Bagi banyak orang berendam di air hangat sangat disukai karena memberikan efek relaksasi terhadap tubuh. Dan jika berendam di sumber mata air panas alami, selain efek relaksasi ternyata juga banyak memberikan manfaat yang lain.

Sepanjang sejarah mata air panas diyakini sebagai tempat untuk terapi dan meremajakan kulit. Meski saat ini manfaat tersebut seringkali diabaikan, diremehkan, dan dianggap hanya mitos semata.

Namun faktanya, manfaat pemandian air panas alami bukan hanya mitos. Kini bahkan ada cabang ilmu yang khusus mempelajari soal itu, dikenal sebagai “balneologi” yang berarti “pengobatan penyakit dengan mandi”. Ilmu pengetahuan mulai membuktikan banyak manfaat sumber mata air panas alami yang tadinya dilakukan secara tradisional.

Beruntung kita di Indonesia memiliki banyak tempat wisata sumber mata air panas alami atau hot spring dan dengan pemandangan yang menakjubkan. Tentu saja tempat ini cocok bagi Sobat Halal yang ingin memperoleh manfaat kesehatan sambil berelaksasi menikmati hot spring alami.

Berikut hotspring alami terindah yang ada di Indonesia!

1. Maribaya, Lembang

Maribaya Natural Hotspring (via idetrips.com)

Maribaya natural hot spring merupakan tempat pemandian air panas yang lokasinya berada di tengah rimbunnya pepohonan. Gemericik air yang mengalir dan kesejukan udara di sekitarnya akan menambah kenikmatan saat berendam di air hangat tersebut. Asik kan!?

2. Ciater, Subang

Pemandian Air Panas Ciater (via bandoeng.co.id)

Tak begitu jauh dari Maribaya hot spring, jika Sobat Halal mengambil arah ke barat menuju Kota Subang, Sobat Halal bisa menemukan sumber mata air panas alami lainnya di daerah Ciater, Kabupaten Subang.

Berada diantara perkebunan teh pemandian air panas Ciater merupakan tempat pemandian air panas yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu loh!

Selain berendam di kolam, Sobat Halal juga bisa menikmati air panas di aliran sungai yang berbatu. Tapi hati-hati licin ya!

Pemandian Air Panas Ciater Subang (foto Agung Pujia Nugraha via travelspromo.com)

3. Cipanas, Nagrak Parongpong, Lembang

Curug Cipanas Nagrak Kabupaten Bandung Barat (via Dakatour.com)

Sama seperti Maribaya dan Ciater, sumber mata air panas di sini masih bersumber dari sumber yang sama yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Hot spring di tempat ini mengandung belerang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Kolam air panas ini bertingkat-tingkat dan berada di sekitar rimbun pepohonan. Aliran airnya yang jatuh gemericik ke kolam menambah kenikmatan saat berendam di tempat yang masih sangat alami.

4. Aek Rangat Rianiate, Pangururan

Aek Rangat Pangururan Samosir (Foto Van Project via GoogleMaps)

Hot spring yang satu ini berada di Pangururan, Pulau Samosir. Kolam berendam sudah disediakan di tempat ini, sehingga Sobat Halal bisa langsung menggunakannya.

Menurut penduduk setempat, penting bagi pengunjung untuk bersikap dan bertutur kata sopan di tempat ini karena konon, hot spring ini tadinya merupakan napak tilas para Raja Samosir terdahulu.

Kolam terbagi 2  yaitu kolam untuk pria dan wanita.Lokasinya itu berbeda, tapi dekat. Sementara itu pemandangan alam di sekitarnya tidak perlu diragukan lagi ya Sobat Halal, sangat asri dan menyegarkan.

5. Mangeruda Soa, NTT

Hot spring yang airnya berasal dari Gunung Inelika ini jaraknya sekitar 8 jam dari Labuan Bajo. Sobat Halal dapat menikmati pemandangan dan suara-suara hewan di sekitar sambil berendam.

Aliran air di tempat ini deras dan terdapat batu bertingkat sehingga terlihat seperti air terjun kecil. Keren kan?

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Sumber Mata Air Panas Alami
[Total: 4 Rata-rata: 4.8]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar