Bagikan artikel ini

Sejak dulu Asia terkenal akan makanan dan kudapan yang lezat dan penuh varian. Dan kini banyak pusat jajanan atau food court yang memasukkan makanan-makanan street food Asia sebagai menu pelengkap dan menjadi favorit para pecinta kuliner, bahkan mendunia loh.

Penasaran apa saja itu? Ayo kita cek, siapa tahu ada menu favoritmu!

1. Fish Ball

Sumber: lifestyleasia.com

Fish ball merupakan kudapan khas Hongkong yang merupakan all time favorite banyak wisatawan. Biasanya fish ball disajikan layaknya bakso dengan kuah kaldu ikan atau dicampur dengan kuah kari yang special. Rasanya nagih loh!

2. Tteokbokki

via pixabay

Tteokbokki adalah jajanan tradisional khas Korea Selatan, bahan utamanya adalah tepung beras yang diguyur dengan saus khusus dengan cita rasa gochujjang yang kuat dan nikmat. Makanan ini kini menjadi favorit banyak penduduk dunia!

3. Baso Tahu Siomay

via youtube.com/@AnekaWisata

Makanan yang aslinya berasal dari Tiongkok ini sudah diadopsi sepenuhnya sebagai salah satu kuliner khas Nusantara. Yang cukup populer adalah siomay Bandung. Uniknya meski namanya baso tahu siomay, tidak ada baso dalam kuliner yang ini, yang ada siomay juga yang disajikan dengan tahu.

Kini selain siomay dan tahu, sajian ini juga dilengkapi dengan sayuran seperti kol, pare dan kentang bahkan ada juga telur. Yang bikin sajian baso tahu siomay istimewa dan menjadi kuliner khas Nusantara adalah siraman saus kacang tanah yang gurih, sedikit pedas dan kecap manis. Hmm yummy!!

4. Takoyaki

via pixabay

Takoyaki adalah kudapan khas Jepang dari adonan tepung berbentuk bola dengan isian daging gurita. Biasanya di atasnya ditaburi katsuoboshi, mayonaise dan saus, sehingga rasa nikmatnya berlipat ganda.

5. Dim Sum

via pixabay

Dim sum nama aslinya adalah dianxin dan berasal dari Kanton, artinya makanan kecil. Makanan ini biasanya dipakai sebagai menu sarapan atau brunch.

Biasanya dim sum diberi isian ikan, udang, kepiting dan ayam. Selain itu, dim sum biasanya dinikmati dengan saus-sausan khas Tiongkok. Enak loh! Sudah banyak dim sum halal di Indonesia, tapi kalau di luar negeri tetap harus hati-hati ya!

6. Martabak

via alkaramahdough.com

Martabak aslinya berasal dari Timur Tengah dengan nama mutabbaq. Kini martabak atau mutabbaq banyak dijumpai di berbagai belahan dunia. Martabak Timur Tengah yang asli punya cita rasa rempah yang kuat.

Martabak terbuat dari adonan terigu dan diberi isian telur ayam atau bebek yang dicampir dengan daun bawang serta cincangan daging ayam atau sapi dan dibumbui dengan aneka rempah.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk jajanan Asia
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar