Share artikel ini:


Di Indonesia, perayaan kemerdekaan 17 Agustus kerap diisi dengan upacara bendera, pawai, perlombaan, senam bersama, festival dan berbagai acara lain yang bertema kemerdekaan.

Namun, tahukah Sobat Halal bahwa di Indonesia ada beberapa makanan yang identik dengan hari kemerdekaan dan menjadi tradisi? Yuk kita cari tahu bersama!

1. Telok

Kredit: instagram @phi_phit_handbag

Telok adalah kue tradisional khas Palembang dengan bahan dasar telur bebek yang disajikan dalam cangkang telur bebek. Telok dibuat dengan cara meluangi telur bebek lalu dicampur dengan santan kental, garam, kapus sirih dan jus pandan. Makanan ini hanya dijual di bulan Agustus.

Menjelang hari kemerdekaan, pedagang telur akan bermunculan di sepanjang jalan dan menjajakan telok pindang (sejenis semur), telok abang (telur rebus yang diwarnai merah, dan telok ukan (telur rebus gurih asin yang diberi santan).

2. Bubur Merah Putih

Kredit: instagram @dapur_nadanna

Bubur ini kerap disebut bubur abang-putih dan terbuat dari beras ketan. Warna merahnya didapat dari gula jawa, sedangkan putihnya didapat dari campuran kelapa. Rasanya merupakan perpaduan gurih dan manis, yummy!

3. Kerupuk

Kredit: instagram @gyp2.smg

Selain menjadi lauk tambahan untuk makan nasi, kerupuk juga menjadi ikon hari kemerdekaan karena sering muncul dalam perlombaan.

4. Klepon

Kredit: instagram @kleponinaja

Makanan yang terbuat dari tepung beras dengan isian gula jawa dan taburan parutan kelapa ini biasanya berwarna hijau. Namun, menjelang kemerdekaan klepon berwarna merah dengan taburan kelapa putih banyak ditemukan loh!

5. Nasi Tumpeng

Kredit: instagram @ditaanggreiny

Biasanya tumpeng berwarna kuning, tetapi di hari kemerdekaan nasi berbentuk kerucut yang disusun ditampah bersama lauk pauk ini disulap menjadi berwarna merah dan putih loh!

6. Nasi Tiwul

Kredit: instagram @nasitiwulberkah58
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Makanan Nusantara Khas Hari Kemerdekaan Indonesia
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar