Foto ilustrasi oleh Rizky Subagja via unsplash

Budaya minum kopi adalah budaya yang telah melekat pada masyarakat di seluruh dunia sejak berabad-abad lalu. Cara budidaya dan menikmati kopi dengan cara memanggang biji kopi lalu diseduh dengan air panas seperti sekarang, konon pertama kali dilakukan di Yaman, Jazirah Arab pada abad ke-15. Biji kopi tersebut didatangkan dari Afrika Timur melalui para saudagar Somalia ke Yaman.

Tak cuma sejarah kopi yang sudah tua, keberadaan warung kopi juga ternyata sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Beberapa diantaranya bahkan masih beroperasi hingga kini lho!

Oya, as a gentle reminder -sekedar mengingatkan, kopi murni yang diseduh bisa dipastikan halal, tapi varian kopi dengan tambahan bahan lain seperti alkohol atau rum, dsj bisa membuatnya jadi tidak halal. Jadi Sobat Halal tetap harus pastikan ya kehalalannya, terutama di warung-warung kopi di luar negeri sebelum menikmatinya.

Yuk Sobat Halal kita lihat beberapa warung kopi di seluruh dunia yang sudah buka sejak ratusan tahun lalu dan masih buka sampai sekarang.

1. Cafe Central, Vienna – Austria

Cafe yang megah dan mewah ini buka sejak tahun 1876. Berdiri di tengah-tengah kota penuh sejarah. Sampai saat ini Cafe Central menjadi tujuan para turis lokal dan mancanegara.

Konon pada jaman dahulu, Cafe Central menjadi tempat berkumpul para tokoh terkenal seperti Polgar, Zweig, Sigmund Freud dan lain sebagainya. Meskipun sempat tutup karena Perang Dunia II, Cafe Central dibuka kembali pada tahun 1975 dan dikenal dengan nama Palais Ferstel.

2. Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho, Jakarta – Indonesia

Siapa sangka di Indonesia terdapat warung kopi tertua? Warung kopi berusia lebih dari satu abad ini bernama Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho yang dibuka sejak tahun 1878.

Tidak hanya usianya yang istimewa, tetapi juga menunya yang beragam. Racikan kopi di tempat ini mencapai 200 racikan, kopi andalan yang menjadi best seller ada excellence, kopi jantan dan kopi betina. Kudapannya pun bervariatif, ada pisang bakar, bitterballen, kue cubit, pancake, siomay, martabak dan masih banyak lagi lainnya.

Selain di Jakarta, warung kopi ini juga sudah buka cabang di kota-kota lain termasuk di Pulau Sumatera dan Kalimantan

3. Antico Cafe Greco, Roma – Italia

Coffe shop tertua milik warga Yunani ini berdiri sejak tahun 1760. Menu andalan tempat ini adalah Caffe Corretto dan a slice of Torta Della Nonna.

Nuansa klasik ditempat ini memiliki kehangatan yang sangat menyenangkan bagi para pengunjung, tak heran jika tempat ini sangat digandrungi banyak wisatawan. Konon, hingga saat ini para penulis, seniman, artis dan politikus juga kerap keluar-masuk tempat ini loh!

4. Caffe Verlet, Paris – Perancis

Coffee shop tua ini berada di Perancis dan menyajikan kopi dari gilingan terbaru berdasarkan pesanan pelanggan, tidak heran jika Verlet tetap menjadi tujuan para pecinta kopi yang ada di Perancis.

Eric Duchossoy membuka tempat ini pada tahun 1880. Kopi spesial Blue Mountain Coffee yang didatangkan dari Jamaica adalah pilihan yang layak untuk Sobat Halal coba di tempat bernuansa super klasik dan mewah ini!

5. Cafe Procope, Paris – Perancis

Kafe yang satu ini adalah yang tertua dari yang tertua. Kafe ini dibuka oleh seorang chef yang bernama Francisco Procopio dei Cotelli pada tahun 1686 dan masih buka hingga saat ini.

Nuansa klasik berusia tiga abad di kafe ini sangat digandrungi para pengunjung loh. Bahkan tokoh-tokoj sejarah seperti Rosseau, Voltaire, Benjamin Franklin dan sebagainya sering nongkrong di tempat ini.

6. Caffe Florian, Venesia – Itali

Kafe yang dibuka pada tahun 1720 ini dulunya bernama Alla Venezia Trionfante. Keberadaan kafe yang dibangun oleh Floriano Francesconi pada waktu itu cukup fenomenal karena hanya kafe ini yang memperbolehkan wanita untuk berkunjung dan menikmati kopi di sana. Hal itu mengubah stigma larangan meminum kopi terhadap perempuan pada abad 18.

Pada awal abad ke-20, Caffe Florian memperkenalkan konsep “konser kafe” tradisional Eropa dengan orkestra permanen yang hingga saat ini masih terus menambah kenikmatan suasana saat menikmati kopi di Caffe Florian.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk warung-warung kopi legendaris dunia
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
3 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar