Foto: instagram @ramenhead.co

Ramen, adalah mie kuah khas Jepang yang menurut sejarahnya diadaptasi dari Tiongkok. Pada akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20 para pendatang dari Cina membawa ramen ke Jepang setelah Meijiichin [Restorasi Meiji] pada tahun 1868. Saat tiba di Jepang para pendatang mulai membangun Chinatown yang bermunculan seperti di Yokohama – kota pelabuhan yang sibuk dan membantu menyebarkan popularitas ramen di seluruh Jepang. Itulah sebabnya di awal kehadirannya ramen kerap disebut juga chuka soba atau shina soba.

Terlepas dari sejarahnya di Indonesia Ramen punya tempat tersendiri di hati masyarakat. Tidak heran jika rumah makan yang berkonsep Jepang banyak menjamur dan menawarkan ramen dengan berbagai macam varian.

Bagi Sobat Halal yang tinggal atau sedang mengunjungi Yogyakarta, kota pelajar ini punya sederet rumah makan ala Jepang dengan menu ramen yang nikmat. Apa saja itu, yuk kita lihat di bawah ini.

  1. Golden Geisha Ramen

Kredit foto: Mega Nur Pratiwi via google

Golden Geisha Ramen adalah pendatang baru yang seketika mendapat perhatian para pecinta ramen Yogyakarta. Mengusung konsep Japan halal ramen, Golden Geisha memberikan cita rasa khas ramen Jepang yang berbeda di Kota Jogja.

Di tempat ini Sobat Halal dapat menikmati ramen dengan porsi kawaii (untuk anak-anak & diet) dan porsi reguler yang disajikan dengan mangkok ukuran besar. Menunya juga unik dan menarik, yaitu wagyu chashu ramen, yakiniku ramen, saikoro ramen, o’ramen, nitamago ramen, shinpuru ramen, mushitori ramen dan beberapa additional seperti takayama hida, takayama onsen eeg dan kuromai.

Selain itu, Golden Geisha juga menyediakan menu ramen spesial bagi para pelanggan. Konon, kuah kaldu ramen di tempat ini sangat digandrugi loh! Kalau mau mampir, jangan lupa reservasi dulu ya karena hanya buka saat lunch dan dinner saja!

  1. OTW Ramen Jogja

instagram @otwramen

OTW Ramen Jogja merupakan restoran ramen dengan konsep Kyoto style dan harganya bersahabat. Meskipun harga bersahabat, rasa dan kualitasnya tidak kalah bersaing loh Sobat Halal! Restoran ramen yang berada di Bantul, DIY, ini memiliki menu unik yang siap menggoyang lidah pelanggan.

Selain mentai ramen, spicy ramen dan cheese ramen, tetapi ada juga menu tori curry ramen dan black garlic ramen yang berkuah hitam. Bagi pecinta snack, enoki crispy dan takoyaki di tempat ini juga favorit para pelanggan loh! Wah, bikin penasaran ya, tunggu apalagi!?

  1. Ramen Head

instagram @ramenhead.co

Ramen halal kreasi anak negeri yang tidak kalah unik dari ramen-ramen yang lainnya adalah Ramen Head. Ramen yang berlokasi di Pandegakarya, Caturtunggal, Sleman, DIY ini memiliki 2 varian ramen, yaitu ramen basah dan yaki (mie kering) yang disajikan bersama 4 pilihan topping yang terdiri dari beef, chicken, katsu dan ebi.

Ramen Head juga memiliki 3 varian kuah kaldu yang berbeda, yaitu niku yang terbuat dari shoyu dengan rasa gurih, niwatorinohoni yang memiliki kelezatan ala ramen head dan curry dengan tekstur kental sekaligus rasa yang nendang. Jadi lapar nih, Sobat Halal!

  1. Sugoi Ramen

instagram @sugoiramen.exp

Sugoi Ramen yang berada di Sanggrahan, Yogyakarta ini memiliki cita rasa dinamis loh Sobat Halal. Dengan harga yang ramah di kantong Sobat Halal dapat menikmati menu-menu ramen inovatif dengan cita rasa Jepang, Thailand, China dan Korea yang menggetarkan lidah.

Ada banyak ragam pilihan menu seperti: wonton ramen, hokkaido wontonmen, kanigawa ramen, miso ramen, katsu ramen, gyukatsu ramen, sesame yakisoba, thai curry ramen, tom yum ramen, rabokki ramen, bulgogi ramen, genki yaki, abbura chilli soba, dan masih banyak lainnya. Selain itu, ada menu best seller yang patut dicoba, yakni Tantanmen, kuy!

  1. Marikatsu Ramen

Kredit foto: Kiky Piky via google

Meskipun unggul dalam menu katsu, Marikatsu juga memiliki varian ramen yang patut Sobat Halal coba. Restoran ini berada di Demangan Baru, Yogyakarta.

Ramen yang ditawarkan memiliki harga, rasa dan pilihan yang bersaing, diantaranya adalah curry ramen, tamtam ramen, totan ramen, soyu ramen, miso ramen dan spicy mariramen. Setelah menikmati ramen, jangan lupa untuk mencoba desert-desert ala Marikatsu ya, Sobat Halal!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Ramen Halal Jogja
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar