Lebaran sudah usai, menyisakan kenangan manis bersama keluarga besar tercinta. Di momen yang penuh suka cita tersebut, tak sedikit yang abai akan pola makan. Dari segala jenis kue kering, gorengan, roti, hingga masakan khas daerah sarat kolesterol disantap tanpa pikir panjang.

Akibatnya, badan menjadi tidak fit, cepat lelah dan terasa berat. Apalagi bagi Sobat Halal yang punya kecenderungan mudah mengalami darah tinggi, kolesterol dan obesitas. Oleh karena itu, penting sekali mengatur pola makan dengan baik.

Sobat Halal dapat mengganti sajian daging ayam dan sapi dengan ikan. Dan beruntung Indonesia termasuk negara penghasil ikan terbesar di dunia, jadi tak heran jika memiliki berbagai sajian khas ikan. Salah satunya adalah ikan kuah.

Berikut ikan kuah atau sup ikan khas Indonesia dari berbagai daerah, yang bisa menjadi inspirasi Sobat Halal untuk hidup lebih sehat tapi tetap menikmati makanan halal yang lezat. Intip yuk beberapa di antaranya!

1. Pindang Serani

Kredit: instagram @denokspesialis_seafood

Pindang Serani merupakan masakan khas Jepara. Ikan manyung merupakan bahan utama masakan ini, ikan tersebut dimasak bersama bumbu bawang merah, bawang putih, kemangi, tomat, kunyit dan belimbing wuluh.

Kuahnya berwarna kekuningan dan memiliki aroma khas yang menggugah selera. Selain itu, biasanya pindang serani dimasak bersama cabe utuh, sehingga mudah untuk mengatur tingkat kepedasan sesuai selera. Rasanya tidak perlu ditanya, gurih, segar, wangi dan enak.

2. Sup Ikan Batam

Kredit: Instagram @juliahana88

Sup ini berasal dari Kota Batam, Kepulauan Riau. Bahan-bahannya berupa ikan tenggiri segar, sawi atau wortel, tomat hijau, bawang putih, merica dan garam.

Biasanya sup ini disajikan selagi panas dan didampingi potongan cabe rawit yang ditaburkan ke dalam kecap asin. Yummy!

3. Sup Ikan Palumara

Kredit: Instagram @rumah_nita09

Yang satu ini asalnya dari Makassar. Jika sup ikan pada umumnya berkuah bening atau kekuningan, palumara memiliki kuah bening kecoklatan karena dibumbui asam Jawa, gula Jawa, kunyit, garam, dan kaldu bubuk. Ikan yang digunakan biasanya ikan bandeng atau tongkol.

Untuk menambah aroma, sup ini dimasak bersama daun jeruk yang masih segar. Hmmm, yummy!

4. Pindang Patin

Kredit: Instagram @yoencookies72

Pindang patin berasal dari Palembang. Ikan patin ini dimasak dengan bumbu rempah yang kompleks, terdiri dari bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, lengkuas, cabe merah, kunyit, terasi, tomat, jahe, gula, kecap manis, garam, asam jawa, kemangi, dan nanas.

Hebatnya, pada masakan ini aroma khas ikan patin tidak tercium sama sekali, digantikan oleh aroma kuah kaldu pindang khas Palembang ini. Sobat Halal wajib mencoba ya!

5. Pindang Ikan Kenari

Kredit: traveloka.com

Sesuai dengan namanya, masakan ini terbuat dari bahan utama ikan tongkol atau tuna dan buah kenari. Pindang ikan asal Maluku ini memiliki kuah berwarna bening kemerahan dengan rasa pedas asam yang segar.

Di Maluku, masakan ini dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, cabe merah, tomat, jeruk nipis, jahe, lengkuas, kunyit dan diberi garam sesuai selera. Sekali coba, dijamin ketagihan! 

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Aneka Sup Ikan
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar