Foto ilustrasi oleh Rizky Subagja via unsplash
Share artikel ini:


Budaya minum kopi adalah budaya yang telah melekat pada masyarakat di seluruh dunia sejak berabad-abad lalu. Cara budidaya dan menikmati kopi dengan cara memanggang biji kopi lalu diseduh dengan air panas seperti sekarang, konon pertama kali dilakukan di Yaman, Jazirah Arab pada abad ke-15. Biji kopi tersebut didatangkan dari Afrika Timur melalui para saudagar Somalia ke Yaman.

Tak cuma sejarah kopi yang sudah tua, keberadaan warung kopi juga ternyata sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Beberapa diantaranya bahkan masih beroperasi hingga kini lho!

Oya, as a gentle reminder -sekedar mengingatkan, kopi murni yang diseduh bisa dipastikan halal, tapi varian kopi dengan tambahan bahan lain seperti alkohol atau rum, dsj bisa membuatnya jadi tidak halal. Jadi Sobat Halal tetap harus pastikan ya kehalalannya, terutama di warung-warung kopi di luar negeri sebelum menikmatinya.

Yuk Sobat Halal kita lihat beberapa warung kopi di seluruh dunia yang sudah buka sejak ratusan tahun lalu dan masih buka sampai sekarang.

1. Cafe Central, Vienna – Austria

Cafe yang megah dan mewah ini buka sejak tahun 1876. Berdiri di tengah-tengah kota penuh sejarah. Sampai saat ini Cafe Central menjadi tujuan para turis lokal dan mancanegara.

Konon pada jaman dahulu, Cafe Central menjadi tempat berkumpul para tokoh terkenal seperti Polgar, Zweig, Sigmund Freud dan lain sebagainya. Meskipun sempat tutup karena Perang Dunia II, Cafe Central dibuka kembali pada tahun 1975 dan dikenal dengan nama Palais Ferstel.

2. Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho, Jakarta – Indonesia

Siapa sangka di Indonesia terdapat warung kopi tertua? Warung kopi berusia lebih dari satu abad ini bernama Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho yang dibuka sejak tahun 1878.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk warung-warung kopi legendaris dunia
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
3 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar