Ilustrasi: João Rabelo via pexels

Siapa sih yang tidak suka ayam goreng? Ayam goreng yang dimakan bersama nasi hangat, sambal dan kerupuk bisa jadi comfort food bagi Sobat Halal penyuka masakan berbahan ayam.

Nah, ternyata masakan ayam goreng di Indonesia punya banyak varian loh. Yuk cari tahu, siapa tahu ada yang belum pernah Sobat Halal coba!

1. Ayam Goreng Kalasan

Instagram.com/ayamgorengkalasanbuanik

Ayam Goreng Kalasan ini banyak Sobat Halal jumpai di sekitar Jogja hingga perjalanan ke Solo. Ciri khasnya adalah bumbu kaya rasa yang meresap, tekstur yang empuk dan hasil gorengan yang tidak begitu garing.

2. Ayam Goreng Lengkuas

Instagram.com/ayam_gorenglengkuasmboksri

Ayam Goreng Lengkuas adalah ayam goreng khas Sunda. Ciri khasnya adalah taburan parutan lengkuas yang diungkep bersama ayam dan bumbu,  diperas sebelum digoreng bersama ayam hingga matang. Rasanya gurih dan memberikan sensasi crunchy berserat.

3. Ayam Goreng Paniki

Kredit: ksmtour.com

Ayam Goreng Paniki adalah ayam goreng khas Manado. Sebelum digoreng bersama daun pandan dan daun jeruk, ayam paniki dibumbui dan dimasak bersama santan. Rasanya jangan ditanya, gurih banget dan sangat aromatik. Yummy!

4. Ayam Goreng Serundeng

instagram.com/sukaayamgs-serundeng

Ayam Goreng Serundeng adalah primadonanya Ciamis. Ayam khas Ciamis ini ciri khasnya adalah taburan serundeng atau abon terekel yang terbuat dari parutan kelapa yang dibumbui rempah khas daerah yang kemudian disangrai atau digoreng hingga berwarna emas kecoklatan.

5. Ayam Goreng Kremes

instagram.com/ayamgorengkremesnyahetty

Ayam Kremes, begitu kita mengenalnya. Pada umumnya ayam goreng kremes adalah ayam goreng biasa. Namun, ciri khasnya adalah keberadaan kremesan yang terbuat dari air rebusan kaldu ayam bersama bumbu ungkep yang dicampur santan, telur, tepung dan baking soda. Uniknya, agar mendapat tekstur crunchy dan menyerupai sarang burung atau jala, adonan kremesan tersebut harus dituang dari ketinggian tertentu secara perlahan ke dalam wajan berisi minyak panas.

6. Ayam Goreng Bawang

Instagram.com/barestocafe

Ayam Goreng Bawang Putih ini berasal dari Kota Batam. Meski pun memiliki rasa yang hampir sama dengan ayam goreng pada umumnya, ayam khas Batam ini digoreng bersama bawang putih yang belum dikupas. Sobat Halal wajib coba ayam aromatik dengan tambahan bawang putih matang yang kuat.

7. Ayam Goreng Terasi

Kredit foto: Michico Octavian via cookpad.com

Ayam Goreng Terasi merupakan ayam goreng nusantara yang diadaptasi dari ayam krispi yang berasal dari budaya barat. Namun, ayam krispi khas nusantara ini memiliki ciri khas istimewa dengan kehadiran terasi dalam proses memasaknya. Ayam yang telah dimarinasi dibalur tepung yang telah dibumbui dengan terasi lalu digoreng, hmmm, hasilnya adalah ayam goreng yang sangat tasty!

8. Ayam Goreng Jahe

instagram.com/choco.chicky.moms

Ayam Goreng Jahe adalah ayam goreng yang tak kalah aromatik dari ayam goreng lengkuas dan paniki. Sebab selain digoreng bersama jahe, ayam ini juga diolah dengan minyak wijen yang memiliki aroma serta rasa yang sangat khas.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk aneka ayam goreng khas Indonesia
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar