Tude Goreng Dabu Dabu Lilang (via instagram @dapurmanadojogja)

Manado, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara yang terkenal dengan keindahan alam, antara lain wisata bahari Bunaken, Danau Tondano, Bukit Kasih, dan banyak lagi. Selain keindahan alam, kuliner khas Manado juga menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa. Tidak heran jika kuliner Manado sangat populer di kalangan pecinta kuliner.

Jika Sobat Halal ingin mencicipi kuliner khas Manado namun belum sempat pergi ke Manado, jangan khawatir, ada banyak koq restoran-restoran Manado di berbagai kota. Yuk kunjungi restoran-restoran Manado berikut ini yang menyajikan masakan khas Manado halal.

1. Ngana Rasa Resto, Bogor

via instagram @nganarasa.resto

Rahang Ikan Tuna dan Ikan Marlin merupakan menu yang sangat mudah kamu jumpai di sepanjang jalanan Kota Manado. Kesegaran ikan dan bumbu khas Manado yang disajikan bersama sambal bakar ini tentu tidak bisa dilupakan begitu saja.

Jika Sobat Halal sedang berada di Kota Bogor, menu autentik tersebut bisa kamu temukan di Ngana Rasa Resto.

2. Dapur Manado, Jogja

via instagram @dapurmanadojogja

Dengan tagline halal, segar dan bercitarasa, Sobat Halal di Yogyakarta sudah pasti familiar dengan restoran Manado yang satu ini. Selain tempatnya yang homey, Dapur Manado menawarkan banyak pilihan dari makanan utama hingga snack tradisional Manado.

Hingga saat ini kue cucur, klapertaart, pisang goreng roa, bubur manado, masakan cakalang dengan varian woku dan rica masih menjadi favorit para pelanggan.

3. Paparon Masakan Manado, Semarang

via instagram @explorekulinersmg

Berada tepat di Pujasera Gajah Mada Semarang, Paparon Masakan Manado menawarkan anek pampies pedas dalam kemasam botol, mie, nasi campur, woku, dan menu serba Ikan Cakalang lainnya.

Meskipun masakan Manado khas dengan rasa pedas yang kuat, Sobat Halal tidak perlu khawatir. Paparon juga menawarkan menu dengan rasa tidak pedas dan pedas yang moderat.

4.  La Ninas Kitchen, Medan

via instagram @laninaskitchen

Sobat Halal yang berada di Medan tidak perlu khawatir! Meskipun posisi Medan dan Manado jauh, La Ninas Kitchen yang mengusung tagline “HALAL, NO MSG” siap menghadirkan cita rasa masakan khas Manado di Kota Medan.

Pisang goreng roa, cumi woku, nasi kuning, bubur manado, mie cakalang, pampies cakalang, dan klapertaart adalah menu-menu yang wajib dicoba!

5. Warong Sombar, Bandung

via instagram @warongsombar

Nah bagi Sobat Halal yang tinggal atau sedang liburan di Bandung, Warong Sombar adalah pilihan restoran yang menyajikan masakan tradisional Manado dengan gaya modern – minimalis yang dipadukan dengan konsep Grab and Go. Restoran ini sudah berdiri sejak akhir tahun 2015

Ada banyak hidangan otentik seperti Roa, Cakalang, Ayam Woku, Ayam Dabu – Dabu, Bakwan Jagung, Bubur Manado, Sup Brenebon, Nasi Kuning Manado, Mie Kuah Cakalang, serta beberapa minuman khas Manado. Lokasinya ada di depan Universitas Katolik Parahyangan, di kawasan Ciumbuleuit.

Dikutip dari laman facebooknya, Warung Sombar menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan di DM, whatsapp, atau yang sedang berkunjung ke warung, “Sombar Halal ga yah?”.

Jawaban mereka: “Yes, kita halal. Dari awal memang kita pengennya jual makanan halal, makanya semua bahan baku menunya pake bahan-bahan ikan, sapi, ayam dan sayuran yang bisa dibeli di pasar. Mungkin karena kita ga pernah gembar gemborin makanya jadi masih ada yang ga tau dan bingung. Semoga yang baca postingan ini jadi bisa kasih tau temen-temennya kalo Sombar tuh halal yah

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Masakan Manado Halal
[Total: 4 Rata-rata: 4.3]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar