Cao Bang, Vietnam (kredit: Hoang Tuan via pixabay)

Baru-baru ini Vietnam mulai melirik potensi industri halal. Pada 28 Juni 2022, sebuah konferensi yang membahas kerja sama internasional untuk mengembangkan industri Halal Vietnam diadakan oleh Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan (MARD) secara tatap muka dan online di Hanoi.

Pariwisata sebagai salah satu sektor dalam industri halal tentunya mendapat perhatian juga. Setelah berakhirnya masa peperangan, Vietnam kini adalah salah tujuan wisata paling menarik di Asia Tenggara bagi pecinta kuliner, pantai, dan pencari sensasi.

Hanoi, ibu kota Vietnam, terkenal sebagai kota yang mempertahankan nuansa lamanya dengan memelihara bangunan-bangunan tuanya. Kawasan Old Quarter-nya dipenuhi dengan kedai makanan lezat, pasar, dan jalan-jalan kecil yang eksotis. Sementara Kota Ho Chi Minh menyajikan keunggulan yang lebih modern, dan kota Hoi An yang dilindungi UNESCO tetap mempertahankan pesonanya meskipun banyak dikunjungi oleh turis lokal dan mancanegara.

Tapi bagi Sobat Halal yang lebih menyukai wisata alam, sudah bosan suasana perkotaan, Vietnam juga memiliki destinasi alam yang indah. 5 tujuan wisata alam ini sangat cocok bagi Sobat Halal pencari ketenangan. Yuk kita jelajahi satu per satu!

1. Hoang Lien Son

Hoang Lien Son (kredit: befreetour.com)

Hoang Lien Son merupakan pegunungan yang membentang sejauh 180 km di barat laut Vietnam. Sobat Halal dapat mengunjungi Fansipan Peak, Kota di Atas Awan, kuliner di Sa Pa Town yang berada di kaki gunung, belajar budaya hingga seni dan melakukan aktivitas outdoor menarik lainnya di Hoang Lien National Park sambil menikmati udara bersih-segar.

2. Phong Na

Phong Na (kredit: befreetour.com)

Phong Na dikenal sebagai rumah sebuah gua terbesar di Vietnam yang usianya mencapai 3 juta tahun dan gua-gua lainnya. Kawasan Phong Na termasuk dalam Ke Bang National Park yang tersembunyi di tengah-tengah hutan lebat yang berusia tua, lembah, pegunungan karst dan sungai-sungai beraliran tenang di Vietnam bagian tengah.

Selain keindahan alam, Sobat Halal dapat menemukan ragam budaya dan menikmati acara atau ritual adat daerah setempat.

3. Cao Bang

Cao Bang (kredit: vietnam.travel0

Meskipun Cao Bang memiliki ikon berupa Air Terjun Ban Gioc dan Danau Ba Be, Sobat Halal dapat menemukan Desa Ho Thang Hen yang sangat indah alam. Desa yang dikelilingi sawah, perbukitan dan danau ini cocok untuk jadi lokasi camping loh!

Cao Bang (kredit: vietnamonline.com)

4. Ta Van Village

Ta Van Village (kredit: evivatour.com)

Desa Ta Van terletak tak jauh dari Kota Sa Pa, kota yang dihuni oleh etnis Giay sejak 300 tahun lalu ini dikelilingi oleh pegunungan. Tempat ini paling cocok dikunjungi saat musim panas, yaitu sekitar bulan April hingga Agustus.

Pemandangan alam di Ta Van sangat indah. Selain didominasi warna hijau pepohonan, ada banyak ladang bunga dan sawah padi sejauh mata memandang. Saking tenangnya, Sobat Halal dapat mendengar suara alam dan suara hewan-hewan dengan sangat jelas di Desa Ta Van.

5. Ninh Binh

Ninh Bin (Kredit: klook.com)

Ninh Binh merupakan primadona Vietnam yang sangat populer di kalangan turis lokal hingga mancanegara. Ninh Binh juga dikenal sebagai ‘the endless rice field‘ karena hamparan ladang padinya yang tak habis-habis sejauh mata memandang.

Ninh Binh (kredit: kiook.com)

Ladang padi di Ninh Binh tidak kalah dengan terasering di Sa Pa dan Ha Giang karena sawah padi di sini justru dikelilingi oleh banyak gua dan sungai. Selain itu, terdapat Candi Thai Vi dan danau dengan panorama yang menakjubkan loh!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk wisata Vietnam
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar