Night Market Toronto halal food tour (instagram @hsb.visualz)

Mencari makanan halal di luar negeri, khususnya di negara dengan mayoritas penduduknya bukan muslim mungkin relatif sulit. Namun, dilansir dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), setiap tahunnya akan terjadi peningkatan penduduk muslim dunia sehingga permintaan terhadap produk-produk halal juga cenderung meningkat.

Hal tersebut diperkuat oleh laporan dari State of The Global Islamic, bahwa sejak tahun 2019 tingkat konsumsi produk halal bertambah, yakni mencapai USD 2,2 triliun. Meskipun sempat menurun pada tahun 2020, namun pada tahun 2021 diperkirakan akan naik hingga mencapai 6,3% setiap tahunnya.

Kesempatan ini pun diambil untuk memperkenalkan halal lifestyle ke masyarakat dunia. Salah satunya melalui festival makanan halal yang diadakan di beberapa negara. Selain jadi ajang untuk memperkenalkan makanan halal, di beberapa negara festival ini juga dirayakan sebagai bentuk solidaritas dan ajakan untuk hidup penuh kesadaran di tengah-tengah perbedaan.

Kita telusuri satu per satu yuk, kira-kira festival makanan halalnya seperti apa ya?

1. London Halal Food Festival

Festival makanan halal yang satu ini sebelumnya sudah pernah diadakan di Leicester dan Manchester. Setelah sempat ditunda karena alasan keamanan dan keselamatan, festival ini akan kembali menyemarakkan London pada bulan September mendatang.

instagram @londonhalalfoodfestival

Akan ada banyak halal food stall yang menyambut Sobat Halal dalam acara ini, dari burger, cake, kue kering, roti, makanan asing yang eksotik, appetizer, dessert hingga jenis makanan lain siap disantap di tempat ini.

Untuk dapat mengikuti festival ini, Sobat Halal diwajibkan membeli tiket festival. Tiketnya bisa dibeli secara online juga loh melalui website londonhalalfoodfestival.com.

2. Night Market Toronto, Kanada

Night Market Toronto merupakan festival makanan halal yang berangkat dari semangat keberagaman. Selain bentuk apresiasi, festival ini juga sebagai bentuk perayaan suka cita atas terciptanya kerukunan di tengah-tengah masyarakat dengan latar belakang yang berbeda-beda sekaligus merupakan bentuk dukungan nyata terhadap bisnis makanan halal lokal.

instagram @nightmarket.to

Festival ini sudah berlangsung sejak tahun 2021 dan kembali dimeriahkan pada tanggal 17-19 Juni 2022. Pada festival kali ini, banyak organisasi besar yang bekerjasama seperti Ajax, Mississauga Tourism, Knorr, Halal Meals, Metalworks, Islamic Relief, Human Concern International dan masih banyak lainnya.

3. Malaysia Thai Halal Food Festival

Festival makanan thailand serba halal di Malaysia ini juga dikenal sebagai MATHAF dan diadakan sejak tahun 2018.

instagram @edayusolehah

Selain tempatnya kerap berpindah-pindah, Sobat Halal tidak akan dibikin bosan dengan ratusan pilihan street food khas Thailand yang menarik dan eksotis. Manis, asam, asin dan pedas serta live cooking adalah ciri khasnya, seru kan!?

4. Thaicung Halal Food Festival, Taiwan

Di Taiwan, terdapat sebuah masjid yang terkenal sangat indah dan sering menjadi tempat berkumpul para TKI setiap ahad. Perkumpulan untuk menjalin silaturahmi tersebut kemudian dikenal sebagai Taichung Halal Food Festival.

Festival ini telah berlangsung sebanyak 15 kali dan diramaikan oleh para TKI yang tergabung dalam Ikatan Muslim Indonesia Taiwan (IMIT). Selain didominasi masakan nusantara seperti soto, rawon, rendang, urap, brongkos dan jajanan tradisional khas pasar Indonesia.

Sobat Halal akan menemukan masakan-masakan otentik dari Taiwan, Pakistan, India, Malaysia, Thailand dan negara di Asia Tenggara lainnya. Selain itu, live cooking di festival ini sangat atraktif dan dilengkapi dengan presentasi dari masing-masing koki. Wow, seru ya!?

5. I Heart Halal Festival, Chicago

I Heart Halal Festival merupakan event yang diselenggarakan untuk berbagi kasih sayang dan menumbuhkan kesadaran dalam hidup berdampingan di tengah-tengah perbedaan. Yang membuat festival ini menjadi sangat menarik dan mengesankan adalah, selain memperkenalkan makanan halal, festival ini juga ingin memperkenalkan halal sebagai konsep atau gaya hidup

instagram @ihearthalal

.

Tidak terbatas pada makanan atau minuman saja, tetapi juga termasuk mode, hiburan, kesehatan dan travelling. Konsep atau gaya hidup halal ini tidak terbatas hanya pada muslim saja, tetapi siapa pun dapat melakukannya.

instagram @ihearthalal

Jadi jangan kaget jika acara ini mampu mengundang ribuan pengunjung dari berbagai belahan dunia. Selain dimeriahkan oleh tenant-tenant besar yang menawarkan material atau produk serba halal dengan harga dan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Festival ini kerap dihadiri tokoh-tokoh penting loh, bahkan Islamic Food and Nutrition Council of America dan American Civil Liverties Union turut berpartisipasi dalam festival ini.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Halal Food Festival
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar