Ilustrasi: Dave Weatherall via unsplash

Tampilan dan bau boleh tajam, tapi buahnya sangat lembut di dalam. Itulah durian atau duren yang digilai banyak kalangan dan dijuluki buah surga. Di Indonesia, buah aromatik dengan cita rasa yang khas dan bikin nagih ini ternyata bisa jadi berbagai macam olahan tradisional di beberapa daerah.

Wah, kira-kira sudah Sobat Halal coba belum? Coba cek olahan tradisional dari durian mana saja yang sudah Sobat Halal coba?

1. Lempok Duren

instagram.com/mangdin679_pusat

Lempok atau lempuk atau dodol durian ini merupakan olahan durian yang berasal dari Pekanbaru dan sekitarnya. Biasanya lempok dibuat dari daging buah durian yang sudah terlalu matang dan dipanaskan bersama gula merah dan sedikit garam.

Untuk membuatnya, adonan diaduk terus-menerus hingga tercampur merata dan kadar air dari durian menyusut, kemudian dicetak dan didinginkan. Lempok siap dinikmati!

2. Serabi Saus Kinca Durian

instagram.com/cahayamentarry

Serabi saus kinca durian merupakan olahan durian tradisional dari Jawa Barat. Saus kinca durian ini terbuat dari santan, daging durian dan gula pasir yang diaduk dan dipanaskan hingga agak mengental. Saus kinca durian ini dimakan bersama kue serabi, hmmm yummy!

3. Ketan Durian

instagram.com/hellyz_kitchen

Yang satu ini populer di Palembang, Padang juga Pekanbaru. Makanan yang terbuat dari ketan putih kukus dan siraman vla rasa durian ini lezatnya bukan main. Vla durian ini terbuat dari daging buah durian tanpa bijia yang dimasak bersama maizena, gula, garam dan santan murni. Aromanya sangat menggelitik saat ditambahkan daun pandan di dalamnya.

4. Sambal Tempoyak

instagram.com/sambaltempoyakpokman

Sambal durian atau populer dengan julukan sambal tempoyak ini merupakan olahan durian yang populer di Sumatera Selatan. Sambal tempoyak tergolong unik terbuat dari tumisan ikan bilis atau teri, bawang merah, bawang putih, cabe dan petai yang dicampur dengan tempoyak, yakni olahan durian yang terbuat melalui proses fermentasi. Rasanya nikmat saat dimakan bersama nasi hangat!

5. Karipap Durian

instagram.com/simpleeeat

Karipap durian sangat populer di Siak, Riau. Pada dasarnya, karipap durian ini adalah pastel dengan kulit crunchy berlapis-lapis yang diisi dengan olahan daging durian yang manis, gurih dan meleleh. Sekali gigit, auto ketagihan.

6. Bolu Kemojo Durian

instagram.com/dapur_alifdifa

Bolu kemojo adalah warisan nenek moyang khas Melayu, dinamakan kemojo yang diambil dari bunga kamboja lantara bentuk bolunya menyerupai buah kamboja. Sobat Halal bisa jumpai bolu ini di Pekanbaru dan sekitarnya.

7. Ketan Talam Durian

instagram.com/ketan.talam.durian_omrum

Kue talam memang beken di seantero Sumatera, tapi talam durian ini sangat populer di Riau dan sekitarnya. Teksturnya yang lembut dan sticky dijamin legit dan nagih loh!

8. Katan Durian

instagram.com/davidvanjamber

Di Sumatera Barat, warga biasa menyantap durian segar dengan ketan atau katan dalam Bahasa Minang. Ketan, baik ketan putih maupun ketan hitam, disajikan panas-panas dengan parutan kelapa lalu disantap bersama dengan durian. Rasa gurih dari ketan kelapa panas berpadu dengan rasa khas durian dijamin memberikan sensasi tersendiri.

Sajian katan durian sangat mudah ditemukan di kedai-kedai tepi jalan sepanjang jalur lalu lintas Padang-Bukittinggi terutama di daerah Kayu Tanam, Padang Pariaman. Para pedagang katan durian banyak berjualan di sini, terutama saat musim durian tiba.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk aneka makanan durian
[Total: 8 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar