Xi’an Muslim Quarter (onthegotours.com)

Bagikan artikel ini

Xi’an adalah ibu kota Provinsi Shaanxi di Republik Rakyat Tiongkok. Xi’an merupakan kota tertua di Tiongkok dan memiliki nama lain Chang’an. Sebagai kota tertua Tiongkok, kota ini memiliki sejarah yang panjang dengan berbagai peninggalan, sehingga banyak wisatawan mampir ke tempat ini untuk menikmati keindahan, sejarah dan budaya Xi’an.

Tidak hanya itu, kota yang terkenal sebagai jalur sutra dan situs bersejarah, rupanya Xi’an juga dikenal sebagai surganya kuliner halal loh! Kita intip dulu kuliner apa saja yang ada di surga makanan halal di Jalan Muslim Kota Xi’an yuk!

1. Liangpi (Mie Gandum atau Tepung Beras)

via zafigo.com

Liangpi merupakan olahan mie khas Cina yang menyerupai mie sop di Indonesia, tetapi punya cita rasa yang berbeda. Mie ini memiliki kaldu dari rebusan sapi yang segar, isiannya berupa daging dan sayuran seperti tomat, kentang, serta taburan seledri plus daun bacang.

2. Rou Jia Mo

via zafigo.com

Banyak yang menyebutnya burger dengan China style, tetapi juga terlihat seperti kebab atau sandwich. Isian Rou jia mo berupa cincangan daging sapi atau kambing dengan saus pedas, sayuran dan bawang. Ada juga varian untuk vegetarian, isiannya saus, telur dan sayur.

3. Cold Peanut Noodles

via youtube channel Chinese Healthy Cook

Makanan unik ini merupakan mie yang disajikan dingin bersama kuah kacang yang agak kental. Rasanya gurih dan manis, tetap nikmat diberi rasa pedas. Pokoknya yummy!

4. Yang Rou Chuan

via asiantrails.travel

Yang Rou Chuan merupakan daging sapi atau domba yang ditusuk-tusuk seperti sate, dibumbui dengan jintan, bubuk cabe merah kering, garam, lada hitam, wijen dan minyak wijen dan diolah dengan cara dibakar hingga mendesis. Biasanya disajikan bersama jeruk nipis dan sambal khas muslim Xi’an. Rasanya tak terperi!

5. Guantang Shuijiao

via thefoodranger-com-800

Olahan khas Xi’an ini merupakan masakan sup pangsit yang sangat unik. Pangsit basah ini memiliki isian daging sapi cincang dan baso sapi dan kuah kaldu yang segar, sehingga jika ditusuk kulit pangsitnya kuah kaldu tersebut akan mengalir keluar. Terbayang kan aliran kuah kaldu yang diikuti uap panas? Guantang Shuijiao ini kerap disantap bersama minyak cabai yang pedas.

6. Ba Bao Zhou

via theconscientiouseater.com

Makanan satu ini dikenal dengan sebutan “Eight Treasure Porridge” karena termasuk dalam masakan autentik Cina yang dimasak dengan 8 bahan utama khas Cina yakni, kurma, ketan hitam, jamur, kacang tanah, kenari, biji lotus kering, longan kering dan kacang merah. Sup ini punya tekstur yang kental, aromatik dan rasanya manis.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Xi'an Muslim Quarter
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar