Photo by Angga Kurniawan on Unsplash
Share artikel ini:


Jogja mempunyai ragam kuliner yang sangat kaya dan tidak ada habisnya. Banyak makanan legendaris yang lezat dan penuh kenangan mulai dari snack, hidangan utama, sampai hidangan penutup. Beberapa diantaranya dengan cita rasa pedas, gurih dan manis dijamin bisa menggugah selera Sobat Halal.

Kalau Sobat Halal ke Jogja, jangan sampai melewatkan kuliner Jogja yang legendaris ini, yuk kita cek bersama!


1. Jajan Pasar Mbah Satinem

Kuliner Jogja dengan cita rasa gurih dan manis khas Jawa bisa Sobat Halal temukan saat membeli jajan pasar Mbah Satinem. Sobat Halal dapat menikmati lupis, gatot, tiwul, dan cenil dalam satu bungkusan daun pisang. Apalagi dengan taburan parutan kelapa dan juga juruh (kuah dari gula merah),  yang membuat jajanan pasar ini lebih istimewa rasanya.  Jajan pasar Mbah Satinem ini bisa dijadikan alternatif sarapan pagi sebelum Sobat Pesona berkeliling kota Jogja, lho! Datang pagi-pagi ya Sobat Halal, agar tidak mengantri terlalu lama saat akan membeli jajan pasar Mbah Satinem.

Alamat : Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Yogyakarta
Jam buka: 05.00-09.00 WIB


2. Gudeg Mbah Lindu

Merupakan gudeg tertua di Jogja yang sudah berjualan hampir 100 tahun lalu. Saat ini penerus mbah Lindu adalah Ratiyah, anak dari mbah Lindu dan merupakan generasi kedua Mbah Lindu. Mbah Lindu pada tanggal 13 Juli 2020 lalu meninggal di usia 100 tahun.

Gudeg Mbah Lindu membuka lapaknya sederhana yaitu di depan sebuah pos jaga Hotel Grage Ramayana. Meski kursi yang disediakan hanya bangku 1,5 meter, namun pengunjung gudeg ini dari berbagai kalangan. Mulai dari warga Jogja asli, turis lokal, dan turis mancanegara hingga tokoh terkenal Indonesia.

Kisah Gudeg Mbah Lindu yang legendaris ini sempat didokumentasikan dalam serial dokumenter kuliner jalanan Asia oleh Netflix pada 2019 lewat serial berjudul Street Food: Asia.

Alamat : Jalan Sosrowijayan atau 300 meter dari Malioboro, Yogyakarta
Jam buka: 05.00-10.00 WIB


3. Oseng Mercon Bu Narti

Sobat Halal pencinta kuliner bercita rasa pedas, wajib mencicipi oseng mercon Bu Narti nih, saat ke Jogja! Hidangan jeroan sapi yang dibumbui cabe rawit ini dinamai mercon (petasan), karena memiliki cita rasa yang super pedas, yang rasanya bisa meledak dimulut para pencinta kuliner pedas. Pas banget kalau dinikmati bersama nasi putih yang hangat. Pasti bikin Sobat Halal ketagihan. Menurut penelusuran tim Halallife.id dalam satu hari, Bu Narti menghabiskan sekitar 50 kilogram jeroan dan 6-10 kg cabe rawit.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar