuk dinikmati dengan berenang, berperahu, snorkeling, dll.

Jika Sobat Halal berkesempatan berkunjung ke Sirkuit Mandalika, luangkan beberapa hari tambahan untuk menikmati pantai-pantai indah yang tak jauh dari Sirkuit Mandalika. Setidaknya ada 5 pantai yang wajib Sobat Halal kunjungi di sana.

1. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok (via youtube Pratama Tours Lombok)

Pantai Kuta Lombok adalah jantung dari lokasi Sirkuit Mandalika sekaligus lokasi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika. Lokasi Pantai Kuta Lombok terletak di di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Garis Pantai Kuta membentang sepanjang 7,2 Kilometer.

Pasir putih di Pantai Kuta berbentuk butiran-butiran pasir sebesar merica, berbeda dengan ukuran pasir di pantai lain yang seperti tepung. Di sekeliling Pantai Kuta juga ada bukit-bukit, salah satunya Bukit Mandalika yang selain bisa menjadi latar belakang berfoto, juga bisa jadi tempat untuk menikmati panorama pantai dari ketinggian.

Arus pantainya relatif aman untuk melakukan berbagai aktifitas pantai seperti berenang di tepian, atau menikmatinya dengan wahana banana boat, windsurfer dan jetski. Ada beberapa bagian dari pantai juga yang bisa digunakan untuk melakukan berselancar atau surfing bagi pemula karena ombaknya tidak terlalu besar. Menyusuri pantai sekitar 2 km ke arah timur, Sobat Halal bisa sampai di Pantai Seger yang meyajikan pemandangan yang tak kalah indah.

2. Pantai Tanjung Aan

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar