Bicara soal makanan khas Timur Tengah, pasti auto-teringat Kebab ya, Sobat Halal. Kebab memang sudah banyak dan mudah kita jumpai di gerai-gerai jajanan di seantero Nusantara. Tapi ternyata selain Kebab, masih banyak makanan khas Timur Tengah yang rasanya tak kalah enak loh.

Memang menemukannya tidak akan semudah menemukan Kebab, tapi beberapa makanan ini boleh jadi catatan Sobat Halal, siapa tahu kapan-kapan kita menemukan menu ini di tempat makan yang kita kunjungi.

Yuk kita cek ombak dulu, apa saja itu.

1. Kofta

Salah satu variasi Kofta (foto via dinnerthendessert.com}

Merupakan olahan yang terbuat dari daging domba, sapi atau ayam yang dicampur dengan rempah-rempah dan dibentuk bulat-bulat menyerupai bakso. Lalu digoreng dan biasa disajikan bersama kuah rempah pedas khas Timur Tengah.

Kofta termasuk keluarga hidangan bakso atau daging cincang  yang kemudian dibentuk dalam berbagai variasi, namun dalam bentuk yang paling umum adalah berbentuk bola (bakso), dan silinder. Ukuran biasanya bervariasi dari sebesar bola golf hingga seukuran jeruk.

2. Tabouleh

Tabouleh (foto via cookidoo.com.cn)

Yang satu ini merupakan salad khas Timur Tengah yang berupa perpaduan sayur-mayur, daun mint, parsley, tomat, bawang merah, dibumbui dengan minyak zaitun, perasan lemon, dan garam.

Makanan yang satu ini sudah pasti sangat menyehatkan, tapi sekaligus sangat menyegarkan. Baluran minyak zaitun, perasan lemon dan daun mint memberikan aroma khas yang bukan hanya enak di lidah, tapi juga di hidung dan mata. Sangat cocok untuk menemani makanan dengan hidangan daging atau kari karena bisa menetralisir rasa lemak yang tertinggal di mulut.

3. Muttabaq

muttabaq
Muttabaq (foto via twitter @StonedOnQat)

Makanan yang satu ini rasanya gurih dan pedas. Konon martabak yang kita kenal di Indonesia ini aslinya dari dari Muttabaq yang disesuaikan dengan ejaan Bahasa Indonesia. Meski sulit untuk melacak dari mana aslinya makanan yang satu ini, beberapa menyebutkan akar makanan ini berasal dari Yaman.

Muttabaq terbuat dari adonan kulit dari terigu yang diisi daging, telur, tomat, bawang bombay, dan jalapeno. Mirip martabak telur yang kita kenal kan?

4. Manakeesh

Manakeesh (foto instagram @littlearabiadistrict)

Manakeesh adalah pizzanya Timur Tengah, Sobat Halal. Meski pun toppingnya tidak jauh berbeda dengan pizza pada umumnya yang berbahan cacahan daging, tomat dan keju, Manakeesh memiliki bumbu khas Timur Tengah yang tidak bisa dijumpai di tempat lain loh!

5. Yughmish

(foto twitter @saudiarabia)

Yughmish adalah roti yang dibuat melalui proses fermentasi dan memiliki isian daging yang juicy. Yughmish memiliki rasa amat gurih dan mudah dicerna, sehingga kerap menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa.

6. Luqaimat

Luqaimat (foto instagram @kundanikadkuloo)

Makanan ini bentuknya nyaris seperti onde-onde kecil dengan taburan wijen. Luqaimat memiliki tekstur renyah di luar, lembut di dalam. Pada umumnya, makanan ini menjadi populer saat Bulan Ramadhan. Rasanya manis dan gurih seperti donat.

7. Baleela

Baleela (foto instagram @love_english_with_haneen)

Baleela atau Balila ini terbuat dari rebusan kacang polong Arab atau chickpeas yang direbus bersama direbus dengan bawang putih dan berbagai bumbu rempah. Lalu diberi minyak zaitun dan perasan jeruk lemon.

Aslinya makanan ini dari Lebanon, tapi menjadi kudapan sangat populer di Saudi Arabia. Di Riyadh Ibu Kota Saudi Arabia, Baleela bisa ditemui mulai dari jajanan street food sampai restoran mewah

Meskipun cara memasaknya relatif sederhana, Baleela banyak disukai karena rasa dan teksturnya yang lembut dan rasanya yang kaya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar