Foto ilustrasi oleh Chamindu Perera [via unsplash]

Sebagai negara bahari, Indonesia terkenal kaya akan hasil lautnya, hampir di setiap daerah di Indonesia Sobat Halal bisa menemukan hidangan aneka hasil laut dengan mudah. Namun demikian, ada beberapa daerah di Indonesia yang terkenal menjadi tujuan wisata kuliner bahari atau seafood karena keunggulan hidangan lautnya yang segar..

Di kota-kota pesisir berikut banyak restoran yang menawarkan hidangan fresh seafood alias hidangan makanan laut yang segar karena bahan-bahannya baru ditangkap oleh nelayan setempat. Jadi belum melalui proses pembekuan seperti di kota-kota yang letaknya jauh dari pantai sehingga bahan bakunya perlu dibekukan selama transportasi.

Penasaran kan, Sobat Halal? Yuk kita lihat kota apa saja itu!

1. Balikpapan

Balikpapan yang merupakan kota pusat bisnis di Kalimantan Timur terkenal dengan makanan lautnya. Rumah makan yang menjajakan aneka hidangan seafood, khususnya kepiting, di kota ini jumlahnya tak terhitung lagi. Selain itu, kepiting yang ditawarkan pun beragam, yang paling terkenal adalah Kepiting Kenari dan Kepiting Soka dengan varian saus antara lain: lada hitam, asam manis, tauco, dan tiram.

2. Ambon

Tidak hanya keindahan lautnya saja yang bergaung ke seluruh negeri, hasil laut dan wisata kulinernya pun membuat lidah para wisatawan bergoyang. Ambon terkenal dengan masakan Ikan Kuwe, Kerapu, Bawal dan Kembung yang disajikan bersama Sambal Colo-colo.

3. Makassar

Meskipun memiliki beragam hasil laut, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki 3 sajian ikan bakar andalan, yakni Aji-aji, Sukang, dan Kudu-kudu. Sedangkan Parape, Sambal Cobe-cobe, Sambal Kecap, dan Sambal Dabu-dabu adalah pelengkap yang menambah kenikmatan dalam setiap gigitan Sobat Halal.

Jangan lupakan juga masakan ikan khas Makassar yang cukup melegenda yaitu Ulu Juku (gulai kepala ikan) dan Pallumara (sop kepala ikan) yang memakai bahan ikan kakap merah.

4. Lombok

Lombok merupakan salah satu daerah penghasil Lobster terbesar di Indonesia. Selain Lobster, hasil laut seperti kerang, ikan, udang dan cumi juga sangat mudah ditemukan. Pada umumnya, hasil laut di kota ini di rebus atau dibakar dengan bumbu minimalis kemudian disajikan bersama aneka lalap dan sambal khas Lombok seperti Plecing dan Beberok.

5. Manado

Kota yang berada di Sulawesi Utara ini sangat terkenal dengan kuliner baharinya. Selain Kepiting, Udang, Kerang dan Lobster, jagad wisata kuliner Manado juga didominasi oleh Ikan Oci, Kerapu, Goropa, Tuna, Roa, dan Cakalang. Biasanya ikan diolah dengan cara dibakar dan disajikan bersama Sambal Bakar dan Sambal Dabu-dabu Lemon. Selain itu, ada juga yang dimasak woku atau berkuah.

***

Tentunya masih banyak kota-kota pesisir lain di Indonesia yang menyajikan hidangan laut segar. Sobat Halal bisa menambahkan kota-kota apa saja itu?

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar