Setiap daerah pasti memiliki ragam kuliner yang khas dan menarik untuk dicoba. Seperti halnya Banda Aceh, kota yang dulunya dikenal sebagai Kutaraja dan terdiri dari berbagai macam suku ini memiliki ragam kuliner autentik yang melegenda.

Konon, pelanggannya tidak hanya turis domestik saja, melainkan juga terkenal di kalangan turis mancanegara. Penasaran?! Berikut adalah kuliner legendaris yang wajib Sobat Halal cicipi saat berkunjung ke Negeri Serambi Mekkah!

1. Ayam Pramugari

Konon dinamai Ayam Pramugari lantaran dulunya sering didapati rombongan pramugari yang makan di rumah makan ini. Sobat Halal bisa langsung menikmati makanan ini setelah keluar dari bandara menuju Banda Aceh.

Ayamnya empuk dan gurih, uniknya, ayam goreng ini ditaburi daun kari muda yang sudah digoreng hingga krispi. Rasanya luar biasa nikmat, bikin ketagihan deh!

Instagram @ayam_pramugari
RM Aditya Jaya (Ayam Pramugari)

GCF8+RJC, Jl. Blangbintang Lama, Bueng Bakjok, Kec. Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 24415

2. Daus Nasi Goreng Khas Aceh

Daus Nasi Goreng Khas Aceh Peunayong merupakan nasi goreng khas Aceh yang melegenda. Warungnya selalu sibuk dan dipadati pengunjung, nasi goreng dengan cita rasa khas Aceh ini punya banyak penggemar dari berbagai kalangan.

Sobat Halal wajib banget coba nasi goreng original, kampung dan kambing di tempat ini, yang jelas rasanya berbeda dari nasi goreng yang lain deh!

Instagram @daus.1970
Daus Nasi Goreng Khas Aceh Peunayong

Jl. T. Panglima Polem No.87-89, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 24415

3. Mie Razali

Bersebelahan dengan Nasi Goreng Daus, Mie Razali tak kalah sibuk dan padat loh! Warung ini menjual mie Aceh dengan rasa autentik yang lezat, menu andalannya adalah mie kepiting. Selain itu, warung ini juga menawarkan homemade puding dengan rasa yang istimewa.

Kredit: Instagram @bhamdani
Mie RAZALI

Jl. T. Panglima Polem No.81, Peunayong, Kusalam, Kota Banda Aceh, Aceh 23121

4. Sate Matang D’Wan

Sate Matang merupakan kuliner legendaris yang berasal dari daerah Matang, Aceh. Sate Matang merupakan sate daging sapi yang disajikan bersama bumbu kacang atau kecap dan didampingi kuah kaldu yang lezat. Yummy!

Kredit: FourSquare @TeukuRizki
Sate Matang D'Wan

G8WP+222, Blang Cut, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23127

5. Bu Si Itek Bireuen

Kebayang gak sih makan bebek yang dimasak kari? Di Aceh, Sobat Halal dapat menemukan masakan unik ini dengan rasa yang sangat memuaskan. Rempahnya nendang!

Facebook: Bu Si Itek Bireuen Ustadz Heri
Bu Sie Itek Bireuen Ustadz Heri

G8Q5+GGG, Geuceu Kayee Jato, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23232
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk kuliner legendaris Banda Aceh
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar