Soto Gading (via surakarta.go.id)

Solo atau juga dikenal sebagai Surakarta adalah sebuah kota besar yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota Solo terkenal sebagai kota dengan biaya hidup termurah loh. Bahkan, Kota Solo beberapa kali telah menyabet penghargaan sebagai kota ternyaman dan layak huni untuk anak-anak, mahasiswa dan orang tua.

Tapi jangan salah, meski pun dijuluki kota dengan biaya hidup yang murah, kuliner di Kota Solo terkenal enak loh. Yuk kita lihat apa saja kuliner unggulan Kota Solo, Sobat Halal!

1. Timlo

Timlo Solo
via pergikuliner.com

Merupakan makanan khas yang favorit sejuta umat. Timlo merupakan makanan berkuah bening dan segar yang dilengkapi dengan potongan ati ampela, telur, hingga sosis Solo.

Timlo khas Solo ini biasa dinikmati oleh masyarakat Solo dan sekitarnya sebagai menu sarapan pagi atau makan malam. Terbayang kan Sobat Halal kalau di dinginnya pagi kita nikmati kuah panas Timlo, wuih sesuatu banget pastinya ya?

2. Sate Kere

Sate Kere Solo
via bobo.grid.id

Sobat Halal wajib mencoba yang satu ini nih! Konon Sate Kere adalah awalnya adalah hidangan sederhana rakyat kebanyakan yang tidak bisa menikmati sate daging yang harganya tentu lebih mahal.

Nah Sate Kere ini dibuat disesuaikan dengan kemampuan rakyat kebanyakan dengan menggunakan bahan yang lebih murah yaitu jeroan sapi dan tempe gembus sebagai pengganti daging. Sate Kere disajikan bersama siraman bumbu kacang yang melimpah.

Bagaimana rasanya? Jangan ditanya, Sobat Halal tidak akan menyangka kalau satenya terbuat dari tempe gembus. Selain nikmat, rasanya juga ‘daging banget!’

3. Selat Solo

via bobo.grid.id

Selat Solo merupakan salad khas Kota Solo. Isinya terdiri dari sayur mayur, kentang goreng dan daging sapi yang direbus. Kata selat memang berasal dari Bahasa Belanda slachtje yang berarti salad. Disebut salad karena tampilan kuliner yang satu ini ini lebih menyerupai salad dibandingkan bistik atau steak, meskipun disajikan dengan daging.

Namun jika salad umumnya menggunakan mayonaise atau dressing sauce, Selat Solo justru disiram dengan kuah kecoklatan yang rasanya gurih kemanis-manisan.

4. Soto Gading

Soto Gading Solo
via surakarta.go.id

Wuih, ternyata soto yang satu ini langganan Pak Presiden, nih! Secara umum soto ini isiannya hampir sama seperti soto-soto bening yang lain, yaitu ada suwiran ayam, soun, daun seledri dan taburan bawang goreng yang melimpah. Namun, yang membedakan Soto Gading dengan soto lainnya adalah kuahnya yang terbuat dari kaldu ayam yang sangat kental dan gurih.

Seperti aneka soto nusantara lainnya, penyajian Soto Gading pun didampingi oleh beragai sate-satean, tempe goreng, tahu goreng, dan perkedel.

5. Nasi Liwet

Nasi Liwet Solo Yu Sani Kartasura
Foto oleh bubueataway via qraved.com

Belum ke Solo kalau belum makan ini nih! Nasi liwet adalah nasi gurih khas Solo yang disajikan bersama sayur pepaya muda (agak) pedas, tahu kuning, dan bubur santan. Biasanya penyajiannya didampingi oleh lauk seperti ayam kampung, telur, hingga jeroan.

Nah, biar lebih nikmat, penyajiannya menggunakan daun pisang loh. Hmmm, sedaaaap!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar