Kredit foto: Francesco Ungaro via unsplash

Taman merupakan tempat untuk menghabiskan waktu bagi semua orang, piknik atau berkejar-kejaran kerap kita saksikan di tempat tersebut. Namun, apa jadinya kalau tamannya berupa taman bawah laut? Tentu saja penghuni dan aktivitasnya jauh berbeda.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan terkenal dengan keindahan lautnya. Selain pantai, ternyata Indonesia punya taman bawah laut yang jadi magnet para wisatawan domestik dan mancanegara. Wah, taman laut apa saja ya? Yuk kita selami satu per satu!

1. Kepulauan Karimunjawa

Karimunjawa berada di lepas pantai Kota Jepara. Bagi peminat snorkeling dan diving, Kepulauan Karimunjawa merupakan pilihan yang tepat karena ada banyak spot yang bisa didatangi di tempat tersebut, yaitu Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Bengkoang, Pulau Geleang, Pulau Katang, Pulau Kembar, Pulau Krakal Kecil,  Pulau Parang dan Pulau Kumbang.

Sobat Halal dapat menyaksikan keindahan ratusan jenis karang, ganggang, ribuan ikan karang, dan biota laut yang unik seperti kima, penyu sisik, atau penyu hijau.

2. Teluk Cenderawasih

Yang satu ini letaknya berada di Indonesia bagian Timur, yakni Papua Barat. Keindahannya tidak perlu diragukan lagi, apalagi Teluk Cenderawasih menyandang gelar Taman Nasional Laut terluas di Indonesia.

Sobat Halal bisa menyaksikan biota unik seperti ikan duyung, anemon, bahkan hiu paus yang penyebarannya hanya ada di Papua, Afrika Selatan, Filipina, dan Australia. Konon hiu paus tersebut dapat hidup hingga mencapai usia 150 tahun loh! Selain itu berbagai jenis penyu langka, paus dan lumba-lumba hidup di tempat itu juga.

3. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan gugus kepulauan yang terbentuk dari koloni binatang karang yang mati ribuan tahun dan berjumlah 78 pulau. Bawah lautnya dihuni oleh kima raksasa, kima pasir, abalone kuda laut, lobster, ikan fishir, kelinci laut, penyu dan udang mantis.

Karena banyaknya pulau yang ada di tempat tersebut, sejauh ini tercatat 19 spot snorkeling atau diving yang digemari para wisatawan domestik mau pun mancanegara.

4. Takabonerate

Takabonerate seperti surga yang jatuh ke bumi. Berada 300 meter dari Kota Makassar, tempat ini memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan air jernih yang menggoda para wisatawan.

Terdapat atol yang terbentuk dari sisa letusan gunung berapi  yang terendam 2000 meter di bawah laut dan menjadi magnet utama di tempat tersebut.

Cekungan yang menjadi terumbu karang dan ditumbuhi berbagai tanaman laut ini akhirnya dihuni oleh hewan-hewan laut yang menarik seperti hiu ekor hitam, nudi, sotong, barakuda, pari, kerapu dan ikan napoleon. Sobat Halal bisa menyaksikan mereka hanya di kedalaman satu meter loh!

5. Kepulauan Togean

Kepulauan Togean merupakan destinasi unik yang memiliki 3 jenis karang di spot yang berbeda, yaitu barrier, pantai dan atol. Meskipun untuk menuju lokasi butuh effort yang sangat besar, namun pemandangan yang akan didapatkan benar-benar membayar lunas rasa lelah tersebut.

Togean memiliki 5 pulau berukuran sedang dan 69 pulau berukuran kecil. Kawasan tersebut masih alami dan sehat karena tumbu karang tumbuh dengan indah, belum lagi biota lautnya bervariasi. Ada kima raksasa, manta, padang lamun, paus pilot, hiu karang abu-abu, ikan kupu-kupu yang bervariasi, bahkan terdapat hutan mangroove di tempat itu.

Dan di Togean juga terdapat reruntuhan pesawat pembom B24 milik sekutu yang berasal dari sisa Perang Dunia II, keren kan!?

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Taman Bawah Laut Indonesia
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar