Ilustrasi foto oleh Clint Bustrillos [via unsplash]

Manado. Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran saat mendengar nama kota yang berada di Provinsi Sulawesi Utara itu disebut? Sudah menjadi rahasia umum bahwa keindahan alam dan ragam kuliner ekstrim kerap jadi perhatian baik turis domesik mau pun mancanegara. Namun, Sobat Halal masih punya banyak pilihan makanan khas lain yang sehat dan halal, juga pastinya tidak kalah nikmat. Ayo kita bahas satu per satu!

1. Pisang Goroho

Pisang Goroho [via craftlog.com]
Makan pisang pakai sambal? What?! Kebiasaan ini tidak begitu familiar, tapi di Manado, Sobat Halal bisa menikmati pisang hasil persilangan antara Pisang Musa Balbisiana dan Musa Acuminata. Persilangan keduanya yang dikenal sebagai Pisang Goroho. Pisang yang dipilih biasanya yang belum cukup matang sehingga bertekstur keras, kemudian diiris dan digoreng dengan minyak panas sehingga menghasilkan keripik pisang yang renyah dan gurih.

Menu Pisang Goroho bisa Sobat Halal temukan di setiap warung makan atau kedai kopi bahkan hampir di setiap restoran, disajikan dengan Sambal Sagela atau Sambal Ikan Roa Khas Manado. Sobat Halal bisa menikmati makanan ini hanya dengan merogoh kocek kisaran Rp 10.000 – Rp 15.000 saja, mantap kan?

2. Rahang Tuna Bakar Rica

Rahang Tuna Bakar [via FB Ikan Bakar Roong]
Makan Ikan Tuna sudah biasa, kan? Rahang Tuna Bakar merupakan salah satu menu istimewa dan unik, pecinta pedas wajib banget mencicipi masakan satu ini. Rahang Tuna Bakar dimasak di atas sabut kelapa, disajikan dengan beberapa pilihan sambal dan yang paling sering ditemui adalah sambal rica khas Manado.

Rasa gurih dan asin rahang tuna bakar terasa sempurna dengan perasan jeruk limao serta sambal. Sobat Halal bisa menemukan menu ini hampir di setiap warung dan restoran. Harganya pun tidak begitu mahal, yakni berkisar antara Rp 30.000 – Rp 50.000.

3. Ikan Woku

Ikan Woku Bumbu Kuning [via youtube]
Sajian Ikan Bumbu Kuning selalu mengingatkan kita dengan kesegaran dan kekayaan laut Indonesia. Jika Ikan Kuah Kuning memberikan rasa segar dan gurih, maka Ikan Woku adalah masakan cita rasa segar, asam, pedas, gurih dan harum karena dalam pembuatannya melibatkan berbagai macam jenis rempah.

Untuk menikmati menu satu ini, Sobat Halal perlu merogoh Rp 60.000 atau lebih untuk masakan ini, meski pun demikian rasa dan porsinya dijamin akan membhat Sobat Halal benar-benar puas!

4. Klappertaart

Foto oleh Rinaldi Munir

Kalau yang satu ini, Sobat Halal pasti sudah familiar kan? Klappertaart adalah camilan yang dipengaruhi oleh cita rasa Belanda dengan bahan utama kelapa. Klappertaart yang disajikan secara dingin dapat menjadi penyejuk Sobat Halal setelah seharian berpetualang di bawah sinar matahari.

Ada beberapa varian rasa dan ukuran yang ditawarkan kepada para pelancong dengan harga berkisar dari Rp 15.000 – Rp 200.000. Selain itu, Sobat Halal bisa membawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh loh!

Namun untuk penganan yang satu ini Sobat Halal harus pastikan dulu Klappertaart-nya tidak mengandung rhum ya. Beberapa merek atau toko menjual Klappertaart yang tanpa rhum dan bahkan ada juga yang sudah memiliki sertifikat halal dari MUI.

5. Mie Cakalang

Mie Cakalang [foto infowisataku.com via Viva]
Sobat Halal, Mie Cakalang Khas Manado, tidak kalah nikmat loh! Makan mie bertabur suwiran Ikan Cakalang juga luar biasa nikmat, rasa gurih dan asinnya Manado sekali. Harganya berkisar Rp 15.000 – Rp 25.000 dan kalau Sobat Halal beruntung, kadang di warungnya disediakan Pampis. Pampis adalah olahan suwiran Ikan Cakalang yang dibumbu pedas, bisa dijadikan extra topping sesuai selera.

6. Ikan Tude

Ikan Tude Rica-rica [foto: Gunawan Kartapranata via Wikipedia]
Masakan satu ini juga merupakan menu andalan di Manado, yaitu Ikan Tude bakar atau goreng. Namanya diambil dari Bahasa Inggris ‘today’ yang artinya ‘hari ini’, jadi Ikan Tude adalah menu sehari-hari masyarakat Manado. Ikan Tude adalah Ikan Kembung, Sobat Halal bisa menikmati ikan bakar atau goreng ini bersama sambal dabu-dabu yang segar dan menyengat. Dengan merogoh kocek Rp 30.000 – Rp 40.000, Sobat Halal sudah bisa menyantap sajian Ikan Tude ini dengan nasi hangat dengan nikmat.

Duh, bahas soal  makanan jadi lapar ya Sobat Halal. Jadi, jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan di atas kalau Sobat Halal saat di Manado ya. Salam kuliner!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar