Bagikan artikel ini

Kuliner selalu menjadi hal menarik yang seru untuk dibahas. Apalagi seiring berjalannya waktu, corak dalam dunia kuliner semakin semarak dengan bertambahnya menu kreasi dari berbagai negeri dan inovasi yang tiada henti.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak menghalangi makanan kuno untuk tetap eksis di era millennial ini. Konon, beberapa diantara justru viral dan diangap kekinian. Penasaran kan apa saja itu? Yuk kita cermati satu per satu!

1. Pancake

Foto: Ash via pexels

Olahan sederhana dari tepung, telur dan gula ini kerap menjadi menu sarapan atau pencuci mulut. Siapa sangka pancake termasuk salah satu makanan tertua di dunia.

Menurut National Geographic, pancake atau setidaknya sesuatu yang mirip pancake sudah jadi makanan Otzi si Manusia Es sejak 5.300 tahun yang lalu.

2. Cheese Cake

Foto: Suzy Hazelwood via pexels

Sempat viral dan hingga kini jadi favorit sejuta umat, ternyata cheese cake sudah ada sejak 5.000 tahun lalu atau pada abad kelima sebelum Masehi, orang Yunani kuno di pulau Samos menciptakan kue keju paling awal yang diketahui.

Cheesecake dasar ini dibuat dengan roti keju segar yang kemudian ditumbuk halus dengan tepung dan madu. Cheeseckae dengan campuran tepung, madu dan keju ini mengalami perubahan resep yang lebih komplek pada tahun 1872, rasanya semakin enak.

3. Popcorn

Foto via pixabay

Terbuat dari biji jagung yang dipanaskan dan diberi tambahan rasa, popcorn identik banget dan pasti ada di semua bioskop di dunia. Tak heran popcorn jadi teman yang pas buat nonton film atau sambil baca buku.

Menurut penelitian dari Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko, jagung sudah dibudidayakan sebagai tanaman peliharaan sekitar 9.000 tahun yang lalu. Dan pada tahun 2012 para arkeolog menemukan bukti fosil popcorn pertama di Peru sekira 4.700 tahun SM.

4. La-Mian

Foto: Youngjediboy via wikipedia

Seperti kebanyakan makanan lain di Cina, mie ini memiliki sejarah panjang. Menurut cerita yang diterima secara umum, seorang koki Muslim Hui dari Lanzhou pertama kali menemukan lamian pada awal 1800-an, selama Dinasti Qing (1644-1911).

La mian dalam bahasa aslinya berasal dari kata “LA” yang berarti “menarik” dan “MIAN” yang berarti mie tipis. Pembuatannya memang dengan cara menarik adonan dengan tangan membentuk mie tipis. Penyajian la-mian dengan menambahkan kaldu dan daging sapi bersama dengan mie membentuk keseluruhan hidangan.

Karena hidangan ini berasal dari Lanzhou, maka selalu dibuat halal, dan kadang-kadang bahkan dijual di toko-toko dengan nama “mie daging sapi halal.”

5. Stew

Foto: Casey Barber via today.com

Rebusan daging atau ikan telah dibuat sejak zaman kuno. Menurut wikipedia stew pertama kali dilakukan oleh Suku Amazon dengan menggunakan cangkang penyu sebagai wadah untuk merebus isi perut penyu dan berbagai bahan lainnya di dalamnya. Budaya lain menggunakan cangkang moluska besar (kerang, dll.) untuk merebus makanan. Ada bukti arkeologis praktik-praktik ini sudah berlangsung 8.000 tahun atau lebih.

Bukti lainnya ditemukan di Jepang yang berasal dari periode Jōmon. Selain itu, Herodotus mengatakan bahwa orang Skit (abad ke-8 hingga ke-4 SM). Ada resep untuk semur domba dan semur ikan dalam buku masakan Romawi Apicius, yang diyakini berasal dari abad ke-4 Masehi. Le Viandier, salah satu buku masak tertua dalam bahasa Prancis, yang ditulis pada awal abad ke-14 oleh koki Prancis yang dikenal sebagai Taillevent, memiliki berbagai jenis ragout atau semur di dalamnya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk makanan kuno ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar