Jajukh (via armenianfood778733591.wordpress.com)
Share artikel ini:


Yoghurt adalah olahan yang berasal dari fermentasi susu. Sudah ribuan tahun yoghurt terkenal manfaatnya bagi kesehatan berkat kandungan bakteri baik yang ada di dalamnya. Rasanya segar dan asam. Menurut para ahli kesehatan yoghurt yang terbaik adalah yang murni dan tidak ditambahkan gula.

Di Indonesia biasanya yogurt lebih populer disajikan dalam bentuk minuman manis. Padahal di negara-negara asalnya yoghurt juga disajikan sebagai campuran bahan saus untuk salad atau steak. Bahkan yoghurt juga menjadi bahan masakan utama di banyak negara? Masakan apa saja itu? Kita cari tahu dulu yuk!

1. Dovga

Dovga (kredit foto: Kamran Aydinov via freepik)

Dovga merupakan masakan yang berasal dari Azerbaijan. Rasa dovga dikenal gurih, asam dan mengenyangkan. Dovga sendiri terbuat dari beras yang dimasak bersama yoghurt, bawang putih, daun bawang, sayuran, rempah dan diberi kaldu.

Uniknya, bergantung pada kondisi cuaca saat menyantapnya, disajikan selagi hangat atau dalam kondisi dingin, dovga tetap terasa enak dan menyegarkan.

2. Jajukh

Jajukh dikenal juga dengan nama jajik, makanan ini merupakan makanan khas Armenia. Selain di Armenia, Jajukh juga terkenal di Turki dan Yunani. Namun di sana Jajukh disebut dengan Tzaziki.

Jajukh/Tzaziki (via triplegend.com)

Jajukh biasanya terbuat dari potongan mentimun yang disiram plain yoghurt, bubuk bawang putih, parsley, daun mint dan daun bawang sehingga terasa gurih. Jajukh lalu disajikan sebagai cocolan dengan roti pita atau roti jenis lainnya.

Uniknya, saat musim panas tiba, jajukh disajikan bersama es batu. Meskipun gurih, rasa jajukh ternyata juga sangat segar.

3. Hot Yoghurt Chicken Soup with Pistachio Mante

Armenian Yoghurt Soup Mante (via morselsandmusings.blogspot.com)

Pernahkah membayangkan yoghurt disajikan sebagai sup panas? Di Armenia, mante merupakan makanan trasional berupa sup daging giling dengan kuah yoghurt yang panas.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Makanan Berbahan Yoghurt
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar