Begitu teringat kuliner Aceh, yang terlintas di pikiran umumnya adalah kelezatan Mie Aceh yang kaya rempah dan kopinya yang ‘nendang’. Padahal tak cuma itu, Aceh sendiri punya ragam kuliner yang menarik dan menggugah selera.

Jika Sobat Halal berkunjung di Aceh, tidak ada salahnya berburu kuliner khas Aceh berikut ini yang juga “mangat that” alias lezat sekali. Yuk kita intip apa saja itu!

1. Kuah Masam Keu-neung

Sekilas tampilannya tampak seperti kari. Jangan salah, masakan yang satu ini memiliki kuah asam yang menyegarkan. Biasanya masakan ini diolah bersama ikan tongkol, bandeng, tenggiri, atau kakap. Kuah yang diberi bumbu khas ini, disempurnakan oleh kehadiran belimbing wuluh. Yummy!

2. Rujak Aceh

Sekilas terlihat seperti rujak pada umumnya. Eits, jangan salah, rujak Aceh punya rasa nikmat yang berbeda. Selain memiliki tekstur bumbu kacang yang tidak halus, rujak ini dilengkapi dengan buah rumbia yang hanya bisa ditemui di Sumatera. Rasa sepat buah rumbia terasa pas berpadu dengan bumbu dan buah lainnya.

3. Sate Matang

Sate ini pada umumnya terbuat dari daging sapi atau kambing. Sate matang terbuat dari tusukan daging yang sudah dimarinasi dan dibakar. Sate di tempat lain pada umumnya dikuahi dengan kecap atau bumbu kacang.

Namun di Aceh, sate ini diberi kuah yang terbuat dari gabungan rempah yang sangat kuat seperti kapulaga, bunga lawang, cengkeh, kayu manis dan merica. Mantap jiwa!

4. Tasak Telu

Tidak melulu ikan dan daging, olahan bebek khas Aceh Tenggara yang satu ini pun patut untuk dicoba. Terbuat dari bebek yang direbus bersama berbagai rempah dan bumbu pelengkap lainnya, hidangan ini tidak berbau amis, bahkan dagingnya terasa gurih dan lembut memikat.

5. Sambal Ganja

Waw, membaca namanya saja sudah membuat kening kita berkerut, ya, Sobat Halal. Namun jangan khawatir, sematan kata ‘ganja’, yang digunakan sebenarnya adalah ungkapan hiperbola untuk mendeskripsikan kelezatannya secara singkat.

Konon, sambal ini memiliki rasa yang benar-benar nikmat hingga membuat orang-orang ketagihan. Sebenarnya sambal ini terbuat dari udang segar kupas, cabe rawit, belimbing wuluh, serai, bawang merah dan garam saja loh!

6. Kuah Sie-itek

Meskipun berbahan dasar itik, hidangan satu ini tidak amis loh! Pembuatannya terbilang cukup unik, setiap potongan itik dibungkus daun pandan dan kari. Daun tersebutlah yang membuat daging itik menjadi lembut dan memberikan jejak aroma wangi yang khas saat dihidangkan.

Selain itu, perpaduan jinten dan ketumbarnya berpadu sempurna dengan rasa rempah lainnya saat disantap.

7. Pacri Nanas

Nanas biasanya disantap dalam kondisi segar atau sebagai buah pelengkap rujak. Namun di Aceh, buah ini dimasak bersama rempah-rempah seperti kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai dan bawang.

Rasanya bagaimana? Tidak disangka, perpaduan nanas segar yang dimasak bersama rempah tersebut terasa nikmat di lidah!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Kuliner Khas Aceh
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar