Photo by Angga Kurniawan on Unsplash

Jogja mempunyai ragam kuliner yang sangat kaya dan tidak ada habisnya. Banyak makanan legendaris yang lezat dan penuh kenangan mulai dari snack, hidangan utama, sampai hidangan penutup. Beberapa diantaranya dengan cita rasa pedas, gurih dan manis dijamin bisa menggugah selera Sobat Halal.

Kalau Sobat Halal ke Jogja, jangan sampai melewatkan kuliner Jogja yang legendaris ini, yuk kita cek bersama!


1. Jajan Pasar Mbah Satinem

Kuliner Jogja dengan cita rasa gurih dan manis khas Jawa bisa Sobat Halal temukan saat membeli jajan pasar Mbah Satinem. Sobat Halal dapat menikmati lupis, gatot, tiwul, dan cenil dalam satu bungkusan daun pisang. Apalagi dengan taburan parutan kelapa dan juga juruh (kuah dari gula merah),  yang membuat jajanan pasar ini lebih istimewa rasanya.  Jajan pasar Mbah Satinem ini bisa dijadikan alternatif sarapan pagi sebelum Sobat Pesona berkeliling kota Jogja, lho! Datang pagi-pagi ya Sobat Halal, agar tidak mengantri terlalu lama saat akan membeli jajan pasar Mbah Satinem.

Alamat : Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Yogyakarta
Jam buka: 05.00-09.00 WIB


2. Gudeg Mbah Lindu

Merupakan gudeg tertua di Jogja yang sudah berjualan hampir 100 tahun lalu. Saat ini penerus mbah Lindu adalah Ratiyah, anak dari mbah Lindu dan merupakan generasi kedua Mbah Lindu. Mbah Lindu pada tanggal 13 Juli 2020 lalu meninggal di usia 100 tahun.

Gudeg Mbah Lindu membuka lapaknya sederhana yaitu di depan sebuah pos jaga Hotel Grage Ramayana. Meski kursi yang disediakan hanya bangku 1,5 meter, namun pengunjung gudeg ini dari berbagai kalangan. Mulai dari warga Jogja asli, turis lokal, dan turis mancanegara hingga tokoh terkenal Indonesia.

Kisah Gudeg Mbah Lindu yang legendaris ini sempat didokumentasikan dalam serial dokumenter kuliner jalanan Asia oleh Netflix pada 2019 lewat serial berjudul Street Food: Asia.

Alamat : Jalan Sosrowijayan atau 300 meter dari Malioboro, Yogyakarta
Jam buka: 05.00-10.00 WIB


3. Oseng Mercon Bu Narti

Sobat Halal pencinta kuliner bercita rasa pedas, wajib mencicipi oseng mercon Bu Narti nih, saat ke Jogja! Hidangan jeroan sapi yang dibumbui cabe rawit ini dinamai mercon (petasan), karena memiliki cita rasa yang super pedas, yang rasanya bisa meledak dimulut para pencinta kuliner pedas. Pas banget kalau dinikmati bersama nasi putih yang hangat. Pasti bikin Sobat Halal ketagihan. Menurut penelusuran tim Halallife.id dalam satu hari, Bu Narti menghabiskan sekitar 50 kilogram jeroan dan 6-10 kg cabe rawit.

Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan,Yogyakarta
Jam buka : 18.00-24.00 WIB


4. Mie Ayam Tumini

Mi ayam legendaris ini telah dibuka sejak tahun 1990an yang berlokasi didekat pintu masuk Terminal Giwangan dan menjadi tujuan banyak orang yang datang ke Jogja.

Yang menjadi ciri khas Mi ayam ini menggunakan mi berukuran sedikit lebih gemuk dan kuahnya cokelat kental, manis, dan gurih yang sangat berbeda dari kuah mi ayam pada umumnya dan yang pasti potongan ayamnya juga besar-besar!

Sobat Halal juga bisa menambahkan yang sangat gurih, lembut dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang. Untuk menjaga kualitasnya mereka membuat sendiri mie dan kuah kentalnya.

Alamat : Imogiri Timur No 187, Giwangan, Umbulharjo.

Jam buka : 10.00 – 16.00 WIB

5. Kopi Joss Angkringan Lik Man

Sobat Halal pencinta kopi tentunya tidak lengkap rasanya menikmati malam di Jogja tanpa seruputan kopi hangat racikan Lik Man. Yang membuat kopi ini unik adalah sajian kopi  ditambahkan arang membara yang diambil langsung dari tungku. Bara arang ini akan menghasilkan asap dan buih pada kopi, serta suara khas, joss! Untuk para penikmat kopi pasti akan terlena dengan aroma semerbak yang berasal dari perpaduan kopi dan gula dalam air mendidih ini.

Angkringan Lik Man juga menyediakan ragam camilan dan aneka gorengan, seperti sate usus ayam dan sate telur puyuh. Rasakan sensasi duduk lesehan sambil menyeruput kopi dan menyantap camilan di tengah suasana malam Jogja yang menenangkan!

Alamat : Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta
Jam buka: 14.00 – 02.00 WIB


6. Es Buah PK

Sebagai penutup artikel Halallife.id pilihkan juga hidangan penutup, yaitu Es Buah PK. Nama PK ini dari kata Pakuningratan yaitu tempat awal warung ini berjualan di tahun 1973. Es buah ini berisi nangka, cincau, kelapa muda, blewah, alpukat yang ditambahi serutan es dan susu cokelat. Saat ini Es Buah PK sudah memiliki beberapa cabang di Jogja.

Yang membuat unik dari es buah ini adalah ditambahkan buah sawo di dalamnya dan sirup yang digunakan adalah sirup buatan sendiri untuk membedakan cita rasa dengan es buah yang lain.

Yang semakin membuat tempat ini rame adalah menu bakso sapi yang lezat. Jangan heran kalau Sobat Halal datang pada saat jam makan siang harus rela antre untuk menikmati es buah dan baksi yang legendaris ini

Alamat : Jl. Pakuningratan No. 76A, Yogyakarta
Jam Buka : 10.00 – 18.00 WIB

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar