Air Terjun Iguazu Brazil (foto Pau Sayrol via unsplash)

Mengunjungi air terjun selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Bunyi air yang jatuh, hembusan uap air yang menerpa wajah dengan lembut, serta tentu saja suasana yang begitu masih alami seakan membawa kita jauh dari segala sumpeknya real life kita.

Meski kadang-kadang untuk menuju ke lokasi air terjun dibutuhkan tantangan, khususnya kondisi medan perjalanan yang harus dilalui, itu sama sekali tidak sepadan dengan keindahan yang akan kita dapatkan. Tentu rasa lelah akan terbayar tuntas ketika mendapati pemandangan elok yang tidak bisa dinikmati di sembarang tempat.

Berikut ini adalah 5 air terjun yang menakjubkan yang layak untuk masuk bucket list wisata Sobat Halal.

1. Air Terjun Mursala, Indonesia

Di Indonesia terdapat Pulau Mursala yang berada di antara Pulau Nias dan Pulau Sumatera, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau Mursala memiliki air terjun dengan ketinggian sekitar 35 meter, dengan batuan granit yang berwarna hitam kemerahan. Air yang mengalir di air terjun ini  langsung jatuh di Samudra Hindia.

Debit air di air terjun ini sangat kencang dan tidak pernah kering sekali pun musim kemarau, sehingga suara gemuruh yang dihasilkan pun terbilang cukup keras.

Perairan di bawah air terjun merupakan habitat berbagai macam terumbu karang dan ikan hias. Salah satunya merupakan jenis terumbu karang yang langka, yaitu Coral Reef. Wah, ternyata selain menikmati keindahan air terjun, Sobat Halal juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan snorkeling atau diving!

Menurut beberapa sumber, Film King Kong tahun 2005 besutan Sutradara Peter Jackson, mengambil beberapa adegan Skull Island di Pulau Mursala lho.

2. Air Terjun Huangguoshu, China

Pemandangan alam di Cina tak kalah eksotis dari negara-negara Asia lainnya. Di Provinsi Anshun terdapat air terjun terbesar di Cina, ketinggiannya mencapai 255 feet atau 77.8 meter dan lebar mencapai  331 feet atau 101 meter.

Derasnya aliran di air terjun ini membuat bebatuan di bawah dan di sekitarnya seakan diselimuti kabut. Wisata alam ini menjadi Taman Nasional yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Air Terjun Iguazu, Brasil

Air terjun yang satu ini berada di perbatasan Provinsi Misiones Argentina dan Brazil. Hebatnya, air terjun ini memiliki 20 air terjun raksasa dan 275 anak air terjun dengan ketinggian rata-rata 60-82 meter. Iguazu sendiri membentang sejauh 2,7 KM. Itulah kenapa air terjun ini dinamai Iguazu yang merupakan bahasa Guarani, artinya “air besar”.

Tak mengherankan jika air terjun ini dijuluki sebagai “The Most Spectacular Waterfall On Earth” dan dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984.

4. Air Terjun Gullfoss, Islandia

Gullfoss dalam Bahasa Islandia berarti berarti emas dalam Bahasa Indonesia. Air terjun ini dijuluki sebagai air terjun emas karena bercahaya seperti emas saat terkena sinar matahari, bahkan pelangi kerap muncul di tempat ini.

Sumber air utama air terjun ini berasal dari air hujan atau luncuran gletser. Tinggi Gullfoss mencapai 32 meter dan merupakan salah satu air terjun terindah di dunia. Selain itu, Gullfoss juga memiliki air berwarna Toska yang indah.

5. Air Terjun Plitvice, Kroasia

Air terjun yang satu ini keindahannya tidak main-main loh, Sobat Halal. Letaknya di Taman Nasional Danau Plitvice, Kroasia yang merupakan kumpulan danau sekaligus air terjun yang bertingkat-tingkat.

Taman Nasional ini merupakan taman tertua di Eropa Tenggara dengan luas 296 KM persegi dan sudah berdiri sejak tahun 1949. Jika berada tempat ini, Sobat Halal bisa menikmati irama alam yang menakjubkan yang berasal dari derasnya aliran air di tempat itu.

Danau di sini juga memiliki air yang berwarna biru dan toska layaknya air laut. Selain itu, di tempat ini juga hidup berbagai hewan liar karena berfungsi sebagai hutan lindung oleh karena itu pengunjung harus hati-hati saat mengunjungi tempat ini. Jadi, tidak heran jika tempat ini disebut sebagai salah satu keajaiban dunia dan dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar