Share artikel ini:


Indonesia memang surganya kuliner, tak akan pernah habis membahas ragam kuliner nusantara di Indonesia. Nah kuliner kali ini berasal dari wilayah paling timur Indonesia yakni Papua yang terkenal dengan julukan Bumi Cendrawasih.

Seperti kita tahu, selain terkenal akan keindahan dan kekayaan alamnya yang luar biasa, ternyata Papua juga memiliki beberapa sajian khas yang menggugah selera. Beberapa sajian khas Papua ini mungkin bisa ditemukan juga sebagai makanan khas Maluku. Ya selain karena secara geografis jaraknya berdekatan, Papua dan Maluku juga berbagi beberapa kesamaan termasuk kulinernya.

Yuk ah Sobat Halal kita intip dulu apa saja sajian khas Papua itu sebelum kita cicipi.

1. Papeda

Papeda (via instagram @mdnfoodstory)

Makanan ini merupakan sajian turun temurun tiap generasi. Papeda terbuat dari tepung sagu, rasanya cenderung tawar. Namun, di Papua makanan ini dimakan bersama ikan bakar atau ikan berkuah kuning.

Selain itu, bisa juga dimakan bersama parutan kelapa tua yang sudah dibubuhi sambal. Aduhai enaknya!

2. Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari
Ikan Bakar Manokwari (via thedelishrecipes.com)

Makanan ini mudah ditemukan di warung-warung makan di Papua. Ikan bakar ini tidak jauh berbeda dengan ikan bakar pada umumnya. Namun, bumbu dan sambalnya memiliki cita rasa yang berbeda karena hanya bisa ditemukan di Papua.

Ikan yang dipakai untuk masakan ini biasanya adalah ikan tongkol. Setelah selesai dibakar, ikannya lalu dilumuri dengan sambal khas yang digiling dan disajikan mentah. Warga di sana biasa menyebut sambal ini sebagai bumbu tabur.

3. Udang Selingkuh

Udang Selingkuh (via instagram @christianhaardi)

Meski namanya terkesan nyleneh, udang selingkuh merupakan makanan favorit di Papua yang kerap disajikan dengan saus tiram, saus padang, dan mentega.

Daging udangnya padat tapi terasa lembut dan manis. Konon dinamakan udang selingkuh karena spesies udang di Papua yang satu ini memiliki capit yang besar menyerupai kepiting sehingga seolah-olah hasil persilangan antara udang dan kepiting.

4. Aunu Senebre

Aunu Senebre (via borelies20.wordpress.com)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar