Tidak susah bagi Sobat Halal untuk mendapatkan sate di Indonesia, sebab Indonesia adalah gudangnya sate bukan? Meski pun demikian, wajib banget nih nyobain macam-macam sate di Indonesia yang punya cita rasa unik dan khas. Jadi pengen, yuk cobain satu per satu!

1. Sate Kere

Sate Kere Tempe Gembus (dithahikaru via cookpad.com)

Sate Kere berasal dari Solo, bahan utamanya adalah tempe gembus. Meskipun demikian, saat dimakan rasanya senikmat sate yang lain. Kini sate kere juga tersedia dalam varian usus, hati dan daging juga loh!

2. Sate Makassar

Sate Makassar (instagram.com/sate_makassar_pak_haji_jk)

Unik tapi nikmat. Sate dari Sulawesi Selatan ini berbahan utama jeroan atau daging sapi maupun kambing. Bumbunya terbuat dari campuran belimbing, sehingga rasanya asam dan pedas.

3. Sate Buntel

Sate Buntel (instagram.com/djuragantengkleng)

Sate Buntel berasal dari Solo. Sate ini terbuat dari cincangan daging sapi yang dipanggang bersama bumbu spesial khas Solo.

4. Sate Maranggi

Sate Maranggi (instagram.com/satemaranggi_sn4444)

Yang satu ini merupakan primadona Tanah Sunda. Bahan utamanya adalah daging sapi yang diolah bersama kecombrang dan terung ketan. Teksturnya empuk dan kerap dimakan sambel kecap atau oncom.

5. Sate Lilit/Pusut

Sate Pusut (instagram.com/inaq_itok)

Sate Lilit atau Pusut merupakan sate yang terbuat dari gilingan dagimg sapi, ikan, ayam atau kambing yang dibumbui dengan rempah khas Bali-Lombok yang diolah bersama parutan buah kelapa.

6. Sate Ambal

Sate Ambal (instagram.com/sateambal.h.kasman)

Sate Ambal merupakan sate khas Kebumen, Jawa Tengah. Bahan utamanya bisa ayam atau sapi. Bumbunya terbuat dari perpaduan rempah, cabe dan bubuk tempe loh. Unik ya!?

7. Sate Ponorogo

Sate Ponorogo (instagram.com/sateponorogopakbimo)

Seperti kebanyakan sate ayam lainnya, Sate Ponorogo terbuat dari ayam dengan siraman bumbu kacang. Namun demikian, daging ayam pada Sate Ponorogo diiris pipih dan dibumbui bacem sebelum dipanggang dan disiram bumbu kacang special khas Ponorogo yang terkenal legit sekaligus lembut.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk aneka sate khas Indonesia
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar