Bagikan artikel ini

Malaysia dan Indonesia sebagai negara jiran memiliki banyak kemiripan dalam berbagai hal, mulai dari bahasa, budaya, adat istiadat sampai kuliner. Hal ini tak mengherankan karena Malaysia dan sebagian wilayah Indonesia berangkat dari akar budaya Melayu yang sama.

Seperti halnya kuliner halal Melayu di Indonesia, kuliner Malaysia juga memiliki deretan kuliner halal yang tak kalah unik, kaya rempah serta menggugah selera. Ingin tahu kan? Yuk, masukkan kuliner Malaysia berikut ini ke dalam bucket list Sobat Halal!

1. Ayam Percik

Ayam Percik (instagram.com/perghchicks)

Ayam Percik merupakan makanan khas dari Kelantan. Ayam percik terbuat dari ayam yang telah dibumbui dan dipanggang, kemudian diperciki dengan bumbu aneka rempah khas Kelantan yang aromatik.

2. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu (instagram.com/nasikerabuborhan)

Selain nasi lemak, Malaysia punya makanan khas berupa nasi kerabu. Nasi pada makanan ini memiliki warna biru keunguan karena penggunaan warna alami dari bunga telang, biasanya disajikan bersama acar jahe, ikan suwir, sambal, ayam goreng, telur asin dan kerupuk. Rasanya gurih banget loh!

3. Umai

Umai Udang (foto: Yuhalini Poopalasingam via kuali.com)

Umai adalah makanan khas yang berasal dari Kuching, Serawak. Umai terbuat dari udang atau ikan tenggiri yang dibumbui dengan jahe, perasan jeruk limau, cabe, dan ditumis bersama bawang merah serta bawang putih. Biasanya disantap bersama nasi putih hangat, rasanya segar dan asam!

4. Palak Paneer

Palak Paneer (instagram.com/aishsskitchen)

Palak Paneer di Malaysia merupakan salah satu kekayaan kuliner khas India dan Pakistan. Makanan ini terbuat dari bayam dan keju yang dimasak bersama rempah dan cabe hijau, biasanya disajikan bersama nasi hangat atau roti naan.

5. Mee Kolok

Mee Kolok (instagram.com/dapurfarah)

Mee kolok merupakan adaptasi dari makanan Tiongkok dan di semenanjung Melayu awalnya dijajakan oleh peranakan Tionghoa. Namun seiring waktu makanan ini sudah diserap menjadi hidangan lokal Malaysia dan sudah banyak dijajakan dalam versi halal. Untuk pastinya, Sobat Halal harus pastikan dulu dengan penjualnya soal kehalalan mee kolok saat berkunjung ke Malaysia.

Mee kolok merupakan menu mi yang disajikan dengan taburan tauge, seafood, ayam atau daging sapi dan disantap bersama kuah kosong atau kuah kecap. Paling enak disantap bersama sambal yang pedas, yummy!

6. Nasi Kandar

Nasi Kandar (instagram.com/nasikandarhijrah)

Nasi kandar sudah ada sejak abad ke-19 loh! Nasi ini dinamakan nasi kandar karena memiliki arti ‘nasi yang dipikul’. Nasi ini seperti nasi rames, hanya saja aneka lauk pauknya dimasak dengan bumbu rempah dan herba. Kini Sobat Halal dapat menemukan nasi kandar di banyak warung atau restoran di Malaysia, Aromanya tentu menggugah selera!

7. Ayam Pongteh

Ayam Pongteh ((instagram.com/ _irisyokura)

Bentuk dan warna ayam pongteh sekilas menyerupai semur ayam, tapi ayam pongteh berkuah tauco loh. Ayam pongteh punya tekstur yang kental, biasanya masakan ini berisi ayam atau daging sapi, jamur dan kentang yang dibumbui dengan bumbu pongteh khas Malaysia. Pas banget dimakan bareng nasi panas, yummy!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk kuliner Malaysia
[Total: 6 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar