Foto: Honke Tankuma Honten
Share artikel ini:


Jalan-jalan ke suatu negara tidak lengkap tanpa mencicipi makanan asli atau otentik dari tempat tersebut. Sayangnya di banyak negara yang populasi muslimnya sedikit, agak susah mencari makanan otentik yang halal. Biasanya pilihan untuk mendapatkan makanan halal adalah dengan mencari restoran-restoran khas Arab, Indonesia, Melayu, dan atau India (Muslim).

Di Kyoto, Jepang, sebuah restoran masakan Jepang mendedikasikan dirinya sebagai restoran halal – dengan sertifikat halal dari Lembaga Halal Kyoto, tapi tetap dengan mempertahankan cita rasa masakan Jepang yang sangat otentik. Tidak main-main, bukan hanya halal restoran ini bahkan sudah memiliki  Bintang Michelin (Michelin Star) sejak 2009, sebuah penghargaan bergengsi di dunia kuliner.

Restoran yang berlokasi di Kyoto Jepang itu adalah Honke Tankuma Honten. Restoran ini sudah berdiri sejak 1928, tapi baru mendapatkan sertifikat halal dari Kyoto Council for Sharia and Halal Affairs pada 2014.

Lokasinya bisa dicapai dengan 5 menit berjalan kaki dari stasiun Gion-Shijo Station dan Kyoto-Kawaramachi. Restoran ini ada di pinggir Sungai Kamo sehingga di bulan-bulan tertentu bisa menyantap hidangan sambil menikmati pemandangan.

Honke Tankuma Honten punya signature dish kaiseki-ryori dan daging wagyu halal. Kaiseki Ryori adalah seni menyajikan makanan tradisional khas Jepang tertinggi. Dalam istilah barat disebut juga sebagai haute cuisine, yaitu kuliner tingkat tinggi yang perlu persiapan khusus dan presentasi tingkat tinggi dalam penyajiannya. Umumnya makanan disajikan dalam porsi kecil.

Foto: Honke Tankuma Honten

Menarik menyimak penuturan dari Chef Honke Tankuma Honten, Mr. Junichi Kurusu tentang alasan mengapa ia memilih masakan Jepang halal. Awalnya dia terinspirasi saat kuliah dan mengunjungi Jalur Sutra, khususnya ke daerah otonomi Xinjiang-Uygur di Cina untuk study tour. Dia terkesan dengan keramahtamahan warga muslim di sana terhadap para turis dan juga budayanya. Sejak itulah dia mulai tertarik dengan muslim dan budaya Islam dan mulai bepergian ke negara-negara muslim di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Berikan bintang kamu untuk Honke Tankuma Honten
[Total: 8 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar