Share artikel ini:


Bicara soal makanan khas Timur Tengah, pasti auto-teringat Kebab ya, Sobat Halal. Kebab memang sudah banyak dan mudah kita jumpai di gerai-gerai jajanan di seantero Nusantara. Tapi ternyata selain Kebab, masih banyak makanan khas Timur Tengah yang rasanya tak kalah enak loh.

Memang menemukannya tidak akan semudah menemukan Kebab, tapi beberapa makanan ini boleh jadi catatan Sobat Halal, siapa tahu kapan-kapan kita menemukan menu ini di tempat makan yang kita kunjungi.

Yuk kita cek ombak dulu, apa saja itu.

1. Kofta

Salah satu variasi Kofta (foto via dinnerthendessert.com}

Merupakan olahan yang terbuat dari daging domba, sapi atau ayam yang dicampur dengan rempah-rempah dan dibentuk bulat-bulat menyerupai bakso. Lalu digoreng dan biasa disajikan bersama kuah rempah pedas khas Timur Tengah.

Kofta termasuk keluarga hidangan bakso atau daging cincang  yang kemudian dibentuk dalam berbagai variasi, namun dalam bentuk yang paling umum adalah berbentuk bola (bakso), dan silinder. Ukuran biasanya bervariasi dari sebesar bola golf hingga seukuran jeruk.

2. Tabouleh

Tabouleh (foto via cookidoo.com.cn)

Yang satu ini merupakan salad khas Timur Tengah yang berupa perpaduan sayur-mayur, daun mint, parsley, tomat, bawang merah, dibumbui dengan minyak zaitun, perasan lemon, dan garam.

Makanan yang satu ini sudah pasti sangat menyehatkan, tapi sekaligus sangat menyegarkan. Baluran minyak zaitun, perasan lemon dan daun mint memberikan aroma khas yang bukan hanya enak di lidah, tapi juga di hidung dan mata. Sangat cocok untuk menemani makanan dengan hidangan daging atau kari karena bisa menetralisir rasa lemak yang tertinggal di mulut.

3. Muttabaq

muttabaq
Muttabaq (foto via twitter @StonedOnQat)

Makanan yang satu ini rasanya gurih dan pedas. Konon martabak yang kita kenal di Indonesia ini aslinya dari dari Muttabaq yang disesuaikan dengan ejaan Bahasa Indonesia. Meski sulit untuk melacak dari mana aslinya makanan yang satu ini, beberapa menyebutkan akar makanan ini berasal dari Yaman.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar