Di Indonesia, perayaan kemerdekaan 17 Agustus kerap diisi dengan upacara bendera, pawai, perlombaan, senam bersama, festival dan berbagai acara lain yang bertema kemerdekaan.

Namun, tahukah Sobat Halal bahwa di Indonesia ada beberapa makanan yang identik dengan hari kemerdekaan dan menjadi tradisi? Yuk kita cari tahu bersama!

1. Telok

Kredit: instagram @phi_phit_handbag

Telok adalah kue tradisional khas Palembang dengan bahan dasar telur bebek yang disajikan dalam cangkang telur bebek. Telok dibuat dengan cara meluangi telur bebek lalu dicampur dengan santan kental, garam, kapus sirih dan jus pandan. Makanan ini hanya dijual di bulan Agustus.

Menjelang hari kemerdekaan, pedagang telur akan bermunculan di sepanjang jalan dan menjajakan telok pindang (sejenis semur), telok abang (telur rebus yang diwarnai merah, dan telok ukan (telur rebus gurih asin yang diberi santan).

2. Bubur Merah Putih

Kredit: instagram @dapur_nadanna

Bubur ini kerap disebut bubur abang-putih dan terbuat dari beras ketan. Warna merahnya didapat dari gula jawa, sedangkan putihnya didapat dari campuran kelapa. Rasanya merupakan perpaduan gurih dan manis, yummy!

3. Kerupuk

Kredit: instagram @gyp2.smg

Selain menjadi lauk tambahan untuk makan nasi, kerupuk juga menjadi ikon hari kemerdekaan karena sering muncul dalam perlombaan.

4. Klepon

Kredit: instagram @kleponinaja

Makanan yang terbuat dari tepung beras dengan isian gula jawa dan taburan parutan kelapa ini biasanya berwarna hijau. Namun, menjelang kemerdekaan klepon berwarna merah dengan taburan kelapa putih banyak ditemukan loh!

5. Nasi Tumpeng

Kredit: instagram @ditaanggreiny

Biasanya tumpeng berwarna kuning, tetapi di hari kemerdekaan nasi berbentuk kerucut yang disusun ditampah bersama lauk pauk ini disulap menjadi berwarna merah dan putih loh!

6. Nasi Tiwul

Kredit: instagram @nasitiwulberkah58

Nasi tiwul merupakan nasi yang terbuat dari singkong yang dihancurkan. Konon nasi ini merupakan simbol perjuangan rakyat Indonesia melawan kemiskinan pada masa penjajahan.

7. Ayam Goreng Paniki

Kredit: ksmtour.com

Terbuat dari ayam kampung dan bumbu rempah Manado yang dahsyat, ayam goreng paniki merupakan makanan khas Manado yang banyak ditemukan saat pesta kemerdekaan Indonesia.

8. Nasi Tutug Oncom

Kredit: instagram @nasi_tutug_oncom_jasun

Masakan khas Sunda ini adalah masakan aromatik yang kerap disajikan dalam pesta atau perayaan kemerdekaan Indonesia.

9. Bandros

Kredit: mamang.id

Bandros adalah kue yang terbuat dari campuran tepung beras, santan dan taburan kelapa parut. Rasanya gurih loh!

10. Carabikang

Kredit: instagram @carabikang_ny.yu

Carabikang merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dan gula, rasanya manis dan seperti serabi. Biasanya kue khas Jawa Tengah ini berbentuk seperti bunga mekar yang indah dan berwarna merah-putih.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Makanan Nusantara Khas Hari Kemerdekaan Indonesia
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar