Share artikel ini:


Malaysia dan Indonesia sebagai negara jiran memiliki banyak kemiripan dalam berbagai hal, mulai dari bahasa, budaya, adat istiadat sampai kuliner. Hal ini tak mengherankan karena Malaysia dan sebagian wilayah Indonesia berangkat dari akar budaya Melayu yang sama.

Seperti halnya kuliner halal Melayu di Indonesia, kuliner Malaysia juga memiliki deretan kuliner halal yang tak kalah unik, kaya rempah serta menggugah selera. Ingin tahu kan? Yuk, masukkan kuliner Malaysia berikut ini ke dalam bucket list Sobat Halal!

1. Ayam Percik

Ayam Percik (instagram.com/perghchicks)

Ayam Percik merupakan makanan khas dari Kelantan. Ayam percik terbuat dari ayam yang telah dibumbui dan dipanggang, kemudian diperciki dengan bumbu aneka rempah khas Kelantan yang aromatik.

2. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu (instagram.com/nasikerabuborhan)

Selain nasi lemak, Malaysia punya makanan khas berupa nasi kerabu. Nasi pada makanan ini memiliki warna biru keunguan karena penggunaan warna alami dari bunga telang, biasanya disajikan bersama acar jahe, ikan suwir, sambal, ayam goreng, telur asin dan kerupuk. Rasanya gurih banget loh!

3. Umai

Umai Udang (foto: Yuhalini Poopalasingam via kuali.com)

Umai adalah makanan khas yang berasal dari Kuching, Serawak. Umai terbuat dari udang atau ikan tenggiri yang dibumbui dengan jahe, perasan jeruk limau, cabe, dan ditumis bersama bawang merah serta bawang putih. Biasanya disantap bersama nasi putih hangat, rasanya segar dan asam!

4. Palak Paneer

Palak Paneer (instagram.com/aishsskitchen)

Palak Paneer di Malaysia merupakan salah satu kekayaan kuliner khas India dan Pakistan. Makanan ini terbuat dari bayam dan keju yang dimasak bersama rempah dan cabe hijau, biasanya disajikan bersama nasi hangat atau roti naan.

5. Mee Kolok

Mee Kolok (instagram.com/dapurfarah)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk kuliner Malaysia
[Total: 6 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar